Objek Wisata Waduk Cengklik Boyolali
Jawa Tengah, Tempat Wisata

Waduk Cengklik Boyolali

Boyolali merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah (jateng), kabupaten ini dikenal neniliki tempat wisata dan juga sebagai daerah penghasil susu sapi perah yang sangat terkenal di kawasan eks karsidenan Surakarta. Salah satu tempat wisata di Kabupaten Boyolali adalah Waduk Cengklik.

Waduk Cengklik memiliki pesona alam yang sangat indah, waduk ini dibangun ppada tahun 1926-1928 oleh Keraton Mangkunegara, Solo dan Pemerintah Kolonial Belanda. Waduk adalah istilah dalam Bahasa Jawa yang digunakan untuk menyebut bendungan atau tanggul.

Daya Tarik Waduk Cengklik

Daya Tarik Waduk Cengklik
Daya Tarik Waduk Cengklik

Waduk ini sering digunakan sebagai salah satu spot fotografi di Boyolali, apalagi jika saat sedang sunset maupun sunrise, Waduk Cengklik memiliki spot foto yang sangat instagramable.

Background yang akan kamu dapat saat hunting foto di tempat wisata ini sangat indah. Sisi barat di waduk ini terdapat 2 (dua) gunung, yakni Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Sementara di sisi timur terdapat background Gunung Lawu di daerah perbatasan Magetan dan Karanganyar.

Di tempat wisata ini juga bisa kamu gunakan sebagai foto Prewedding bertema danau atau alam.

Selain itu, di sini juga masih ada banyak ikan air tawar, banyak penduduk yang memanfaatkan hal tersebut sebagai tempat pemancingan. Di sini juga terdapat warung-warung yang menyediakan berbagai macam menu makanan dan minuman.

Lokasi Waduk Cengklik Boyolali

Berikut ini adalah alamat lengkap waduk cengkik Boyolali,

Lokasi: Ngargorejo, Kec. Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Waduk Cengklik
Rute Menuju Lokasi Waduk Cengklik

Untuk menuju tempat wisata ini bisa dibilang sangat mudah, karena akses menuju ke lokasi sudah diperbaiki oleh pemerintah. Namun, jika kamu masih merasa kesulitan untuk menggunakan bantuan dari Google Maps, berikut ini adalah rute untuk menuju lokasi.

Jika kamu datang dari arah Solo, silahkan ambil jalan menuju arah lanud Adi Sumarmo. Baik itu dari arah UMS atau dari arah Kleco, Solo, kamu akan sampai di perempatan Lapangan Auri, lalu ambil jalan ke kiri.

Setelah itu lurus saja dan sampai dipertigaan, ambil arah ke kiri, lalu kamu akan menemukan perumahan dengna cat warna biru muda. Lurus saja mengikuti jalan beraspal yang tidak terlalu lebar, lalu kamu akan disambut dengan pemandangan alam yang sangat tentram dan sejuk.

Baca Juga : Kumpulan Rekomendasi Tempat Wisata Boyolali.

Cerita Misteri Waduk Cengklik

Cerita Misteri Waduk Cengklik
Cerita Misteri Waduk Cengklik

Dari tahun ke tahun, kapasitas air yang ditampung waduk ini semakin berkurang. Danau ini hanya mampu menampung sekitar 9.000.000 m2. Air yang ada di tanau ini digunakan untuk irigasi sawah yang ada disekitar.

Dulunya kapasitas air yang bisa ditampung di waduk ini bisa mencapai 17,5 juta m2, baru-baru ini sempat menjadi persoalan karena mengakibatkan banjir di daerah Solo. Banjir yang dikarenakan air yang meluap dari waduk dan tidak ada korban jiwa.

Banyak cerita yang berkembang di kalangan masyarakat mengenai Waduk Cengklik. Baik itu cerita mistis, fakta atau legenda mengenai kejadian-kejadian miris yang menimpa objek wisata ini. Ada juga masyarakat yang menganggap objek wisata ini sebagai salah satu tempat keramat atau angker.

Salah satu cerita miris mengenai tempat ini yang dirangkum oleh harian Solopos pada bulan Maret 2020. Hal yang menjadi miris tempat wisata ini adalah objek wisata ini memliki pemandangan indah namun tidak banyak dikunjungi oleh pengunjung.

Pos Retribusi yang seharusnya digunakan untuk menarik tarif parkir, seakan kehilanga fungsinya. Sedangkan gerbang pintu masuk seakan-akan tidak difungsikan dengan baik.

Pihak pengelola Waduk Cengklik juga mengeluhkan hal ini, padahal Waduk ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Kamu juga bisa menyewa perahu kecil dengan harga Rp. 40.000 untuk menikmati pemandangan waduk ini sembari berkeliling waduk.

Baca Juga : Leuwi Tonjong Garut.

Itulah sedikit penjelasan mengenai tempat wisata Waduk Cengklik Garut. Jika kamu pernah berkunjung ke tempat wisata ini, silahkan tulis pengalaman kamu di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *