Jawa Tengah, Tempat Wisata

Pesona Wisata Karimunjawa

Karimunjawa adalah salah satu sebuah kecamatan di Kabupaten Jepara yang berbentuk kepulaun di tengah Laut Jawa. Karimunjawa berjarak sekitar 83 KM di utara kota Jepara, terdapat 27 pulau di Kepulauan Karimunjawa. Walaupun terdapat 27 pulau, tapi hanya 5 pulau saja yang berpenghuni.

Kapulauan ini memiliki potensi wisata keindahan lautnya, karena potensi wisata taman laut tersebut, kepulauan ini ditetapkan sebagai salah satu taman nasional pada tahun 2001.

Asal mula nama Karimunjawa adalah dari kisah Syekh Amir Hasan, putra Sunan Muria yang nakal dan merupakan murid Sunan Kudus. Beliau dibuang ke kepulauan yang jika dilihat dari kejauhan disebut kerimun-kerimun dalam bahasa Jawa atau dalam bahasa Indonesia berarti samar-samar.

Di kepulauan ini memiliki lebih dari 90 jenis karang laut dan lebih dari 240 jenis ikan, di beberapa pulau, kalian bisa melihat hutan mangrove dan hutan pantai. Selain itu, disini kalian juga bisa melihat beberapa jenis satwa di daratan, seperti kera, rusa, dan berbagai jenis burung.

Cara Menuju ke Kepulauan Karimunjawa

Ada 2 (dua) jalur yang bisa kalian gunakan, yakni jalur laut dan jalur udara, tapi kebanyakan wisatawan menggunakan jalur laut. Perlu diingat jika kondisi cuaca dan ombak sangat berpengaruh untuk pelayaran, sehingga bisa saja pelayaran yang sudah direncanakan ditunda jika cuaca sedang buruk.

Selain menggunakan jalur laut, kalian juga bisa menggunakan jalur udara, yakni menggunakan pesawat terbang. Pengguanaan pesawat terbang ke Bandara Dewandaru di Pulau Kemujan, Karimunjawa memang kurang diminati, karena harganya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan menggunakan kapal laut.

Asal mula nama Bandara Dewandaru adalah dari nama sebuah pohon yang hanya ada di Kepulauan Karimunjawa. Menurut cerita masyarakat setempat, jika kalian mengambil dan membawa pulang kayu pohon Dewandaru, maka kapal yang kalian tumpangi bisa tenggelam.

Kegiatan Wisata di Kepulauan Karimunjawa

Berikut ini adalah beberapa kegiatan wisata yang bisa kalian lakukan di kepulauan karimunjawa, antara lain.

  • Bermain pasir
  • Menikmati Sunset
  • Snorkeling
  • Scuba diving
  • Berenang
  • Berkeliling pulau
  • Memancing
  • Penangkaran hiu
  • Berkunjung ke pulau disamping
  • Ziarah Makam
  • Berfoto-foto
  • Api Unggun
  • Barbeqeu
  • Berjemur di Pantai
  • Trekking hutan mangrove

Tempat Wisata di Kepulauan Karimunjawa

Berikut ini adalah beberpa destinasi wisata di karimunjawa, antara lain.

  1. Legon Lele
  2. Pulau Menjangan Besar
  3. Pulau Menjangan Kecil
  4. Pulau Kemojan
  5. Pulau Nirwana
  6. Desa Kemojan
  7. Pantai Barakuda
  8. Pantai Ujung Gelam
  9. Pulau Tengah
  10. Pulau Cemara Kecil
  11. Pulau Cemara Besar
  12. Karimunjawa Culinary centre
  13. Pulau Kecil
  14. Pulau Gelaang
  15. dan masih banyak lagi lainnya

Kuliner dan Oleh-Oleh Karimunjawa

Di Kepulauan Karimunjawa kalian bisa menikmati hidangan khas yang ada disini, seperti bakso Ikan Ekor Kuning, Pindang Serani, Lontong Krubyuk, Tongseng Cumi, dan Siomay Tongkol. Dan untuk masalah minuman, kalian bisa menikmati segarnya Es Kelapa Rainbow dan menikmati Wedang Blung serta Wedang Jahe.

Selain itu, kalian juga bisa menikmati Klepon Alang-Alang, pisang panggang, dan Jenang Karimunjawa, sedangkan untuk oleh-oleh kalian bisa membeli Gereh Iwak Teri yang merupakan oleh-oleh khas Karimunjawa.

Tips Berwisata di Kepulauan Karimunjawa

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kalian terapkan saat kalian ingin pergi ke Kepulauan Karimunjawa, antara lain.

1. Memilih Waktu yang Tepat

Jika kalian berencana berwisata di Kepulauan Karimunjawa, usahakan datang pada bulan Mei dan Agustus, karena pada bulan tersebut angin tidak berhembus dengan kencang dan ombak laut juga tidak terlalu tinggi. Jadi kita bisa menikmati aktifitas snorkeling dan island hopping di Kepulauan Karimunjawa.

2. Tentukan Pulau Tujuan

Di Kepulauan karimunjawa terdapat banyak sekali pulau yang bisa kalian kunjungi, maka dari itu kalian tentukan pulau yang ingin kalian kunjungi terlebih dahulu, dan disarankan untuk menggunakan pemandu wisata setempat yang berpengalaman serta bisa merekomendasikan pulau mana yang ingin kalian tuju nanti.

3. Memperhatikan Waktu Listrik Aktif di Pulau Karimunjawa

Listrik di Karimunjawa akan menyala dari pukul 18.00 – 06.00 WIB, jadi jika kalian membawa peralatan elektronik seperti smarphone, kamera atau peralatan elektronik yang lain, kalian harus memperhatikan waktu listrik aktif supaya peralatan elektronik yang kalian bawa tidak kehabisan baterai.

Lokasi Kepulauan Karimunjawa

Jika kalian berminat pergi ke Kepulauan Karimunjawa, berikut ini adalah lokasinya.

Lokasi: Kepulauan Karimunjawa, kab. Jepara

Foto-Foto Kepulauan Karimunjawa

Bagaimana tertarik?, jika belum tertarik, berikut ini ada beberapa hasil foto yang diunggah di media sosial oleh orang-orang yang berlibur di Kepulauan Karimunjawa.

Pesona Wisata Kepulauan Karimunjawa
Pesona Wisata Kepulauan Karimunjawa
Wisata Kepulauan Karimunjawa
Salah Satu Pantai di Karimunjawa
Pemandangan Kepulauan Karimunjawa
Pemandangan Karimunjawa dari Atas
Air Laut Kepulauan Karimunjawa
Air Laut di Karimunjawa

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang, antara lain.

Wisata karimunjawa yang wajib dikunjungi?

Wisata yang wajib kalian kunjungi, adalah Pantai Anora, Pantai Tanjung Gelam, Pulau Cemara, dan masih banyak lagi lainnya.

Lebih memilih jalur laut atau jalur udara?

Kalau menurut admin sendiri si lebih memilih jalur laut (kapal), alasannya ya karena lebih murah. Tapi kalau kamu ingin lebih cepat, berarti saya sarankan untuk menggunakan jalur udara (pesawat).

Kapal apa yang bisa digunakan untuk menyebrang ke Kepulauan Karimunjawa?

Kapal PELNI KM KALIMUTU dan Kapal Express Bahari

Penerbangan mana yang bisa digunakan?

Jika kalian ingin menggunakan jalur udara (penerbangan), kalian bisa menggunakan penerbangan Wings Air dari Bandara Ahmad Yani.

Bagaimana apa kalian tertarik?, Kepulauan Karimunjawa adalah salah satu destinasi wisata di Jepara, sebenarnya masih banyak sekali tempat wisata di Jepara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *