Candi Borobudur
Jawa Tengah, Tempat Wisata

Pesona Wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu candi budha terbesar yang ada di Indonesia, Candi ini merupakan salah satu objek wisata favorit di Magelang, Jawa Tengah, di tempat wisata ini kamu bisa bersantai dan juga belajar sejarah peradaban Nusantara pada masa lampau.

Candi Borobudur masuk menjadi salah satu warisan bidaya yang adada di dunia yang ditetapkan langsung oleh UNSECO. Jika kamu ingin berkunjung ke tempat wisata ini, berikut ini kamu bagikan informasi mengenai letak Candi Borobudur dan tiket Candi Borobudur.

Letak Candi Borobudur

Berikut ini adalah letak atau lokasi Candi Borobudur.

Lokasi: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Sejarah

Candi ini diperkirakan berdiri sekitar tahun 750 Masehi, candi ini dibangun oleh Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra. Berdasarkan kajian sejarah, Candi Borobudur adalah peninggalan kerajaan Mataram Kuno.

Ppada zaman dahulu, Candi Borobudur adalah pusat perkembangan agama Budha, dan sampai pada akhirnya ditelantarkan, kemungkinan disebabkan letusan Gunung Merapi yang menyebabkan penduduk sekitar pindah ke tempat yang labih aman.

Ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa tempat ini ditinggalkan setelah agama Islam menyebar di Pulau Jawa.

Candi Borobudur ditutupi tanah serta pepohonan sehingga saat itu benar-benar menjadi bukit. Saat pulau Jawa ada dibawah kendali Inggris, jendral Thomas Samfor Raffles pada tahun 1814 menerima kabar adanya bangunan kuno besar di dekat desa Bumisegoro.

Kemudian jendral Raffles mengutus HC Cornelius, insinyur Belanda untuk menyelidikinya, pejabat Hindia Belanda keresidenan Kedu, Hartmann, meneruskan proyek tersebut ditahun 1835, berkat pejabat tersebut, seluruh bagian bangunan candi mulai terlihat.

Berbagai penelitian dan proses penggalian terus dilakukan, tapi tidak sampai selesai. Bahkan Candi Borobudur pernah menjadi korban jarahan, seperti patung dan bagian-bagian candi dicuri dan dijual.

Sampai pada tahun 1973, pemerintah Indonesia mengajukan permintaan ke dunia Internasional untuk pemugaran bangunan bersejarah ini.

Dan pada akhirnya di tahun 1975 sampai 1982, proses pemugaran besar-besaran berlangsung dengan bantuan Unesco. Setelah renovasi candi selesai, Candi ini masuk ke dalam daftar situs warisan dunia pada tahun 1991.

Harga Tiket Masuk

Tabel Harga Tiket Masuk

Harga masuk tiket masuknya sendiri beragam, untuk usia diatas 10 tahun, harga tiketnya sebesar Rp. 40.000/orang, sedangkan untuk usia di atas 3-10 tahun harga tiketnya sebesar Rp. 20.000/orang.

Sedangkan untuk rombongan masuk wisata Candi Borobudur Rp. 20.000/orang, taman Wisata Candi Borobudur, Mendut, dan Pawon Rp. 30.000/orang. Harga tersebut sudah termasuk asuransi, harga itu juga berlaku untuk rombongan pelajar dan mahasiswa.

Fasilitas

Berikut ini adalah beberapa fasilitas Candi Borobudur yang bisa memnambah kenyamanan kalian, seperti:

  1. Lahan Parkir Luas
  2. Masjid
  3. Kios Pedagang
  4. Taman Luas
  5. Museum Arkeologi
  6. Kosmologi Budha
  7. dan lain sebagainya

Foto-Foto Candi Borobudur

Berikut ini adalah beberapa foto-foto candi borobudur yang ada di internet.

Tampak Atas Candi Borobudur
Tampak Atas Candi Borobudur
Patung Candi Borobudur
Patung Candi Borobudur
Relief Candi Borobudur
Relief Candi Borobudur
Sunrise di Candi Borobudur
Sunrise di Candi Borobudur
HTM Candi Borobudur
Tampak Atas Candi Borobudur

FAQ

Jam Operasional Candi Borobudur?

Jam Operasional candi Borobudur mulai dari pukul 06.00–17.00 WIB.

Apa Disini Tersedia Harga Tiket Rombongan?

Iya, disini tersedia harga tiket rombongan.

Itulah sedikit penjelasan tentang Candi Borobudur, bagaimana? tertarik mengunjungi tempat wisata ini?. Jika kamu pernah mengunjungi Candi Borobudur, silahkan tulis pesan dan kesan kamu di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *