Jawa Timur, Tempat Wisata

Daftar Tempat Wisata Kabupaten Jember

Sebagai salah satu dari bagian daerah di wilayah Jawa Timur, Jember juga tidak kalah dengan kabupaten lain perihal tempat wisata. Tidak sedikit pula destinasi tempat wisata yang disuguhkan Jember. Oleh karena itu, Jember jadi tempat wajib masuk dalam list liburan yang harus dikunjungi. Mulai dari wisata daerah rendah hingga daerah tinggi semua terdapat di Jember.

Daerah yang berbatasan langsung dengan Lumajang, Probolinggo, Banyuwangi, Bondowoso ini membuat akses untuk masuk ke Jember sangat mudah dari arah manapun dan Samudra Hindia di bagian selatan ini menyebabkan jajaran pantai indah akan memanjang di sebagian wilayah Jember.

Uniknya, kota Jember ini mempunyai beberapa julukan meliputi kota santri, kota suwar-suwir, kota 1000 bukit, kota karnaval, kota pendidikan, kota padhalungan, dan kota tembakau.

Kumpulan Tempat Wisata Kabupaten Jember

Uniknya kondisi alam beserta maksimalnya pengelolaan wisata oleh warga setempat menjadikan Jember memiliki banyak tempat wisata. Destinasi wisatanya beragam, mulai dari buatan alam atau buatan manusia semua ada di sini.

Bagi para pemburu spot foto, Jember pastinya sudah harus masuk dalam kunjungan wajib saat berlibur.

Banyaknya tempat wisata yang harus dikunjungi tersebar luas di Jember, dari area kota hingga ke pedesaan tidak terlewat oleh destinasi wisata yang menarik. Tak heran jika setiap tahunnya wisatawan yang datang ke Jember selalu bertambah. Mari kita telusuri apa saja tempat wisata yang ada di Jember.

1. Pantai Payangan

Pantai Payangan
source IG @affriig_

Pantai yang sudah terkenal di banyak wisatawan dan seakan menjadi titik utama wisata Jember. Tidak hanya wisatawan lokal, namun wisatawan mancanegara sudah menjadi bagian dari ramainya Pantai Payangan. Mudahnya akses dan indahnya panorama inilah yang menjadi daya tarik utama dari Pantai Payangan.

Meskipun jajaran pantainya diselimuti dengan pasir hitam, namun lokasi ini kerap kali dijadikan tempat untuk pre-wedding. Tak hanya itu, kesan romantis yang disajikan Pantai Payangan juga membuat banyaknya pasangan muda yang berkunjung. Deburan air yang tidak terlalu deras dengan adanya perbukitan di sekeliling membuat keunikan pantai yang tidak dimiliki pantai lain.

Bentuk jajaran pantai yang melengkung ditemani oleh sunrise atau sunset serta ribuan bintang saat malam hari ini menambah cantik Pantai Payangan. Sifatnya yang sangat instagramble membuat setiap sudut Pantai Payangan pastinya sayang apabila tidak diabadikan dalam foto.

Murahnya harga tiket masuk yang ditentukan, hanya Rp5.000 sudah dapat menikmati semua keindahan Pantai Payangan. Lokasinya berada di Jalan Sidomulyo, Sumberrejo, Ambulu. Akses yang digunakan untuk datang ke pantai sudah dikelola dengan baik. Oleh karena itu tidak akan merasakan kesulitan saat mengakses Pantai Payangan.

Lokasi : Jalan Sidomulyo, Sumberrejo, Ambulu

2. Wana Wisata Simbat

Wana Wisata Simbat
source IG @duwiwrd_

Sebuah wisata yang berada di Taman Sari, Wuluhan, Jember ini buka dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB. Destinasi wisata yang menyajikan taman dengan banyak spot foto dan pemandangan hijau yang menyejukkan mata dari atas pegunungan. Hanya dengan membayar uang parkir sebesar Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil sudah dapat menikmati ragamnya keindahan Wuluhan.

Banyaknya spot foto yang ditawarkan membuat wisatawan harus menyiapkan penyimpanan berlebih untuk mengabadikan foto. Setiap titik di Wisata Simbat ini mempunyai keunikan yang menawan hati. Pengelolaan wisata yang semakin hari semakin menarik ini lah yang membuat Wisata Simbat ini ramai akan pengunjung yang berdatangan.

Mudahnya jalur untuk mengakses Wuluhan menambah nilai positif untuk berkunjung. Cocok untuk berlibur bersama pasangan atau bahkan dengan keluarga. Namun saat musim penghujan tiba, para pengunjung diharap berhati-hati karena area wisata yang beralaskan tanah pasti licin.

Lokasi : Taman Sari, Wuluhan, Jember

3. Dira Park

Dira Park
source IG @vitawijaya_99

Dira Park merupakan taman rekreasi air yang menyajikan wahana kolam renang dengan area bermain lainnya. Memang waterboom jadi titik utama dari Dira Park, tetapi juga terdapat banyak area lain yang harus dicoba. Wisata ini buka mulai pukul 07.30 WIB dan tutup pada pukul 17.00 WIB dan hanya menarik kocek seharga Rp15.000 untuk memasukinya.

Selain wisata air seperti kolam renang, sepeda air, air pancur, Dira Park juga menawarkan wisata non air seperti kora-kora, bianglala, dan lain sebagainya. Ramai dikunjungi dengan para anggota keluarga dan pasangan tentu saja membuat banyaknya pengabadian foto di wisata ini.

Untuk hal ini, pengelola Dira Park juga menawarkan spot foto yang beragam dan unik untuk diabadikan.

Lokasinya yang tidak jauh dari area kota membuat Dira Park banyak dikunjungi wisatawan karena tidak terlalu memakan waktu dalam perjalanan. Terletak di Watukebo, Andongsari, Ambulu, luasnya Dira Park membuat wisata ini terlihat menonjol dari sepanjang Jalan Kota Blater.

Lokasi : Watukebo, Andongsari, Ambulu, Jember

4. Wisata Sejarah Geologi Argopuro Purba

Wisata Sejarah Geologi Argopuro Purba
source IG @pesonajember

Argopuro Purba diambil dari nama gunung yang jadi letak dari wisata ini, Gunung Argopuro. Memiliki ketinggian 3308 meter diatas permukaan laut, Gunung Argopuro merupakan gunung yang pernah aktif di waktu silam.

Sudah tidak asing bagi para pendaki, Argopuro merupakan gunung dengan track pendakian terpanjang di Pulau Jawa. Perjalanan mendaki Argopuro membutuhkan tenaga ekstra karena panjang rutenya yang mencapai 40km.

Butuh waktu serta tenaga yang tidak biasa untuk dapat mengunjungi Gunung Argopuro ini, perkiraan waktu tercepat dalam mendaki ialah 3 hari, sesuai dengan kecepatan yang digunakan.

Jajaran hutan hijau dan pemandangan kota akan menemani saat pendakian. Di tengah perjalanan pendaki akan menemukan perkebunan damar dan lapangan terbang.

Lapangan terbang yang dimaksudkan adalah lapangan terbang Si Kasur yang sudah berada dari zaman penjahahan Belanda di Indonesia. Lapangan terbang ini kerap digunakan sebagai lokasi pemberhentian dan penginapan para pendaki yang beristirahat.

Di atas lapangan terbang ini pendaki akan menemukan Puncak Rengganis dan Puncak Argopuro. Saat ketinggian sudah mulai terlihat, padang savanna, lautan awan, jajaran batuan kapur dan aroma-aroma belerang akan tercium. Lubang kawah juga akan ditemukan bersamaan bebauan belerang tersebut.

Selain keindahan alam yang disajikan, Gunung Argopuro juga menyajikan wisata geologi berupa temuan 3 kompleks punden berundak yang berisi 5 bangunan sejarah. Karena hal tersebut, tempat ini banyak disangkut pautkan dengan cerita kerajaan Rengganis.

5. Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo
source IG @paundra_pristya

Berada di titik tepat selatan Jawa Timur, Pantai Watu Ulo berada di Sumberrejo, Ambulu, Jember. Destinasi wisata alam yang satu ini dapat diakses dari dua arah, yaitu dari Banyuwangi atau Lumajang. Nama Watu Ulo dalam bahasa indonesia diartikan menjadi batu ular. Hal ini dikarenakan bebatuan yang berada di sekitar pantai.

Dengan merogoh kantong sebesar Rp7.500 wisatawan sudah dapat menikmati deburan ombak dan hamparan pasir yang cantik. Di sini wisatawan bisa menyewa perahu untuk menikmati Watu Ulo via atas air. Titik sunset serta sunrise juga ditawakan Watu Ulo saat pagi atau senja.

Lokasi : Sumberrejo, Ambulu, Jember

6. Taman Botani Suko Rambi

Taman Botani Suko Rambi
source IG @ismi.fauziah.hanum_

Meskipun wisata ini merupakan wisata buatan manusia, tetapi sebagian besar dari wisata ini menyuguhkan keindahan alam yang eksotik. Pengunjung dapat menikmati banyak wahana yang disediakan seperti flying fox, kolam renang, rumah pohon, dan berkuda. Terdapat juga banyak ragam jenis flora dan fauna yang dapat dinikmati sembari jalan-jalan berkeliling.

Beralamat di Sukorambi, Krajan, Jember. Taman Botani Suko Rambi ini dapat ditempuh sekitar 15 menit dari pusat kota Jember. Dengan harga tiket sebesar Rp12.000 pada weekdays dan Rp20.000 pada weekend pengunjung sudah bebas menikmati semua titik di taman ini.

Lokasi : Sukorambi, Krajan, Jember

7. Air Terjun Tujuh Bidadari

Air Terjun Tujuh Bidadari

Wisata yang ramai diperbincanglan sebagai surga dunia Jember ini merupakan air terjun dengan tebing yang menjulang tinggi. Berada di Rowosari, Sumberjamber yang merupakan kaki gunung Raung, air terjun ini berada di titik 15km dari kota. Dikata 7 bidadari karena memang terdapat 7 air terjun yang berbeda tempat namun masih dalam satu lokasi.

Hanya dengan Rp5.000 pengunjung dapat menikmati hamparan kehijauan dengan derasnya air yang mengalir jatuh. Akses yang dilalui saat masuk pintu air terjun terbilang terjal. Oleh karena itu, harus menyiapkan nyali yang kuat karena adrenaline akan terpacu.

Lokasi : Rowosari, Sumberjamber, Jember

8. Bukit Samboja

Bukit Samboja
source IG @amauluwiyah99

Jika merasa bosan dengan panorama sunset atau sunrise dari hamparan pasir panjang, terdapat alternative lain untuk menikmatinya yaitu dari bukit. Bukit Samboja, titik di atas perbukitan yang menjadi tempat wisata dengan daya tarik keunikan yang dimilikinya. Luasnya mata memandang kehijauan dan birunya laut di depan mata ditemani dengan kuningnya sinar mentari pagi menambah elok paras Samboja.

Letaknya berada di Sidomulyo, Sumberrejo, Ambulu, tepatnya 38 km dari pusat Jember. Lokasinya yang berdampingan dengan Pantai Payangan memberikan pengunjung dua kenikmatan dalam satu trip. Indahnya Pantai Payangan juga dapat terlihat jelas dari atas Bukit Samboja.

Hanya dengan membayar tiket masuk bukit sebesar Rp5.000 pengunjung sudah dapat mengakses semua titik indah yang ada di bukit. Sajian alam yang menawan juga sangat sayang jika tidak diabadikan dalam bentuk foto. Suasana asri nan alami pun dirasakan penuh saat berkunjung kesini bersama pasangan atau bersama keluarga.

Lokasi : Sidomulyo, Sumberrejo, Ambulu, tepatnya 38 km dari pusat Jember.

9. Situs Duplang

Situs Duplang
source IG @theoseptiono9

Kali ini tidak hanya bersifat wisata alam dan taman, saat berkunjung ke Situs Duplang pengunjung akan diberi pengalaman wisata budaya. Di sini selain dapat berlibur, pengetahuan perihal sejarah dan peninggalannya akan pengunjung dapatkan. Situs Duplang seakan menjadi saksi bisu adanya kehidupan di masa kelam.

Di kaki gunung Argopuro desa Kamal, Kecamatan Arjasa ini pengunjung diberikan titik-titik benda peninggalan sejarah yang beragam.

Setelah berjalan kurang lebih 16 km dari pusat Jember pengunjung akan menikmati Situs Duplang berisikan 69 batu kenong, 1 lumpang batu, peti kubur batu, 2 batu menhir, dan 6 buah dolmen. Menurut penelitian, hal yang terdapat di Situs Duplang merupakan benda-benda yang digunakan manusia pada masa megalithikum.

Dengan luas area sekitar 12 hektar dan berada di titik 290 meter di atas permukaan laut pengunjung bisa menemukan Situs Duplang yang tidak menarik kocek tiket masuk atau gratis. Buka selama 24 jam membuat pengunjung bebas datang di waktu kapan pun.

Lokasi : kaki Gunung Argopuro desa Kamal, Kecamatan Arjasa.

10. Pantai Malikan

Pantai Malikan
source IG @galehdirgantara

Bertepatan di Lojejer, Wuluhan, Jember, tepat di sebelah barat dari wisata Pantai Watu Ulo karena lokasinya yang berjejer. Pantai Malikan ini merupakan pantai dengan jajaran pasir putih yang menawan. Selain hamparan pasir putih, Pantai Malikan seakan mempunyai dua sisi yang mana satu sisinya berupa bebatuan.

Air yang tenang dengan suasana hangat matahari membuat para pengunjung tertarik untuk berenang. Biota laut yang menarik hati pun menjadi salah satu keindahan yang dimiliki Malikan.

Harga tiket masuk yang hanya seharga Rp12.500 sangat worth it untuk pengunjung karena pengalaman yang didapat juga sangat eksotik. Saat memasuki pantai, akan disajikan jalan akses berliku yang terdapat monyet menyambut kedatangan pengunjung.

Lokasi : Lojejer, Wuluhan, Jember

11. Pantai Getem

Pantai Getem
source IG @liem_muhammad

Pantai Getem masih terbilang sepi pengunjung karena pengelolaan oleh daerah yang masih belum maksimal. Padahal jika dikelola dengan penuh, pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa. Dikelilingi dengan tetumbuhan yang hidup di sekeliling pantai, cocok untuk dijadikan spot foto para pengunjung.

Wisata yang tidak mematok tarif untuk pintu masuk ini hanya menarik biaya retribusi untuk parkir sebesar Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Pancer Puger atau sekitar 3 km menuju Pantai Getem. Berada di Desa Mojomulyo, Puger, Jember, akses ke Pantai Getem tidak lah sulit karena jalan sudah beraspal halus.

Lokasi : Desa Mojomulyo, Puger, Jember.

12. Pantai Bandealit

Pantai Bandealit
source IG @hafidzmridwan

Berlokasi di area kawasan hutan, Pantai Bandealit sangat terkenal dengan keasrian wilayahnya. Perairan biru diselimuti pasir dengan kehijauan hutan di bagian belakang membuat pantai ini sangat sejuk.

Putihnya pasir akan lebih menenangkan ditemani dengan air pantai yang santai dan ombak yang tidak liar. Di sini pengunjung dapat bermain air seperti berenang, bermain jet ski, berselancar angin, dan lain halnya.

Meskipun wisata ini sudah cukup terkenal, namun pengunjung yang berdatangan kesini masih jarang. Cocok untuk berwisata keluarga karena banyak hal yang bisa dilakukan saat berwisata kesini. Banyaknya titik spot foto akan menambah galeri penyimpanan yang dimiliki.

Banyak pengunjung yang berkemah di sini juga untuk menikmati sunrise di kala pagi hari.

Pantai Bandealit ini berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, Andongrejo, Tempurejo, Jember. Buka selama 24 jam dengan harga masuk Rp5.000 terbilang sangat murah dengan balasan panorama keindahan yang disajikan.

Lokasi : kawasan Taman Nasional Meru Betiri, Andongrejo, Tempurejo, Jember.

13. SJ88

SJ88
source IG @inijawatimur

Namanya yang unik ini bukan berarti tidak bermakna, namanya yang merupakan singkatan dari Sucopangepok Jelbuk 880 ini bermakna lokasi desa dan kecamatan yang berada di 880 meter di atas permukaan laut.

Wisata yang menyajikan view panorama dari atas bukit yang sedang ramai digandrungi oleh para wisatawan ini sesuai namanya berlokasi di Jelbuk, suatu kecamatan sekitar 11 km dari pusat kota Jember.

Dari pintu masuk SJ88 pengunjung harus berjalan beberapa meter menanjak mengunjungi titik puncaknya. Jalan nya pun sudah rapi dan tidak terjal karena sudah dikelola oleh karang taruna desa Sucopangepok.

Terdapat sebuah batu besar yang menjadi ciri utama dari SJ88 untuk ber swafoto para pengunjung. Dari atas ini pengunjung dapat menikmati indahnya panorama kehijauan dengan semilir angin sejuk yang menyejukkan jiwa.

Terdapat tour guide dari warga setempat yang siap mendampingi tour bukit anda selama di SJ88. Hanya dengan Rp5.000 pengunjung sudah dapat berpanen foto di setiap titik bukit.

Lokasi : Jelbuk, suatu kecamatan sekitar 11 km dari pusat kota Jember.

14. Kantor Desa Kemuningsari Kidul

Kantor Desa Kemuningsari Kidul
source IG @ariefnoviant

Dari namanya pun sudah terlihat jelas bahwa wisata yang satu ini bukan wisata alam. Hanya saja, suatu gedung pemerintahan tingkat desa ini sangat ramai dikunjungi untuk ber swafoto karena bentuk bangunannya yang unik. Bangunan yang menyerupai istana negara ini berdiri sangat megah bagai istana negara sungguhan hanya saja ukurannya yang lebih kecil.

Desa Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah, Jember, menjadi titik lokasi berdirinya istana kecil yang dibangun selama 4 tahun ini. Dengan dana anggaran sebesar 1,8 milyar, bangunan bak istana negara ini dapat berdiri.

Banyak pengunjung yang berdatangan tidak untuk mengurus sesuatu di pemerintah desa, namun hanya untuk mengabadikan momen unik dengan latar gedung unik. Tentunya tidak perlu membuka dompet untuk memasukinya, karena untuk masuk area kantor desa ini tidak dipungut biaya, dan pengunjung dapat ber foto bebas dari titik manapun sesuka hati.

Lokasi : Desa Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah, Jember.

15. Pantai Papuma

Pantai Papuma
source IG @yoshinatha12

Sebuah pantai yang berada di Wuluhan, Jember ini sudah sangat tidak asing di telinga wisatawan. Menjadi pantai yang terkenal di Jember, Papuma merupakan singkatan dari Pasir Putih Malikan yang mengartikan bahwa pantai ini berpasir putih. Jaraknya cukup jauh dari pusat kota Jember, sekitar 39 km untuk sampai di pantai pasir putih ini.

Asal mula terkenalnya pantai ini karena ramai diperbincangkan masyarakat perihal suatu lokasi yang menjadi tempat persembunyian Jepang saat masa penjajahan silam. Resmi dibuka pada tahun 1994, 4 tahun awal Pantai Papuma masih sepi akan pengunjung yang datang.

Pada tahun 1998, keberadaan wisata ini mulai dikenal khalayak ramai dan berangsur waktu ramai pengunjung berbondong berwisata kesini.

Tidak perlu merogoh saku dalam-dalam untuk membayar retribusi biaya masuk, karena tiketnya hanya sebesar Rp7.000 hingga Rp10.000 per orang. Disini terdapat cafe and resort serta cocok untuk bercamping bagi para pemburu sunrise. Terdapat penyewaan perahu juga bagi yang ingin merasakan sensasi menikmati air dari atas perahu.

Lokasi : Wuluhan, Jember.

16. Air Terjun Antrokan Rayap

Air Terjun Antrokan Rayap
source IG @explorejember

Sebagai salah satu destinasi wisata yang belum banyak dijamah oleh pengunjung, Antrokan Rayap tidak kalah saing tentang indah alamnya. Wisata air terjun memiliki banyak nama, tidak hanya antrokan rayap tetapi ada nama lain meliputi rayap, rembangan, anugrah, antrokan.

Nama-nama tersebut banyak diucap oleh warga setempat untuk satu destinasi wisata ini.

Berada di 10 menit perjalanan kaki dari titik pusat parkir kendaraan. Air terjun ini berada di area Kebun Rentang, Afdelling Rayap yang dimiliki oleh PTPN XII. Saat tracking menuju titik air terjun, pengunjung akan disuguhi keindahan area hijau perbukitan di sebelah kanan kiri.

Kehati-hatian penuh harus ditunggangi saat berjalan karena pada saat musim penghujan area ini akan becek dan licin.

Siapkan biaya parkir sebesar Rp10.000 dan 1,3 juta rupiah per malam untuk biaya sewa villa jika diperlukan. Deras jatuhnya air ke bawah dengan terdapat kayu besar di bawahnya ini menjadikan keunikan tersendiri yang dimiliki wisata ini. Karena belum banyak pengunjung, saat berswafoto akan masih bebas tanpa menghiraukan pengunjung lain yang masuk frame.

17. Bukit Pasir Puger

Bukit Pasir Puger
source IG @kabarpuger

Destinasi wisata ini menyajikan gundukan pasir yang tinggi bagai bukit. Hamparan pasir yang sangat luas akan terlihat disini. Wisata gratis yang buka selama 24 jam ini berlokasi di Puger Kulon, Puger, Jember. Ramainya pengunjung yang datang menjadikan wisata ini sudah terkenal di khalayak umum.

Sering digunakan untuk photoshoot pre-wedding atau fashion photoshoot, luasnya hamparan pasir ini memang akan terlihat bagus dijadikan sebagai latar belakang foto.

Namun kurangnya campur tangan pemerintah dalam pengelolaan wisata ini menjadikan area nya kurang terawat, dan banyaknya sampah karena ulah tangan jail. Sudah sepatutnya sebagai pengunjung harus menjaga kebersihan dan kelestarian alam wisata yang dikunjungi.

Lokasi : Puger Kulon, Puger, Jember.

18. Masjid Jami’ Albaitul Amien

Masjid Jami' Albaitul Amien

Memang bukan destinasi wisata layaknya tempat lainnya, namun masjid dapat dikunjungi saat berwisata ke Jember untuk menikmati agungnya. Tidak hanya unik dalam segi arsitekturalnya, masjid ini juga memiliki nilai historis yang mengagumkan.

Bentuknya yang sekilas merupai gedung DPR Indonesia serta isi dan fasilitas masjid yang mempunyai makna masing-masing. Julukan lain dari masjid ini ialah masjid tujuh kubah dan masjid jamur.

Pernah mengalamani renovasi pada tahun 1939, masjid jamur diresmikan pada tahun 1973 di atas luas tanah 9600 meter persegi, bangunan berluaskan 2760 meter persegi ini dibangun di Jalan Sultan Agung Jember. Lokasinya tepat di titik pusat kota Jember berdekatan dengan alun-alun kota dan kantor Bupati Jember.

Masjid dengan ornamental yang menggambarkan ciri khas kolonial Belanda ini buka selama 24 jam untuk beribadah umat muslim. Uniknya setiap titik bangunan dalam masjid juga banyak di dokumentasikan oleh para pengunjung yang datang.

Lokasi : titik pusat kota Jember berdekatan dengan alun-alun kota dan kantor Bupati Jember.

Baca Juga: Daftar Objek Wisata di Malang Terfavorit.

19. Lapangan Olahraga PTPN XII Kebun Glantangan

Lapangan Olahraga PTPN XII Kebun Glantangan
source IG @martinamarendra

Lokasi: Area kebun Pondokrejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember.

HTM: –
Jam Operasional: –

20. Teluk Love

Teluk Love

Lokasi: Jalan Watu Ulo, Dusun Sidomulyo, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember.

HTM: Rp5.000,-
Jam Operasional: Senin – Minggu (05.00 – 19.00)

21. Ambulu

Ambulu

Lokasi: Dusun Krajan, Desa Karanganyar, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember.

HTM: –
Jam Operasional: –

22. Rumah Tembakau

Rumah Tembakau
source IG @fylufy

Lokasi: Jalan Kalimantan, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember.

HTM: –
Jam Operasional: –

23. Gunung Kapur

source IG @jembersantaisayang

Lokasi: Dusun Kapuran, Desa Grenden, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember.

HTM: –
Jam Operasional: Senin-Minggu (24 jam)

24. Karangpring Durjo

source IG @jembersantaisayang

Lokasi: Desa Karangpring, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember.

HTM: –
Jam Operasional: –

25. Dafam Lotus Jember

source IG @brillyart

Lokasi : Jalan Jendral Gatot Subroto No.47, Dusun Tambaan, Desa Kepatihan, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata jember, bagaimana? tertarik berwisata di jember?. Jika kamu memiliki rekomendasi tempat wisata jember yang lain, silahkan tulis di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *