Telaga Cebong Wonosobo
Jawa Tengah, Tempat Wisata

15+ Tempat Wisata Di Wonosobo yang Sangat Asri

Tempat Wisata Wonosobo – Wonosobo merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Tengah. Sebagian besar wilayah di Wonosobo adalah daerah pegunungan, jadi jangan heran jika udara di sini begitu dingin. Wonosobo juga memiliki berbagai tempat wisata yang tak kalah indah dari kabupaten kabupaten lain.

Wonosobo terkenal akan tempat wisata yang masih asri salah satunya dan yang paling terkenal adalah Dieng. Bukan hanya Dieng, Wonosobo juga memiliki berbagai tempat wisata yang masih Asri dan masih sangat alami. Nah, kali ini kami telah merangkum beberapa tempat wisata alam di Wonosobo yang masih sangat asri dan wajib kamu kunjungi.

15+ Destinasi Wisata Di Wonosobo yang Sangat Asri

Jika kamu mencari tempat wisata yang masih alami dan asri maka kamu wajib mengunjungi Wonosobo. Berikut merupakan destinasi wisata di Wonosobo yang sangat asri.

1. Telaga Pengilon Wonosobo

Telaga Pengilon Wonosobo

Tempat wisata yang satu ini berlokasi tidak jauh dari telaga warna. Meskipun berdekatan zat kima di telaga ini berbeda dengan telaga warna. Kondisi area disekitar telaga masih sangat alami ditambah dengan indahnya telaga yang akan membuatmu terkagum.

Telaga ini sangatlah cocok bagi kamu penggemar fotografi, karena kamu pasti akan senang dengan pamandangan di sekitar area. Dimana indahnya telaga yang dikelingi perbukitan yang asri

2. Curug Sirawe Wonosobo

Curug Sirawe Wonosobo

Curug ini menawarkan keindahan alam yang masih sangat terjaga. Untuk mencapai curug yang tingginya kurang lebih 70m ini, pengunjung harus berjalan kaki melewati jalan setapak menyusuri hutan.

Memang butuh perjuangan yang ekstra, tapi itu akan terbayarkan setelah sampai di curug yang indah nan elok ini. Letak curug Sirawe yaitu di Dukuh Bitingan, Desa Kepakisan. Selain dapat melihat pemandangan di sekitar curug yang masih asri pengunjung juga dapat bermain air sepuasnya.

3. Telaga Warna Wonosobo

Telaga Warna Wonosobo

Obyek Wisata yang satu ini merupakan salah satu yang paling terkenal di Wonosobo. Warna di telaga in di dominasi warna hijau, biru laut, dan putih kekuningan. Secara ilmiah, perbedaan warna ini karena adanya pembiasan cahaya endapan belerang di dasar telaga.

Di sekeliling telaga juga terdapat bukit bukit yang menambah keindahan nan ke elokkan telaga ini. Di beberapa sudut juga terdapat balkon yang dapat digunakan untuk duduk bersantai sembari menikmati suasana di Telaga Warna

4. Bukit Sikunir Wonosobo

Bukit Sikunir Wonosobo

Bukit Sikunir merupakan salah satu obyek wisata yang sangat digemari oleh anak – anak remaja. Lokasi bukit ini yakni di Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Jawa Tengah. Bukit Sikunir berada pada ketinggian kurang lebih 2.200 mdpl.

Bukit Sikunir sangatlah cocok untuk berburu keindahan sunrise, dan itu merupakan salah satu alasan di balik nama Sikunir karena warna matahari yang kekuningan seperti kunir membuat masyarakat setempat memberikan nama sikunir atau kunyit dalam bahasa Indonesia.

5. Curug Winong Wonosobo

Curug Winong Wonosobo

Curug Winong ini sangat layak di jadikan destinasi wisata kamu. Jurug ini menawarkan keindahan air terjun dimana kamu dapat bermain air atau sekedar berfoto ria.

Lokasi dari curug ini yaitu di Desa Winongsari, Kec. Kaliwiro, Wonosobo. Jarak dari pusat kota kira kira sekitar 50 menit perjalanan ke arah selatan. Untuk bisa menikmati keindahan curug ini pengunjung harus berjalan beberapa ratus meter melewati jalan setapak.

6. Telaga Menjer Wonosobo

Telaga Menjer Wonosobo

Telaga ini terbentuk dari letusan vulkanik gunung Pakuwaja. Telaga Menjer menawarkan udara yang sejuk dan keindahan alam yang luar biasa. Kamu juga dapat berkeliling telaga dengan menyewa perahu dengan harga sekitar Rp. 15.000.

Selain itu, jika kamu hobi memancing kamu juga dapat memancing di Telaga ini. Lokasi dari Telaga ini yakni di Desa Maron, Kecamatan Garung, Wonosobo. Telaga ini wajib di jadikan destinasi wisata kamu.

7. Sumur Jalatunda Wonosobo

Sumur Jalatunda Wonosobo

Sumur Jalatunda ini dulunya adalah sebuah ceruk rekahan yang kemudian di genangi air. Sumur Jalatunda memiliki diameter 90 meter dengan kedalaman lebih dari 200 meter. Karena terdapat air, maka ceruk ini terlihat seperti sungai.

Obyek wisata yang satu ini berada di kawasan Dieng, tepatnya berlokasi di Desa Pekasiran. Lokasinya hanya berjarak sekitar kurang lebih 12 km di sebelah barat lokasi dari wisata utama dieng.

8. Telaga Merdada Wonosobo

Telaga Merdada Wonosobo

Tempat wisata yang satu ini berupa telaga yang jika dilihat dari ketinggian bentuknya menyerupai kaldera. Telaga ini menawarkan keindahan alam yang indah, kamu juga dapat berfoto dengan latar belakang telaga. Telaga Mardada berlokasi di desa Karangtengah.

9. Batu Ratapan Angin Wonosobo

Batu Ratapan Angin Wonosobo

Obyek wisata ini kamu dapat melihat indahnya pemandangan dan juga keindahan dari Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian. Butuh tenaga yang extra untuk sampai di puncaknya. Namun semua akan terbayar saat kamu sampai di tempat Batu Ratapan atau sering juga disebut Batu Pandang Dieng.

10. Waduk Wadaslintang Wonosobo

Waduk Wadaslintang Wonosobo

Waduk ini memiliki luas sekitar 3.000 ha. Maka dari itu waduk ini menjadi waduk yang tebesar di Asia Tenggara. Waduk ini memiliki banyak fungsi, anatar lain seperti pembangkit listrik, irigasi, budi daya ikan nila dan lain sebagainya.

Karena keindahannya, waduk ini dijadikan obyek wisata. Kamu juga dapat menikmati keindahan danau dari atas perahu sembari berfoto ria. Lokasi dari waduk ini yaitu di perbatasan antara Kebumen dan Wonosobo.

11. Kebun Teh Tambi Kebumen

Kebun Teh Tambi Kebumen

Di kebun teh ini kamu dapat menikmati sejuknya udara yang bersih, jauh dari polusi. Jika kamu berkunjung ke sini, sepanjang mata memandang kamu hanya akan melihat hamparan kebun teh yang akan membuat suasana hati tentram dan rileks.

Selain melihat kebun teh, pengunjung juga dapat mampir langsung ke pabrik teh tambi dan belajar pengelolahan pembuatan teh. Selain itu di sekitar area juga banyak terdapat beberapa arena hiburan seperti pondok wisata, kolam pemancingan, taman bermain, lapangan tenis dan lain sebagainya.

Obyek wisata yang satu ini terhampar luas di lereng Gunung Sindoro, dengan ketinggian 1.200 – 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu udara di sini lumayan ekstrim yaitu mulai dari 14 derajat C sampai 23 derajat C, jadi pastikan kamu membawa baju yang dapat melindungimu dari kedinginan.

12. Air Terjun Sikarim Wonosobo

Air Terjun Sikarim Wonosobo

Curug ini masih sangat terjaga keasriannya, sehingga wajib kamu jadikan destinasi liburan di wonosobo. Curug ini letaknya tidak jauh dari Telaga Menjer, tepatnya di Desa Mlandi, Kec. Garung, Wonosobo.

Untuk mencapai obyek wisata yang satu ini pengunjung membutuhkan perjuangan yang ekstra, dikarenakan kamu harus menyusuri hutan dengan melewati jalan setapak.

13. Lobang Sewu Wonosobo

Lobang Sewu Wonosobo

Obyek wisata yang satu ini bisa dikatakan masih baru, namun belakangan ini ramai dikunjungi wisatawan. Lobang Sewu berada di sekitar kawasan waduk Wadaslintang di Desa Eroreja, Wonosobo. Untuk tiket masuknya pun cukup murah, yakni hanya Rp. 2.000 saja.

14. Gerdu Pandang Tieng Wonosobo

Gerdu Pandang Tieng Wonosobo

Selain bukit Sikunir, kamu juga dapat menikmati indahnya sunrise di tempat ini. Pengunjung juga akan merasakan pengalaman seperti di atas awan. Selain melihat indahnya sunrise kamu juga dapat menikmati sungai serayu, perbukitan dari atas ketinggian.

Baca Juga : Destinasi Wisata Yogyakarta

15. Pendakian Gunung Bukit Prau Wonosobo

Pendakian Gunung Bukit Prau Wonosobo

Bagi kamu yang suka mendaki, maka gunung Prau dapat dijadikan pilihan kamu. Gunung ini selalu ramai oleh pendaki terutama saat liburan. Jalur pendakian dapat di tempuh dari kawasan dieng maupun dari Kendal.

Untuk ketinggiannya yaitu kurang lebih 2.565 mdpl, cukup pendek dari pada gung lainnya. Selain menikmati pemandangan dan suasana khas pegunungan, kamu juga dapat menikmati salak satu spot di sini, yaitu bukit teletubbies.

16. Telaga Cebong Wonosobo

Kamu dapat menikmati indahnya telaga ini, setelah menikmati puncak Sikunir. Kamu akan disuguhkan indahnya telaga ditambah dengan lahan – lahan pertanian di sekelilingnya.

Berada di ketinggian di atas 2.300 mdpl, maka banyak yang mengatakan bahwa Telaga cebong merupakan telaga di atas awan.

17. Goa Jaran Wonosobo

Goa Jaran Wonosobo

Goa Jaran jika di artikan ke bahasa Indonesia yaitu Goa Kuda, hal ini dikarenakan mulut dari goa ini seperti kuda. Jika kamu hobi foto maka lokasi yang satu ini dapat dijadikan destinasi wisata kamu karena di sini menyuguhkan pesona bentukan alam yang menarik.Goa ini berada di dataran tinggi dieng.

Mungkin itu sedikit informasi yang dapat kami berikan tentang destinasi wisata yang ada di Wonosobo. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, jika kalian memiliki destinasi wisata yang lain silahkan tulis di kolom komentar.. Sekian terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *