Tempat Wisata Guci Tegal
Jawa Tengah, Tempat Wisata

Pesona Wisata Guci Tegal

Guci Tegal merupakan salah satu nama tempat wisata yang ada di Jawa Tengah, tempat wisata ini sangat terkenal karena mempunyai pesona pemandangan alam yang sangat alami dan asri. Selain itu, disini juga terdapat pemandian air panas yang konon katanya bisa menyembuhkan beragam penyakit.

Jika kamu memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Jawa Tengah, apalagi jika kamu sedang berada di Kota Tegal, maka jangan sampai melewatkan untuk berlibur di tempat wisata Guci Tegal.

Lalu apa saja yang menjadi daya tarik yang dimiliki tempat wisata Guci di Tegal? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai salah satu wisata tegal, yakni Wisata Guci Tegal secara rinci.

Daya Tarik

Daya Tarik Wisata Guci Tegal
Daya Tarik Wisata Guci Tegal

Mungkin saat pertama kali mendengar nama tempat wisata ini agak lucu kan? Nama tempat wisata ini diberikan masyarakat sekitar. Penamaan tempat wisata ini dikarenakan wahana utama tempat wisata ini berupa pemandian air panas yang memiliki bentuk pancuran.

Moncong dari pancuran menjadi jalan keluar air panas terlihat seperti dengan moncong di guci. Pasti kamu pernah melihat guci bukan? jika belum anggap saja bentuknya seperti ceret.

Daya tarik utama yang dimili destinasi wisata ini adalah objek wisata ini berada di dataran tinggi, yakni sekitar 1.050 mdpl. Sehingga tempat wisata ini memiliki hawa sejuk serta suasana khas pegunungan.

Objek wisata ini berada tepat di kaki Gunung Slamet, Jawa Tengah. Perlu kamu ketahui, bahwa Gunung Slamet mempunyai tinggi sekitar 3.428 mdpl, hal tersebut membuat Gunung Slamet merupakan Gunung tertinggi di Pulau Jawa Setelah Gunung Semeru.

Disini terdapat pemandian air panas yang memiliki mitos. Pemandian air panas disini terdiri dari 2 (dua) pemandian utama, yakni pemandian pancuran 13 dan pemandian pancuran 7.

Sebenarnya di tempat wisata ini masih ada satu lagi pemandian yang mempunyai 5 buah Pancuran, tapi yang biasa dipadati pengunjung adalah kedua pemandian tadi.

Sejarah Objek Wisata Guci Tegal

Sejrah Wisata Guci Tegal
Sejarah Wisata Guci Tegal

Asal muasal penamaan tempat wisata ini ternya mempunyai kerterkaitan erat dengan sejarah yang diyakini sebagai alasan munculnya sumber air panas.

Diceritakan sebelum ajaran Islam tersebar di wilayah Tegal, diutus seorang ulama atau wali yang bertugas mendakwahkan agama Islam kepada masyarakat Tegal.

Kapanpun dan kemanapun sang wali menyampaikan dakwah, maka ia selalu membawa Guci yang berisi air dan selalu diberikan kepada masyarakat. Karena masyarakat yakin dengan khasiat air yang diberikan sang wali, permintaan air dari masyarakat pun semakin banyak, hingga akhirnya tidak bisa dipenuhi secara langsung oleh wali.

Lalu sang wali menancapkan tongkat yang ia bawa ke dalam tanah, kemudian dengan izin yang maha kuasa, dari lubang tanah yang ditancapi tongkat muncul mata air panas lalu beramai-ramai diambol oleh masyarakat sekitar.

Hingga sampai saat ini, mata air tersebut terus mengalir air panas yang diyajini warga penuh dengan khasiat, mata air tersebut sekarang yang dialirkan dari pancuran yang ada di tempat wisata Guci Tegal.

Lokasi Tempat Wisata Guci Tegal

Berikut ini adalah lokasi dan jalur ke Guci Tegal yang bisa kamu gunakan.

Lokasi: Jln. Objek Wisata Guci, Desa Sigedong, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah

Jarak tempat wisata ini dari pusat kota Tegal sekitar 43 kilometer yang bisa kamu tempuuh dalam waktu kurang lebih 1 jam.

Fasilitas Destinasi Wisata Guci

Fasilitas Destinasi Wisata GUci
Fasilitas Guci Tegal

Karena semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini, sehinga membuat fasilitas serta wahana yang ada disini memudahkan serta memuaskan pengunjung, fasilitas disini juga selalu diperbaiki dan dibangun oleh pihak pengelola.

Disini terdapat fasilitas seperti Kolam renang, Area Outbound, Lapangan Sepak Bola, lapangan Tenis, Camping ground dan Kereta Gantung yang bertarif Rp.20.000.

Jika kamu malas berjalan untuk mengelilingi tempat wisata ini, disini juga terdapat kuda yang siap digunakan untuk berkeliling. Jika kamu lapar saat sedang berjalan-jalan, disini juga terdapat lapak atau restoran yang menjual makanan dan minuman.

Baca Juga : Pantai Purwahamba Indah.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Guci Tegal

Harga Tiket Wisata Guci Tegal
Harga Tiket Wisata Guci Tegal

Untuk memasuki tempat wisata ini tidak mahal, malah terkesan sangat murah. Harganya hanya Rp. 5.000/orang untuk orang dewasa, dan untuk anak-anak sekitar Rp. 4.500 di hari biasa.

Sedangkan saat hari libur, tiketnya berkisar Rp. 7.500/orang untuk orang dewasa, dan untuk anak-anak seharga Rp. 6.500/anak.

Berikut ini adalah data harga yang disajikan dalam table supaya lebih mudah dibaca.

Jenis TiketHarga
Hari Biasa (Senin-Jumat)
~ Anak-AnakRp. 4.500
~ DewasaRp. 5.000
Hari Libur (Sabtu-Minggu)
~ Anak-AnakRp. 6.500
~ DewasaRp. 7.000

FAQ

Apa Saja Destinasi Wisata di Guci Tegal?

Di tempat wisata ini terdapat beberapa objek yang bisa kamu kunjungi, seperti Taman Wisata Guci Tegal, Pancuran 13 Guci, Curug Jedor Guci, Curug Kembar Guci, dan Guciku Hot Waterboom.

Berapa Harga Tiket Masuk Wisata Guci Tegal?

Kamu bisa melihat daftar harga tiket masuk pada tabel atas.

Apa Saja Fasilitas Tempat Wisata Guci?

Ada banyak sekali fasilitas yang disediakan pengelola, seperti Warung Makan, Penginapan, dan masih banyak lagi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *