Jawa Timur, Tempat Wisata

Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Pasuruan

Kabupaten Pasuruan merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur, tepatnya di jalur utama pantai utara yang menhubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali. Karena letak geografis alamat ini sangat strategis, menjadikan kota ini memiliki prospek ekonomi yang besar.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di Kabupaten Pasuran. Contohnya saja seperti Air Terjun Coban Baung, Pantai Penunggul, Taman Safari Indonesia II, dan lain sebagainya.

Masih banyak sekali tempat wisata di Pasuruan yang wajib kamu kunjungi, penasaran? Simak artikel di bawah ini.

Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Pasuruan Terfavorit

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata yang perlu kamu kunjungi saat berwisata di kabupaten Pasuruan, antara lain.

1. Pantai Penunggul

Pantai Penunggul
Source sportourism.id

Destinasi wisata Pasuruan yang pertama adalah Pantai penunggul, pantai inimemiliki hamparan pasir putih yang kembut. Bukan hanya itu saja, pantai ini juga memiliki ombak yang tidak terlalu besar.

Pantai ini juga dikelilingi dengan hutan mangrove yang memiliki luas sekitar 144 hektare. Tanaman bakau di objek wisata ini memiliki empat tipe, yaitu Rhyzapora Mucronata, Rhyzapora Apiculata, Abisina Alba, dan Alasina Marina.

Lokasi: Penunggul, Kec. Nguling, Kab. Pasuruan

Harga Tiket: –
Jam Buka: Senin-Minggu (07.00-18.00)

2. Pantai Panggung

Pantai Panggung

Pantai yang satu ini belum banyak diketahui oleh orang-orang, pantai yang satu ini tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Pantai Panggung memiliki hamparan pasir hitam kecoklatan dan ombak yang tenang.

Saat pantai ini sedang surut, para pengunjung akan disuguhkan dengan hamparan pasir seperti lumpur yang sangat eksotis. Di sini kamu juga bisa melihat berbagai perahu nelayan yang seolah-olah terdamappr di tengah lumpur.

Lokasi: Laut Jawa No. kel, Panggung Rejo, Purworejo, Kab. Pasuruan

Harga Tiket: –
Jam Buka: Senin-Minggu (24 Jam)

3. Pantai Lekok

Pantai lekok

Keindahan alam pantai ini sangat menarik perhatian para wisatawan untuk terus datang ke pantai ini. Pantai ini mempunyai pasir yang berwarna putih kecoklatan dan jajaran perahu nelayan yang menambah kesan eksotis pantai Lekok.

Bukan hanya itu saja pantai ini juga sangat cocok dijadikan sebagai spot melihat sunset yang sangat indah.

Di pantai ini juga terdapat tradisi masyrakat yang melakukan kegiatan ski di atas lumpur yang biasa disebut dengan Ski Lot. Kegiatan ini merupakan menangkap lele, belut, atau kepiting menggunakan papan diatas lumpur. Tradisi ini bisa kamu temukan pada saat 8 hari setelah hari raya Idul Fitri.

Lokasi: Pengaletan, Jatirejo, Lekok, Kab. Pasuruan

Harga Tiket: –
Jam Buka Senin-Minggu (24 jam)

4. Pantai Watuprapat Nguling

Pantai Watuprapat Nguling

Pantai Watuprapat juga merupakan salah satu pantai yang masih belum banyak diketahui oleh orang-orang. Namun tidak ada salahnya bukan jika kamu mengunjungi wisata ini, selain itu pantai ini juga layak untuk kamu kunjungi.

Di pantai ini terdapat tanaman bakau yang menambah suasana sejuk di sekitar pantai, para wisatawan juga bisa menyusuri kawasan bakau melewati jembatan yang sudah disediakan atau kamu juga bisa menyewa perahu untuk mengelilingi.

Lokasi: Sekolahan, Watuprapat, Nguling, Kab. Pasuruan

Harga Tiket: –
Jam Buka: Senin-Minggu (24 Jam)

5. Air Terjun Gumandar

Air Terjun Gumandar

Selain memiliki pantai yang sangat eksotis, kabupaten pasuruan juga memiliki air terjun yang tidak kalah indah dari air terjun di kabupaten lain. Air terjun ini sedikit berbeda dengan air terjun pada umumnya, air terjun Gumandar tidak memiliki aliran sungai sebagai sumber untuk mengaliri air.

Air dari air terjun ini berasal dari resapan air yang langsung masuk ke tanah lalu keluar lagi melalui sumber air. Namun sayangnya pemandangan air terjun ini hanya bisa dinikmari saat bulan Februari – Maret, jika tidak pada bulan tersebut, debit air terjun ini cukup kecil.

Lokasi: Jalan Raya Ledug, Prigen, Kab. Pasuruan

Harga Tiket: Rp 3.000
Jam Buka: Senin-Minggu (24 Jam)

6. Air Terjun Coban Cemoro Gading

Air terjun selanjutnya yang pperlu kamu kunjungi adalah Air Terjun Coban Cemoro Gading. Aliran air di air terjun ini sangat jernih, sehingga membuat para pengunjung serasa ingin langsung membasahi muka saat baru sampai di sini.

Suasana air terjun di sini cukup sunyi dan disertai dengan panorama alam hutan yang sangat menawan menjadikan perpaduan yang pas untuk dijadikan tempat bersantai dan melepas penat pekerjaan.

Lokasi: Desa Ngadirejo, Kec. Tutur, Kab. Pasuruan

Harga Tiket: –
Jam Buka: Senin-Minggu (24 Jam)

7. Air Terjun Coban Waru

Coban Waru
Source ig @inchesvie

Air terjun ini juga memiliki nama lain yaitu Coban Wonosari atau Coban Joyo. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 25 meter, selain itu kondisi alam air terjun ini juga sangat asri dan sejuk.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi wisata ini? Berikut ini adalah alamat lengkapnya.

Lokasi: Dusun Kayukebek, Desa Wonosari, Kec. Tutur, Kab. Pasuruan

Harga Tiket: –
Jam Buka: Senin-Minggu (24 Jam)

8. Pemandian Alam Banyu Biru

Pemandian Alam Banyu Biru

Di objek wisata ini kamu bisa berfoto di bawah air yang sangat jarnih berserta dengan kawanan ikan. Selain itu di sini kamu juga bisa mendapatkan pengalaman menarik seperti mandi dan berenang di kolam yang airnya sangat jernih serta dikelilingi dengan ikan Sangkaring.

Menurut informasi dari masyarakat sekitar Ikan Sengkaring adalah ikan Keramat. Karena ikan ini dianggap keramat, sampai saat ini tidak ada orang yang berani menangkap Ikan Sengkaring. Ikan Sengkaring memiliki ukuran yang cukup besar, bahkan ikan ini bisa mencapai 1 meter.

Selain itu di sini juga terdapat Tropen Museum yang digunakan untuk menyimpan koleksi foto pemandian sejak tahun 1900-an.

Lokasi: Jalan Raya Banyubiru Sumber Rejo, Winongan, Sumber Rejo, Winongan, Kab. Pasuruan

Harga Tiket: Rp 5.000
Jam Buka: Senin-Minggu (08.00-17.00)

9. Candi Jawi

Source ig @safirsenduk

Candi Jawi ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, di objek wisata ini kamu bisa menikmati keindahan alam yang hijau dan udara di sekitar ini sangat segar. Menurut catatan sejarah, candi ini adalah candi peninggalan raja Terakhir Kerajaan Kertanegara.

Jika dilihat dari model bangunannya, candi ini mulai didirikan di kisaran awal abad ke 13. Candi ini memiliki gaya arsitektur bercorak Hindu Budha dengan ketinggian sekitar 24,5 meter, lebar 9,5 meter, dan panjang 14 meter.

Lokasi: Jl. Raya Candiwates, Jawi, Candi Wates, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan

Harga Tiket: Rp 3.000
Jam Buka: Senin-Minggu (07.00-17.00)

10. Gunung Bromo

Gunung Bromo
Source ig @muh.aqil_87

Siapa sih yang tidak kenal dengan gunung yang satu ini? Gunung ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan internasional. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2.392 mdpl, gunung ini berada di empat kabupaten, yaitu Pasuruan, Lumajang, Malang, dan Probolinggo.

Keadaan alam di gunung ini meliputi lembah, caldera, ngarai, dan lautan pasir dengan luas kurang lebih 10 km. Di Gunung Bromo ini juga terdapat Upacara Kasodo, upcara ini diselenggarakan setiap tahun pada bulan purnama di Bulan Desember atau Januari.

Upcara tersebut dilakukan oleh suku tengger yang ada di sekitar Gunung Bromo, mereka meyakini bahwa Gunung Bromo adalah Gunung Suci.

Untuk masuk ke tempat wisata ini, para wisatawan harus membayar tiket masuk terlebih dahulu, berikut ini adalah daftarnya.

JenisHarga Tiket
Wisatawan Domestik (Weekdays)Rp 27.500
Wisatawan Mancanegara (Weekdays)Rp 217.500
Wisatawan Domestik (Weekend)Rp 32.500
Wisatawan Mancanegara (Weekend)Rp 317.500

Lokasi: Perbatasan Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Pasuruan, dan Malang

Jam Buka: Senin-Minggu (24 Jam)

11. Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen
Source ig @tamansafariprigen

Kabupaten Pasuruan memiliki beberapa kebun biantang yang sangat layak untuk disambangi, salah satunya adalah Taman Safari Prigen. Taman safari ini merupakan taman safari terluas yang ada di Asia, selain itu di sini juga memiliki beragam koleksi satwa yang unik.

Di objek wisata ini kamu bisa berkeliling area taman safari dengan menggunakan kendaraan mobil pribadi atau menggunakan bus wisata. Di sini kamu akan disuguhkan dengan berbagai hewan secara langsung yang dilepas bebas di kawasan wisata.

Karena objek wisata ini berada di lereng Gunung Arjuna, membuat objek wisata ini memiliki suasana yang sejuk dan sangat nyaman untuk dikunjungi bersama keluarga.

Lokasi: Desa Jatiarjo Rt 12/Rw 06, Prigen, Kab. Pasuruan

Harga Tiket: Rp 70.000 – Rp 140.000
Jam Buka: Senin-Minggu (08.30-16.45)

12. Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati
Source ig @danauranugrati

Jika di Pulau Sumatra terdapat Danau Toba, di kab. Pasuruan juga memiliki Danau Ranu Grati yang terkenal karena ukurannya yang sangat luas. Menurut informasi yang beredar, Danau ini mempunyai luas sekitar 107 hektar.

Kondisi alam Danau Ranu Grati masih terjaga dengan baik, air di danau ini cukup jernih dengan lingkungan yang cukup bersih. Pemandangan alam Danau Ranu Gratis sangat eksotis, apalagi ditambah dengan pemandangna area Pegunungan Tengger yang semakin menambah keeksotisan pemandangan.

Di Danau ini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berkeliling area menggunakan perahu tradisional, memancing, hunting foto, dan lain sebagainya. Fasilitas di danau ini juga cukup lengkap, maka dari itu saat kamu berkunjung di danau ini tidak perlu kawatir.

Lokasi: Jl. Alpukat Cukurgondang, Desa Ranu Grati, Kab. Pasuruan, Jawa Timur

Harga Tiket: Rp. 2.000/orang
Jam Buka: (Senin-Minggu) 24 Jam

13. Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi
Source ig @yudindra

Objek wisata Pasuruan yang selanjutnya adalah Kebun Raya Purwodadi, kebun ini memiliki luas sekitar 85 hektar serta mempunyai koleksi tanaman sekitar 10.000 jenis tanaman. Menurut informasi yang beredar, kebun ini diresmikan pada tanggal 30 Januari 1941.

Pendiri kebun raya adalah Dr. Laurens Gerhard Marinus Baas Becking, sedangkan pemerkasannya sendiri adalah Dr. Dirk Van Slooten. Meskipun kebun ini didirikan oleh pemerintah kolonial Belanda, namun saat ini status kebun ini sudah seutuhnya dimiliki Pemerintah Indonesia.

Fasilitas wisata ini masih tergolong sangat minim, meskipun begitu lokasi wisata ini tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk.

Lokasi: J;. Raya Surabaya – Malang Km 65, Purwodadi, Kab. Pasuruan, Jawa Timur

Harga Tiket: Rp 9.500 (Lokal) / Rp. 15.500 (Asing)
Jam Buka: Senin-Minggu (07.30 -16.00)

14. Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno
Source ig @mayyamey_

Air terjun ini memiliki aliran air yag cukup deras, serta kondisi air yang bersih dan jernih. Ketinggian air terjun ini mencapai 45 meter. Air di air terjun ini bersumber dari kaki Gunung Welirang dan kaki Gunung Arjuno.

Dikarenakan aliran air terjun ini deras, para pengunjung tidak diperbolehkan untuk bermain air di bawah aliran air terjun. Jadi para pengunjung hanya bisa menikmati pemandangna air terjun sembari selfie dengan background air terjun Putuk Trono.

Lokasi: Desa Tretes, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur

Harga Tiket: Rp. 10.000
Jam Buka: –

15. The Taman Dayu

The Taman Dayu

Tempat wisata yang selanjutnya yaitu The Taman Dayu, objek wisata ini mempunyai banyak sekali fasilitas outbond. Objek wisata ini sangat sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga lho, karena disini terdapat Waterpark, Golf Clubhouse, Hotel & Villa, dan lain sebagainya.

Selain itu di sini juga terdapat fasilitas camping mulai dari rumah pohon, tenda, dan rumah kayu yang berada di hutan pinus. Harga sewa setiap jenis camping tersebut berbeda, jika kamu ingin merasakan menginap di rumah pohon, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp 300.000 dengan kapasitas 6 orang.

Sedangkan jika ingin menginap di rumah kayu, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp 400.000-Rp. 450.000. Dan jika kamu ingin menggunakan tenda, kamu harus menyewa tenda dengan harga Rp. 150.000 untuk 6 orang.

Lokasi: Jl. Raya Surabaya-Malang No. 16, Karang jati, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur

Harga Tiket: –
Jam Buka: Senin-Minggu (07.00-22.00)

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata di Nganjuk Paling Hits

Nah itulah beberapa rekomendasi wisata di kabupaten Pasuruan. Bagaimana? Tertarik berwisata di Pasuruan?. Jika kamu memiliki rekomendasi objek wisata di pasuruan yang lain, silahkan tulis di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *