Jawa Tengah, Tempat Wisata

20+ Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kalian Kunjungi

Tempat Wisata Solo – Solo merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Tengah yang bernama resmi Surakarta, kota ini cukup terkenal di kalangan wisatawan. Kota ini memiliki sejarah yang sangat kental, selain memiliki sejarah yang kental, kota ini juga memiliki bentang alam yang sangat menarik dan cantik. Jadi tidak heran jika banyak tempat wisata di Solo yang menarik untuk kita kunjungi.

Kabupaten ini memiliki tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, wisata budaya, dan wisata modern. Nah, pada artikel kali ini kami akan memaparkan mengenai tempat wisat ayang menarik di solo untuk kalian kunjungi.

20+ Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kalian Kunjungi

Nah, berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Solo yang wajib kalian kunjungi saat kalian berada di Solo/Surakarta, antara lain.

1. Grojogan Sewu Tawangmangu Solo

Tempat Wisata Grjogan Sewu Tawangmangu Solo

Grojogan Sewu Tawangmangu adalah salah satu tempat wisata yang cukup terkenal, tempat ini juga sering dibicarakan oleh para wisatawan. Air Terjun ini memiliki ketinggian 80 meter yang berlokasi di di Sisi Barat Gunung Lawu atau sekitar 37 KM dari pusat Kota Solo. Grojogan Sewu Tawangmangu adalah air terjun tertinggi di wilayah Jawa Tengah.

Unttuk mencapai lokasi air terjun ini, wisatawan harus mendaki setidaknya 1.000 anak tangga, dengan di sisi tangga terdapat pemandangna yang sangat indah. Di tempat ini ada mitos, yakni jika kalian pergi kesini dengan pasangan kalian, maka hubungan asmara kalian akan bubar di tengah jalan.

Tempat wisata ini ramai dikunjungi wisatawan, baik itu dari dalam kota ataupun luar kota. Untuk masuk ke air terjun ini, pengunjung harus membayar tiket masuk seharga kurang lebih Rp. 20.000 per orang.

2. Pasar Klewer Solo

Tempat Wisata Pasar Klewer Solo

Di Solo ada salah satu destinasi favorit untuk membeli kain batik, yakni Pasar Klewe Solo. Pasar tekstil ini adalah pasar tekstil terbesar di Solo yang menjual beragam kain batik, baik itu batik buatan pengrajin lokal ataupun mancanegara.

Selain mempunyai koleksi batik yang sangat banyak, pasar ini juga menyediakan fashion yang lain seperti seragam sekolah, atribut, kaus, jaket, dan lain sebagainya. Ternyata pasar ini sudah ditempati sekitar 2.000 pedagang, selain pedagang disini juga terdapat jasa jahit yang siap membantu untuk memenuhi permintaan dan selera berpakaian kalian.

Tempat ini adalah tempat untuk membeli batik yang cukup murah namun berkualitas. Tapi saat kalian berbelanja dipasar ini kalian harus hati-hati, karena pasar ini terkenal rawan pencopetan.

3. Keraton Surakarta

Tempat Wisata Keraton Surakarta

Jika kalian ingin belajar tentang sejarah Solo dnegna detail, sebaiknya kalian berkunjung ke Keraton Surakarta. Bangunan ini didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwana II, bangunan ini didirikan untuk menggantikan Keraton Kartasura yang hancur karena peristiwa Geger Pecinan pada tahun 1743 Silam.

Sampai saat ini, bangunan ini masuh digunakan sebagai tempat tingal Sri Sunan sekaligus sebagai tempat wisata yang sering dikunjungi di Solo. Kompleks di Keraton Surakarta terbagi menjadi: Alun-Alun Lor, Alun-Alun Kidul, Sasana Sumewa Lor dan Kidul, Kemaggangan, dan Kedaton, yang masing-masing baguan memiliki fungsi yang berbeda.

Di tempat wisata ini, ada berbagai koleksi peninggalan kasunanan yang disimpan, seperti gamelan, replika pusaka keraton, dan benda-benda peninggalan yang lain.

Baca Juga : Tempat Wisata Wonosobo

4. Galabo Solo

Tempat Wisata Galabo Solo

Solo adalah salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan kelezatan makanannya. Di sini, kalian bisa dengan mudah menemukan aneka makanan yang dijajakan sampai tengah malam. Jika kalian ingin mencicipi kuliner solo, saya sarankan kalian untuk mengunjungi Galabo Solo. Tempat ini terletak di Jalan Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

Di sini kalian bisa menemukan setidaknya 50 stand pedagang yang digelar setiap pukul 17.00 – 00.00 WIB. Kalian bisa menemukan makanan seperti Nasi Liwet, Sate kere, Tengkleng, Mie Thoprak, Wedang dongo, Wedang ronde, Tahu kupat, Nasi tumpeng dan masih banyak lagi lainnya. Selain terkenal karena kelezatannya, makanan disini juga murah, jadi tidak heran jika disini selalu ramai pengunjung.

5. Pasar Triwindu Solo

Tempat Wisata Pasar Triwindu Solo

Jika kalian para pecinta seni, tempat ini sangat saya rekomendasikan, Di tempat ini kalian bisa berburu barang seni yang sangat menarik dan bagus. Pasar ini dibangun sejak tahun 1939 sebagai bentuk peringatan 24 tahun pemerintahan Mangkunegara VII.

Sayangnya, pihak terkait tidak terlalu memerhatikan pengelolaan objek wisata ini. Baru pada pemerintahan walikota Solo, Bapak Jokowi, pasar ini direnovasi serta ditata ulang sehingga menjadi lebih bagus. Di pasar ini kalian bisa mendapatkan barang antik, seperti uang kuno, radio lawas, senjata lawas, wayang, jam dinding, cangkir, dan masih banyak lagi lainnya.

6. Pandawa Water World Solo Baru

Tempat Wisata Pandawa Water World Solo Baru

Bisa dibilang tempat wisata yang satu ini adalah plesiran modern di tengah kota Solo. Tempat ini menawarkan sensasi wisata yang berupa wahana air yang sangat cocok dikunjungi oleh seluruh angota keluarga, terutama untuk anak – anak.

Disini kalian bisa menemukan kolam renang yang luas, seluncuran, aneka permainan anak, dan ombak buatan. Harga masuk ke tempat wisata yang satu ini bisa dibilang lumayan mahal, untuk hari biasa Rp.80.000 sedangkan untuk akhir pekan Rp.100.000. Tempat wisata ini berlokasi di Komplek Pandawa Jl. Cemara Raya Gedangan, Dusun 2, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

7. Museum Batik Danar Hadi Solo

Tempat Wisata Museum Batik Danar Hadi Solo

Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Slamet Riyadi No. 261, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, museum ini merupakan sebuah jujugan wisata batik di kota Solo. Sesuai dengan namanya, tempat ini dibangun oleh sebuah perusahaan batik asal Solo, yakni PT Batik Danar Hadi.

Tempat ini memiliki nama lain HDH (House of Danar Hadi), bangunan ini terletak di kompleks bangunan kuno yang termasuk dalam cagar budaya Kota Solo. Di museum ini ada setidaknya 10.000 koleksi batik dengan motif yang berbeda-beda, tergantung kultur, lingkungan, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Tempat Wisata Purbalingga

8. Ngarsopuro Night Market Solo

Tempat Wisata Ngarsopuro Night Market Solo

Solo menawarkan sensasi wisata yang tidak ada habisnya, salah satunya adalah Ngarsopuri Night Market, Sesuai dengan namanya, tempat ini menawarkan tempat belanja yang murah, tempat wisata ini berlokasi di jalan Diponegoro, tepatnya di wilayah selatan Pura Mangkunegaran.

Pasar malam ini selalu buka setiap hari Sabtu dan Minggu ini, kalian bisa berbelanja dan kulineran dengan puas. Kalian bisa berbelanja baju, aksesoris, dan barang-barang kerajinan yang sangat menarik dan bagus. Kawasan ini sering dijadikan tempat nongkrong anak-anak muda, dan mahasiswa.

9. Taman Sriwedari Solo

Tempat Wisata Sriwedari Solo

Objek wisata ini adalah kompleks pertamanan yang berlokasi di Jalan Brigjend Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, taman ini sudah ada sejak masa kepimpinan Pakubuwana X. Selain digunakan sebagai lokasi diadakan hiburan rutin malam Selikuran, taman ini juga pernah digunakan untuk lokasi penyelenggaraan PON pada tahun 1948.

Di sekitar tempat ini ada Gedung Wayang Orang Sriwedari (GWO) yang menjadi tempat pertunjukan wayang orang. Pada bagian dinding atas bagian kiri dan kanan bangunan ada lukisan besar yang menceritakan epos Mahabharata bertajuk Kresno Duto.

Taman ini menjadi pusat hiburan, seni, dan budaya masyarakat Solo. Jika kalian berminat datang kesini, datanglah ketempat ini sekitar pukul 10.00 – 22.00 WIB. Harga tiket ini cukup murah, yakni sekitar Rp. 3.000.

10. Kampung Batik Kauman Solo

Jika kalian berkunjung ke solo pastikan kalian sudah membelli batik, tapi jika belum kalian bisa pergi ke Kampung Batik. Kampung ini berdekatan dengan Keraton Kasunanan Surakarta, tepatnya di Berada di Kauman, Kota Surakarata, Jawa Tengah.

Biasanya batik yang diproduksi pengrakin disini ada batik tulis, batik cap, serta batik kombinasi, dengan motif batik modern dengan warna gelap. Kualitas produk di kampung ini sudah sangat terlenal sampai ke luar negeri. Banyak wisatawan yang sengaja mampir untuk memborong batik, baik untu hanya oleh – oleh khas Solo atau untuk dijual kembali.

Harga batik disini sangat bervariasi, mulai dari yang murah sampai dengan kisaran ratusan ribu sampai yang mahal jutaan rupiah.

FAQ

Apa Hanya Itu Tempat WIsata di Solo?

Tentu saja tidak, masih banyak tempat wisata di Solo.

Tempat Wisata Mana yang Paling Bagus di Solo?

Semua tempat wisata di solo itu bagus-bagus, tinggal kalian mau pilih tempat wisata yang mana.

Nah, itulah beberapa tempat wisata solo yang kami rekomendasikan. Jika kalian memiliki rekomendasi tempat wisata yang lain, silahkan tulis di kolom komentar. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaakfan dan dimaklumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *