Jawa Timur, Tempat Wisata

Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Nganjuk

Nganjuk, Kota Angin yang di setiap sudutnya berbatasan langsung dengan kota lainnya. Tidak memiliki lautan dan pantai. Nganjuk terdorong aset pariwisatanya karena banyaknya air terjun. Destinasi wisata lainnya juga banyak, baik alam maupun buatan.

Jika berkunjung ke Nganjuk jangan lupa beli dumbleg, onde-onde njeblos untuk oleh-oleh sanak saudara. Sajian makannya juga bisa menyantap nasi becek, nasi pecel, atau nasi tumpang. Wisata kuliner Nganjuk memang kaya akan menu andalan dan wajib dicicipi.

30 Tempat Wisata di Nganjuk Paling Populer

Sebagai kabupaten bertempatnya Kerajaan Medang, Nganjuk memang jarang memiliki situs-situs sejarah. Mungkin bisa jadi karena Medang memang tidak memiliki banyak peninggalan. Namun, jangan risau, banyak wisata yang dapat mengedukasi lainnya untuk dikunjungi pengunjung.

1. Coban Unut

Coban Unut
source IG @infongajuk

Wisata Air Terjun yang terletak di Bajulan, Loceret, Nganjuk ini tepat berada di kaki Gunung Wilis. Area hutan di sekitar titik terlihat sangat hijau. Kealamian tempat ini tidak perlu diragukan. Buka mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Sebagai wisata curug terbaik di Nganjuk, Coban Unut memang memiliki track yang tak biasa. Jalan terjal bebatuan dengan sekitaran semak-semak menjadi halangan tersendiri. Namun, memang benar adanya semua akan terbayar penuh.  Tingginya tebing dengan debit air yang deras akan membelalakan mata.

Bila, Bajulan, Kec. Loceret, Kabupaten Nganjuk

Jam Buka: 07.00 WIB-15.00 WIB

2. Air Terjun Singokromo

Air Terjun Singokromo
source Ig @adam.septiansyah

Letaknya di Ngliman, Sawahan, Nganjuk. Konon, Singokromo banyak dihuni oleh harimau hutan. Tinggi tebingnya sekitar 20 meter dengan debit air yang deras. Kesan asri akan sangat terasa saat memandang turunnya air.

Singokromo juga kerap dijadikan tempat untuk melakukan ritual oleh warga setempat. Hal tersebut karena Singokromo berada di kaki Gunung Wilis dengan segala bentuk kemistisannya. Bukan 24 jam dengan tidak perlu membayar tiket atau gratis.

Ngliman, Sawahan, Nganjuk

Jam Operasional : 24 jam
HTM : –

3. Pendopo Nganjuk

Pendopo Nganjuk
source IG @nganjukportraiture

Kerap menjadi tempat untuk acara tertentu. Pendopo ini berdiri tegak di Mangundikaran, Nganjuk, Nganjuk. Bangunan dengan ciri khas kejawen sangat kental terasa. Bentuknya joglo dengan ornamen jawi jawi menambah kesan unik.

Buka 24 jam tanpa menarik biaya tiket. Saat berkunjung ke sini dapat ber swafoto bebas di setiap titik. Keunikan bangunnya sangat diburu wisatawan hanya untuk berfoto.

Mangundikaran, Nganjuk, Nganjuk

Jam Operasional : 24 jam
HTM : –

4. Waduk Perning

Waduk Perning
source IG @aboutnganjuk.id

Terletak di Desa Perning, Jatikalen, Nganjuk. Waduk ini tidak digunakan untuk membangkitkan aliran listrik, tetapi hanya untuk irigasi sawah. Hamparan air luas dengan view perbukitan menjadi ciri khas wisata ini.

Area dermaga waduk ini juga seringkali ramai untuk berburu spot foto. Buka 24 jam tanpa biaya tiket masuk. Namun, pengunjung akan dikenakan biaya jika hendak menyewa perahu untuk menyusuri waduk. Pengunjung juga dapat memancing bebas di setiap sudut waduk.

Desa Perning, Kec. Jatikalen, Kab. Nganjuk

Jam Operasional : 24 jam
HTM : –

5. Waduk Oro-Oro Ombo

Waduk Oro-Oro Ombo

Berbeda fungsi dengan Waduk Perning, Oro-Oro Ombo berfungsi sebagai tempat budidaya ikan nila. Kedalaman waduk sekitar 4 meter. Pengunjung yang datang bebas memancing di area waduk.

Dikelilingi dengan pohon tinggi, hal ini akan terlihat sangat cantik. Terletak di Desa Oro-Oro Ombo, Ngetos, Nganjuk. Tidak perlu mengeluarkan uang serta bebas akses selama 24 jam.

Desa Oro-Oro Ombo, Ngetos, Nganjuk

Jam Operasional : 24 jam
HTM : –

6. Setum Juwono

Setum Juwono

Terletak di Jatirejo, Loceret, Nganjuk. Dulunya, tempat ini merupakan medan perang pada zaman penjajahan Belanda. Terletak di tengah persawahan masyarakat. Tempat ini kerap diburu wisatawan untuk berfoto.

Belum diketahui secara pasti kegunaan dari bangunan ini. Tidak terlalu luas dengan ketinggian menjulang langit. Nampak seperti bangunan tua yang kokoh tegak berdiri. Belum dikelola penuh menjadi tempat wisata sejarah menjadikan siapapun boleh mengunjungi setum tanpa jam tutup tanpa tiket masuk.

Jatirejo, Loceret, Nganjuk

Jam Operasional :24 jam
HTM :-

7. Embung Estumulyo

Embung Estumulyo
source IG @nganjukkotabayu

Tempat wisata ini buka selama 24 jam. Berlokasi di area hutan, Sawahan, Nganjuk. Cocok untuk berwisata dengan anak-anak. Parkir, tiket masuk, semua biaya gratis.

Sebelum sampai di titik embung, pengunjung akan menaiki ratusan anak tangga. Ditemani pohon tinggi di sekitaran. Dengan keindahan embung, segala penat akan tidak terasa.

Hutan, Sawahan, Kabupaten Nganjuk

Jam Operasional : 24 jam
HTM : –

8. Embung Cekdam Ngetos

Embung Cekdam Ngetos

Terletak di Puh Tulis, Suru, Ngetos, Nganjuk. Buka setiap hari 24 jam. Tidak jauh berbeda dengan Embung Estumulyo, Cekdam Ngetos juga merupakan kubangan air yang luas dengan view pepohonan di sekitar. Jalan di dekat embung kerapkali dijadikan rute bersepeda santai.

Puh Tulis, Suru, Ngetos, Nganjuk

Jam Operasional : 24 jam
HTM : –

9. Grojogan Roro Kuning

Grojogan Roro Kuning
source IG @avisenasyafieq

Namanya sudah sangat terkenal di Nganjuk. Bahkan Roro Kuning seakan menjadi wisata utama Nganjuk. Terletak di Plakat, Bajulan, Loceret, Nganjuk.

Tinggi tebing hanya sekitar 15 meter. Roro Kuning memiliki keunikan dengan airnya yang membentuk trisula. Oleh karena itu, Roro Kuning disebut sebagai air merambat oleh warga setempat. Cukup membayar Rp5.000 untuk dapat menikmati keindahan Roro Kuning.

Plakat, Bajulan, Loceret, Nganjuk

HTM : Rp5.000

10. Museum Anjuk Ladang

Museum Anjuk Ladang
source IG @buminganjuk

Bercerita tentang segala benda peninggalan di Nganjuk, Museum Anjuk Ladang menyimpan semuanya. Kumpulan benda tersebut meliputi guci, wayang kulit, mangkuk, topeng, genta, dan lain sebagainya. Dibangun pada tahun 1996, dan berfungsi secara penuh pada tahun 2003.

Buka selama 24 jam hanya dengan membayar tiket parkir. Museum Anjuk Ladang terletak di Kauman, Nganjuk, Nganjuk. Wisata edukasi ini sangat cocok dikunjungi bersama anak-anak sebagai bahan belajar.

Kauman, Nganjuk, Nganjuk

Jam Operasional : 24 jam
HTM : –

11. Bukit Watu Songgong

Bukit Watu Songgong
source IG @kholid_el

Keunikan tempat wisata ini terletak pada banyaknya bebatuan yang tersebar di area bukit. Bebatuan endemik ini berwarna kuning, sangat indah dengan paduan rerumputan hijau. Sajian panorama Nganjuk dari ketinggian akan terlihat menakjubkan.

Cukup membayar Rp5.000 per orang. Wisata ini berada di Sembung, Margopatut, Sawahan, Nganjuk. Wisatawan dapat mengunjungi bukit ini mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Sembung, Margopatut, Sawahan, Nganjuk

Jam Operasional : pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.
HTM : Rp5.000

12. Gunung Wilis

Gunung Wilis
source IG @ichalusianawati

Sudah tidak asing terdengar di telinga para pendaki. Memiliki tinggi 2.563 meter di atas permukaan laut. Hanya cukup mengeluarkan Rp11.000 untuk tiket, asuransi, dan parkir.

Panorama kota dari ketinggian akan terlihat jelas dan menawan. Titik pendakian dari Nganjuk berada di dekat Air Terjun Roro Kuning. Hijaunya gunung dengan keasrian yang dimilikinya juga masih benar-benar alami.

Dekat Air Terjun Roro Kuning

Jam Operasional : –
HTM : Rp11.000

13. Pasar Wage Nganjuk

Pasar Wage Nganjuk
source IG @nganjukkotabayu

Terletak di Desa Payaman, Nganjuk, Nganjuk. Pasar trandisional ini memiliki keunikan di gedungnya. Gedung pasar yang baru diresmikan pada 2018 ini merupakan alokasi baru dari Pasar Wage yang lama.

Tidak perlu membayar biaya masuk. Area depan gedung sering dijadikan latar belakang foto para pemburu spot. Meskipun berisikan pasar tradisional, tetapi megahnya bangunan pasar terlihat bagai bukan pasar.

Desa Payaman, Nganjuk, Nganjuk

14. Air Terjun Sumber Manik

Air Terjun Sumber Manik
source IG @nganjukkotabayu

Destinasi wisata ini masih tergolong baru karena ditemukam pada awal 2016.  Terletak di Area Persawahan Blongko, Ngetos, Nganjuk. Tinggi tebingnya mencapai 35 meter dengan lebar 20 meter. Selimut air menutupi tebing dengan debit yang tidak terlalu deras.

Tidak perlu mengeluarkan uang untuk memasuki wisata yang buka 24 jam ini. Panorama turunnya air pada lebarnya tebing terlihat cantik dengan padu padan ilalang serta pohon hijau di keliling. Akses yang tidak terlalu sulit membuat wisata ini ramai dikunjungi.

Area Persawahan Blongko, Ngetos, Nganjuk

Jam Operasional : 24 jam
HTM : –

15. Candi Ngetos

Candi Ngetos
source IG @mampirkenganjuk

Salah satu peninggalan Majapahit pada abad ke-15. Candi Ngetos merupakan candi bergaya Hindu yang terletak di Selopuro, Ngetos, Nganjuk. Buka pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB dengan tidak perlu membayar tiket masuk.

Terdapat empat relief pada sisi candi, tetapi ketiga relief tersebut telah hancur. Sekaeang hanya terdapat satu relief yang tersisa. Kini, Candi Ngetos tidak memiliki arca satupun. Namun, ucap warga setempat bahwa masih terdapat dua arca di dalam candi.

Selopuro, Ngetos, Nganjuk

Jam Operasional : pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB
HTM : –

16. Air Terjun Gedangan

Air Terjun Gedangan
source IG @ayodolan

Terletak di area hutan Ngliman, Sawahan, Nganjuk. Air terjun ini nampak berbeda dengan objek air terjun lainnya. Bukan tebing tinggi yang dimilikinya, tetapi jalur air yang berupa menyerupai tangga berundak.

Air jernih dengan keliling hutan yang masih asri menambah kesan alami wisata ini. Masih jarang pengunjung berdatangan ke sini. Padahal view cantiknya terpapar jelas di depan mata. Wisata ini buka 24 jam tanpa biaya tiket masuk.

Ngliman, Sawahan, Nganjuk

Jam Operasional : 24 jam
HTM : –

17. Watu Lawang

Watu Lawang
source IG @yektikusuma_

Terletak di Desa Ngliman, Sawahan, Nganjuk. Watu Lawang merupakan objek wisata perbukitan yang menawarkan panorama indah perkotaan. Disediakan banyak titik untuk ber swafoto untuk pengunjung.

Cukup membayar Rp6.000 dengan biaya parkir Rp2.000 dan Rp5.000. Pengunjung bebas menikmati pemandangan sembari mengabadikannya. Buka mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Desa Ngliman, Sawahan, Nganjuk

Jam Operasional : pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.
HTM : Rp6.000 dengan biaya parkir Rp2.000 dan Rp5.000

18. Stasiun Baron

Stasiun Baron
source IG @rahmatika.mufida

Letaknya di Pulorejo, Kedungrejo, Tanjunganom, Nganjuk. Memang lokasi ini adalah stasiun, tetapi banyak orang berdatangan tidak untuk bepergian. Melainkan hanya untuk berburu spot foto di titik stasiun.

Tidak heran banyak model melakukan photoshoot di sini. Tempatnya yang strategis dengan bentuk bangunan yang unik menjadi daya tarik. Tambah lagi dengan tidak perlunya tiket masuk hanya untuk mengitari halaman stasiun.

Pulorejo, Kedungrejo, Tanjunganom, Nganjuk

19. Candi Lor

Candi Lor
source IG @junita_ps

Terbuat dari susunan batu bata merah yang dipercaya sebagai titik awal berdirinya Nganjuk. Destinasi wisata bersejarah gratis ini buka selama 24 jam. Terletak di Candirejo, Loceret, Nganjuk.

Di sisi samping candi terdapat dua makam yang dipercaya masyarakat setempat merupakan makam dari Eyang Kerto dan Eyang Kerti. Eyang kerto ialah raja Mataram Hindu yang menugaskan bawahannya untuk membangun candi ini pada tahun 937. Terdapat pula pohon kepuh yang ditanam pada tahun 1866.

Candirejo, Loceret, Nganjuk

Jam Operasional : 24 jam
HTM : –

20. Air Terjun Pring Jowo

Air Terjun Pring Jowo
source IG @aboutnganjuk.id

Buka mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Wisata ini merupakan salah satu dari banyaknya titik air terjun yang ada di Nganjuk. Maksimal pengelolaannya dengan harga tiket gratis. Air Terjun Pring Jowo sudah banyak dikunjungi wisatawan.

Terletak di Kawasan Hutan Pring Jowo Kepel, Ngetos, Ngajuk. Terdapat 2 air terjun yaitu Pring Jowo nginggil dengan tinggi tebing sekitar 20 meter dan Pring Jowo ngandhap dengan tinggi tebing sekitar 30 meter.

Kawasan Hutan Pring Jowo Kepel, Ngetos, Ngajuk

Jam Operasional : pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB

21. TPK Perhutani Rejoso

TPK Perhutani Rejoso

Dusun Banyuurip, Desa Rejoso, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk.

Jam Operasional: Senin-Sabtu (07.00 WIB-17.00 WIB)
HTM : Gratis.

22. Gua Margo Tresno

Gua Margo Tresno

Kawasan Hutan Dusun Cabean, Desa Sugih Waras, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk.

Jam Operasional : 07.00 WIB hingga 16.00 WIB.
HTM : Rp5.000 per orang.

23. Alun-Alun Nganjuk

Alun-Alun Nganjuk
source IG @tenangnopikiranmu

Dusun Mangundikaran, Desa Mangundikaran, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk.

Jam Operasional : 24 jam
HTM : Gratis

24. Taman Pandan Wilis

Taman Pandan Wilis
source IG @nganjukkotabayu

Jalan Brantas, Dusun Babadan, Desa Warungotok, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk.

Jam Operasional : 06.00 WIB hingga 23.00 WIB.
HTM : Gratis.

25. Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo
source IG @merry.laura

Kawasan hutan kaki Gunung Wilis, Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk.

Jam Operasional : 07.00 WIB hingga 17.00 WIB
HTM : Rp10.000.

26. Taman Rekreasi Anjuk Ladang

Taman Rekreasi Anjuk Ladang

Jalan Anjuk Ladang Lapak, Desa Ploso, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk.

Jam Operasional : 09.00 WIB hingga 15.00 WIB.
HTM : Rp5.000

27. Bukit Salju Ngetos

Bukit Salju Ngetos
source IG @ananda_wap

Desa Blongko, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk.

Jam Operasional : 24 jam
HTM : Gratis.

28. Monumen Dr. Sutomo Ngepeh

Monumen Dr. Sutomo Ngepeh

Dusun Sono, Desa Ngepeh, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk.

Jam Operasional : 24 jam
HTM : Gratis

29. Grojogan Goa Putri Ayu

Grojogan Goa Putri Ayu
source IG @portal_nganjuk

Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk.

Jam Operasional : 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.
HTM : Rp5.000

30. Wana Wisata Grojogan Duwur

Dusun Lengkong, Desa Sumbermiri, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk.

Jam Operasional : 24 jam
HTM : Rp5.000.

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata di Mojokerto Terfavorit

FAQ

Tempat wajib dikunjungi?

Semua destinasi wisata air terjun yang ada di kaki Gunung Wilis karena kebanyakan gratis dan indah.

Tempat paling ramah anak-anak?

Taman Pandan Wilis

Tempat ramai untuk berburu foto?

Watu Lawang

Nah, Itulah 30 tempat wisata di Nganjuk yang wajib kamu kunjungi. Bagaimana? Tertarik berwisata di Nganjuk?. Jika kamu memiliki rekomendasi tempat wisata lain, silahkan tulis di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *