Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Pamekasan

5 min read

Tempat wisata di Pamekasan ini tergolong cukup lengkap, mulai dari wisata alam pegunungan, pantai, air terjun, semuanya ada di kabupaten ini. Kabupaten ini terletak di provinsi Jawa Timur, lebih tepatnya di pulau madura, kabupaten ini menyimpan sejuta panorama dan pesona alam yang sangat indah.

Meskipun kabupaten Pamekasan ini tidak memiliki status sebagai kabupaten wisata, namun daya tarik wisata di kabupaten ini bisa dibilang sangat potensial. Maka dari itu tidak ada salahnya jika kita menjadikan kabupaten ini sebagai salah satu tujuan wisata saat musim liburan.

12 Tempat Wisata di Pamekasan Madura Wajib Dikunjungi

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di pamekasan madura yang harus kamu kunjungi saat musim liburan tiba.

1. Pantai Jumiang

Pantai Jumiang
Source ig @fajarhw

Objek wisata di Pamekasan yang pertama adalah Pantai Jumiang, pantai ini merupakan salah satu objek favorit yang ada di Pamekasan. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, apalagi pada saat akhir pekan atau liburan.

Pantai ini sedikit berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya, jika kebanyakan pantai berada di dataran rendah, namun berbeda dengan pantai ini, pantai ini terletak di kawasan dataran tinggi.

Pantai Jumiang memiliki pasir putih yang lembut dan area tebing karang yang sangat memesona. Ada berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan di pantai ini seperti berjemur, bermain air, bermain banan boat, snorkeling, berkeliling area pantai, autbond, dan lain sebagainya.

Waktu terbaik mengunjungi pantai ini ada pada saat sore hari, karena panas matahari tidak terlalu terik sekaligus bisa menikmati pemandangan sunset yang sangat indah.

Lokasi: Desa Tanjung, Kec. Pademawu, Kab. Pamekasan

Harga Tiket: Rp 3.000
Jam Buka: Senin-Minggu (05.00-17.30)

2. Bukit Cinta Pamekasan

Bukit Cinta Pamekasan
Source ig @erlitapresiandari

Bukit Cinta Pamekasan merupakan salah satu destinasi wisata baru yang ada di Pulau Madura. Objek wisata ini sebenarnya memiliki induk wisata, yaitu Edu Wisata Selamat Pagi Madura yang sudah ada sejak tahun 2016. Tapi pada saat itu belum ada wisata Bukit Cinta, wisata bukit cinta ini ada di kisaran awal Tahun 2018 lalu.

Jika dihitung secara total, destinasi wisata ini memiliki luas sekitar 2 hektar. Para pengunjung yang datang ke tempat wisata ini bisa berfoto dengan background Bukit Cinta, bermain flying fox. serta bisa menikmat keindahan alam yang ada disekitarnya.

Fasilitas di sini meliputi area parkir, gazebo, jalan, mushola, dan masih banyak lagi lainnya. Bagaimana? Tertarik mengunjungi wisata ini? Berikut ini adalah alamat lengkapnya.

Lokasi: Jl. Lawangan Daya, Kelurahan Sentol, Kec. Pademawu, Kab. Pamekasan

Jam Buka: Senin-Minggu (08.00-16.00)
Harga Tiket: Rp 20.000

3. Dermaga Pelabuhan Branta

Dermaga Pelabuhan Branta

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang hobi memancing, karena di pelabuhan ini terdapat sebuah dermaga yang biasa digunakan sebagai tempat memancing. Meskipun ikan yang bisa kamu dapatkan di sini hanya ikan-ikan kecil, tapi spot pemancingan di sini masih layak untuk dikunjungi.

Selain cocok digunakan sebagai tempat pemancingan, dermaga di sini juga cocok dijadikan sebagai area joging, santai-santai, bersepeda, dan lain sebagainya. Angin yang berhembus di dermaga ini cukup kencang, jadi kamu tidak merasa kepanasan meskipun sinar matahari sedang terik.

Lokasi: Desa Branta Pesisir, Kec. Tlanakan, Kab. Pamekasan

Harga Tiket: –
Jam Buka: Senin-Minggu (24 Jam)

4. Tebing Waru

Source ig @aidaef.es

Destinasi wisata Pamekasan yang selanjutnya adalah Tebing Waru, objek wisat aini sangat cocok dijadikan sebagai tempat berburu foto. Di sini kamu bisa mendapatkan banyak spot foto yang sangat menarik, seperti padang rumput, perkampungan masyarakat, monyet, gua angin, dan lain sebagainya.

Tapi sayangnya seiring banyaknya orang yang datang ke tempat wisata ini, kondisi objek wisata ini semakin kurang terawat. Jadi jika kamu datang ke tempat wisata ini, kamu harus menjaga kelestarian alam dan jangan buang sampah sembarangan.

Lokasi: Desa Waru Barat, Kec. Waru, Kab. Pamekasan

Harga Tiket: –
Jam Buka: –

5. Pantai Batu Kerbuy

Pantai Batu Kerbuy
Source ig @royx_blue

Pantai Batu Kerbuy ini sangat terkenal dengan hamparan batu karangnya yang sangat luas, mencapai 5 hektar. Alasan kenapa pantai ini dinamakan batu Kerbuy karena dulu ada sebuah batu yang bentunya mirip dengan kerbau.

Menurut ceirta yang beredar di masyarakat, dulunya batu tersebut adalah manusia yang terkena kutukan, sehingga berubah menjadi seekor batu.

Meskipun pantai ini terkenal akan batu karangnya, tapi bukan berarti pantai ini tidak memiliki pasir. Di pantai ini juga terdapat pasir yang berwarna putih dan cukup halus. Kondisi air di pantai ini masih sangat jernih dan memiliki warna kebiruan, di pinggir pantai ini terdapat banyak sekali pepohonan yang bisa digunakan sebagai tempat berteduh.

Di area Pantai Batu Kerbuy para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bermain air, berjemur, snorkeling, skuba diving dan lain sebagainya. Di pantai ini kamu juga bisa berkeliling rea pantai menggunakan speed boat yang disewakan masyarakat sekitar, harga menyewa speedboat tersebut berkisar Rp 250.000/hari.

Fasilitas di pantai ini belum terlalu lengkap, jadi kamu perlu persiapan yang matang-matang saat berkunjung ke pantai ini. Walaupun seperti itu, bukan berarti Pantai ini tidak layak untuk dikunjungi.

Lokasi: Jl Raya Pasean, Desa Batu Kerbuy, Kec. Pasean, Kab. Pamekasan

Harga Tiket: –
Jam Buka: Senin-Minggu (24 Jam)

6. Pantai Talang Siring

Pantai Talang Siring
Source ig @edies_89

Jika pantai sebelumnya memiliki konsisi yang sepi dan bebas dari keramaian, destinasi wisata yang satu ini justru sebaliknya. Setiap harinya objek wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik itu wisatawan lokal ataupun dari luar daerah.

Fasilitas di pantai ini juga sangat lengkap, seperti spot selfie, gazebo, jembatan pantai, pohon mangrove, taman bermain, dan lain sebagainya. Selain itu lokasi pantai ini tergolong cukup mudah untuk dijangkau.

Lokasi: Desa Montok, Kec. Larangan, Kab. Pamekasan

Harga Tiket: –
Jam Buka: Senin-Minggu (08.00-17.00)

7. Air Terjun Bunyato

Air Terjun Bunyato

Objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata yang masih tersembunyi di Kabupaten Pamekasan, masyarakat sekitar lebih mengenal air terjun ini dengan nama Air Terjun pengantin. Alasan air terjun ini disebut dengan Air Terjun Pengantin karena mitos yang beredar di kalangan mayarakat.

Air Terjun ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa, aliran air di sini memang tidak terlalu tinggi. Meskipun air terjun ini memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi, tapi aliran airnya sangat bagus serta kondisi air yang masih jernih.

Di bawah air terjun ini terdapat kubangan air yang bisa dimanfaatkan untuk berendam maupun hanya sekedar bermain air. Kubangan air terjun ini tidak terlalu dalam, jadi meskipun kamu tidak pandai berenang, kamu bisa bermain di kubangan air terjun ini.

Lokasi: Dusun Banlanjang, Desa Tlonto Raja, Kec. Pasean, Pamekasan

Harga Tiket: –
Jam Buka: –

8. Goa Blaban

Goa Blaban
source ig @nenk_husna

Tempat wisata yang satu ini tergolong sebagai tempat wisata baru yang ada di kabupaten Pamekasan. Goa ini ditemukan secara tidak sengaja oleh salah satu penduduk Dusun Rojing, Desa Blaban.

Goa ini menawarkan daya tarik utama berupa stalagmit dan stalktit yang sangat indah, stalakmit dan stalaktit di goa ini memiliki warna coklat keemasan yang sangat menakjubkan.

Keindahan ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan fotografi, karena goa ini memiliki stalaktit dan stalakmit yang inda. Fasilitas yang tersedia di Goa Blaban bisa dibilang kurang memadai, tapi bukan berarti objek wisata ini tidak layak untuk dikunjungi.

Lokasi: Dusun Rojing, Desa Blaban, Kec. Batu Marmar, Kab. Pamekasan

Harga Tiket: Rp 2.000
Jam Buka: Senin-Minggu (08.30 -18.00)

9. Rawa Mangunan

Rawa Mangunan
Source ig @denyfaa

Jika kamu sedang mengunjungi Pantai Jumiang, ada baiknya kamu juga mengunjungi Rawa Mangunan. Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa hutan bakau serta wilayah perairan yang sangat cocok dijadikan tempat pemancingan.

Kondisi alam wisata ini masih sangat asri, namun sayangnya fasilitas wisata ini masih terbatas. Kondisi jalan untuk menuju wisata ini masih cukup sulit.

Ada berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan di wisata ini, seperti berfoto dengan background perairan rawa serta hutan mangrove, jalan-jalan, dan memancing.

Lokasi: Desa Tanjung, Kec. Pademawu, Kab. Pamekasan

Harga Tiket: –
Jam Buka: –

10. Api Abadi

Api Abadi Pamekasan
Source ig @giginfebrianto

Destinasi wisata ini menawarkan daya tarik berupa api yang tidak pernah padam, bahkan meskipun hujan api ini tidak padam. Di sekitar lokasi wisata ini terdapat banyak sekali warung-warung yang menjajakan makanan maupun minuman.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi wisata ini? Berikut ini adalah alamat lengkapnya.

Lokasi: Desa Larangan, Kec. Tokol, Kab. Pamekasan

Harga Tiket: Rp 5.000
Jam Buka: Senin-Minggu (06.00-18.00)

11. Air Terjun Ahatan

Air Terjun Ahatan

Sebenarnya air terjun ini memiliki keindahan yang sangat indah, namun sayangnya belakangan ini pamor air terjun ini mulai memudar karena kondisinya cukup memprihatinkan, hal tersebut karena sampah yang berserakan.

Air terjun ini memiliki ketinggian yang tidak teralalu tinggi dengan aliran air yang tidak terlalu deras. Di air terjun ini kamu bisa berendam, bermain air, atau hanya sekedar take foto dengan background air terjun ahatan.

Lokasi: Dusun Ahatan, Desa Tlonto Raja, Kec. Pasean, Kab. Pamekasan

Harga Tiket: –
Jam Buka: Senin-Minggu (24 Jam)

12. Gua Mas

Gua Mas

Ada satu gua lagi yang berada di Kabupaten Pamekasan, yaitu Gua Mas. Gua ini ditemukan secara tidak sengaja oleh warga yang sedang menggali sumur. Stalaktit dan stalakmit di gua ini sangat indah, bisa dibilang mirip seperti kristal.

Warga sekita Gua mas menamai gua ini dengan sebutan Gua Batu Bintang. Sayangnya untuk masuk ke gua ini cukup sulit, para pengunjung harus melewati lubang bekas galian sumur yang ukurannya hanya bisa dilalui satu orang saja.

Lokasi: Dusun Rojing, Desa Blaban, Kec. Batumarmar, Kab. Pamekasan

Harga Tiket: –
Jam Buka: –

Baca Juga: Tempat Wisata di Kabupaten Bangkalan Paling Populer

Itulah beberapa tempat wisata di Pamekasan, bagaimana? Tertarik berwisata di Pamekasan? Jika kamu memiliki rekomendasi tempat wisata di pamekasan yang lain, silahkan tulis di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *