Jawa Timur, Tempat Wisata

Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Mojokerto

Mojokerto merupakan salah satu daerah yang tidak memiliki lautan layaknya seperti negara Laos. Oleh karena itu, tentu bukan pantai yang menjadi wisata utamanya. Meskipun tidak memiliki pantai, wisata Mojokerto tidak perlu diragukan lagi perihal wisatanya.

Terdapat banyak situs sejarah yang dapat menambah pengetahuan sekaligus berwisata. Penasaran dengan wisata di Kabupaten Mojokerto? Berikut ini adalah beberapa daftarnya, simak dengan baik.

Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Mojokerto Paling Hits

Daerah ini pernah menjadi pusat ibukota Kerjaan Majapahit pada masa kepemimpinan Raden Wijaya. Hal tersebut yang mendasari terdapat banyaknya peninggalan kerjaan. Namun, tidak hanya berbau sejarah, Mojokerto juga memiliki tempat wisata unik lainnya. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas.

1. Puncak Watu Jengger

Puncak Watu Jengger
source IG @mrlynandreanus

Ketinggiannya hanya 1100 meter di atas permukaan laut. Hanya berkisar 2 jam untuk mendaki Watu Jengger. Track nya juga tidak terlalu terjal jadi cocok untuk para pendaki pemula.

Meskipun tidak setinggi gunung lainnya, puncak wisata ini tak kalah menakjubkan. Pemandangan hijau akan tersajikan di depan mata. Buka selama 24 jam serta biaya tiket masuk yang tidak terlalu mahal, hanya Rp10.000 dan parkir Rp6.000. Titik awal pendakian berada di Tawangrejo, Jatirejo, Mojokerto.

Tawangrejo, Jatirejo, Mojokerto

Jam Operasional : 24 jam
HTM : Rp10.000 dan parkir Rp6.000

2. Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung
source IG @sherlysinatra

Terletak di Ketapnrame, Trawas, Mojokerto. Wisata ini buka mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Harga tiket masuknya sebesar Rp10.000 dan terdapat tambahan biaya sebesar Rp3.500 jika hendak berkemah di sekitar air terjun.

Airnya yang masih jernih dengan pemandangan hijau di sekitar yang menjadi daya tariknya. Banyak diburu wisatawan untuk ber foto ria. Namun, wisata ini sudah sangat terkenal, jadi setiap berkunjung pasti ramai.

Ketapnrame, Trawas, Mojokerto

Jam Operasional : pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB
HTM : Rp10.000 dan terdapat tambahan biaya sebesar Rp3.500 jika hendak berkemah di sekitar air terjun

3. Candi Bajang Ratu

Candi Bajang Ratu
source IG @aehamabid13

Bangunan candi berbentuk gapura ini merupakan salah satu dari sekian banyaknya peninggalan Majapahit. Berada di Temon, Trowulan, Mojokerto. Diperkiraannya dibangun pada awal abad ke-14.

Cocok untuk wisata anak-anak sebagai bahan belajar sejarah serta orang dewasa untuk hunting foto. Bangunan khas corak hindu sangat kental terasa. Buka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Tiket masuknya hanya sebesar Rp3.000 dan parkir Rp3.000. Konon, candi ini merupakan gerbang untuk kembali ke dunia Wisnu.

Temon, Trowulan, Mojokerto

Jam Operasional : pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB
HTM : Rp3.000 dan parkir Rp3.000

4. Candi Jedong

Candi Jedong
source IG @dvinf

Candi yang dibuat pada abad ke-14 ini berada di Lereng Gunung Gajah Mungkur. Lebih tepatnya di desa Wotanmas Jedong, Ngoro, Mojokerto. Saat ini wilayah bangunan candi ini diapit oleh daerah perindustrian.

Candi yang berbahan dasar batu andesit ini bermotif gunung di setiap sisinya. Wisata edukasi ini menarik tarif biaya masuk hanya sebesar Rp3.000 serta buka selama 24 jam.

desa Wotanmas Jedong, Ngoro, Mojokerto

Jam Operasional : 24 jam
HTM : Rp3.000

5. Bumi Perkemahan Dlundung

Bumi Perkemahan Dlundung
source IG @pamungkasane

Area perkemahan ini buka 24 jam berlokasi di Kemiloko, Trawas, Trawas, Mojokerto. Harga tiket masuknya seharga Rp5.000, penyewaan alat camping hanya seharga Rp20.000 – Rp50.000.

Ramai dikunjungi dengan para sanak keluarga untuk belajar tentang alam. Lokasinya juga berdekatan dengan Air Terjun Dlundung. Luasnya hamparan hutan bernuansa alami khas dari lereng Gunung Welirang.

Kemiloko, Trawas, Trawas, Mojokerto

Jam Operasional : 24 jam
HTM : Rp5.000, penyewaan alat camping hanya seharga Rp20.000 – Rp50.000

6. Air Terjun Coban Canggu

Air Terjun Coban Canggu
source IG @bakulbanyu_

Tingginya tebing dengan jernihnya air menyatu menjadi suatu keindahan. Suasana hijau di sekitar menambah kesan asri dan alami. Kubangan air berupa kolam di bawah tebing juga terlihat menarik.

Banyak wisatawan pemburu spot foto yang berdatangan. Lokasinya yang tidak terlalu pelosok serta track jalannya yang tidak terjal menjadi pendukung utama wisata ini. Berlokasi di Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Mojokerto. Tiket masuk wisata ini hanya sebesar Rp7.000 ( weekdays ), Rp10.000 ( weekend ), dan Rp5.000 ( parkir roda dua ), Rp10.000 ( parkir roda empat ).

Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Mojokerto

Jam Operasional : –
HTM : Rp7.000 ( weekdays ), Rp10.000 ( weekend ), dan Rp5.000 ( parkir roda dua ), Rp10.000 ( parkir roda empat )

7. OBECH Rafting

OBECH Rafting
source IG @ricky_akhtanto

Para pencari wisata pemacu adrenaline wajib untuk mencoba rafting di sini. Tidak hanya wisata air, Obech juga menawarkan wisata camping, outbound, dan paint ball. Ramah untuk anak-anak maupun dewasa untuk belajar hal baru.

Harganya terjangkau hanya berkisar Rp50.000 hingga Rp225.000 menurut wahana. Berlokasi di Sumberam, Sajen, Pacet, Mojokerto. Obech buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Sumberam, Sajen, Pacet, Mojokerto

Jam Operasional : pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB
HTM : Rp50.000 hingga Rp225.000

8. Candi Brahu

Candi Brahu
source IG @aditya_melantika

Menjadi salah satu dari banyaknya peninggalan Majapahit di Mojokerto. Brahu juga menyimpan hal-hal peninggalan lainnya yang masih banyak belum tergali. Hal tersebut meliputi logam, arca, emas, dan lain halnya.

Buka selama 24 jam. Brahu sangat kental akan budaya hindu. Berlokasi di Kawasan Situs Arkeologi Trowulan tepatnya Desa Mente, Bejijong, Trowulan, Mojokerto.

Desa Mente, Bejijong, Trowulan, Mojokerto

Jam Operasional : 24 jam
HTM : –

9. Candi Jolotundo

Candi Jolotundo
source IG @asli_mojokerto

Berbeda dengan candi lain, keuikan Jolotundo tampak pada peraian di sebelah. Terdapat kolam yang merupakan bagian dari candi. Berisi banyak ikan yang cantik nan besar. Dari sisi candi juga terdapat lubang-lubang yang mengaliri air.

Buka selama 24 jam. Banyak yang datang untuk mengambil air yang mengalir dari candi. Air yang terdapat di sini merupakan air berkualitas baik.

Berada di area kawasan hutan Kecamatan Trawas, Mojokerto. Hal tersebut yang mendasari keasrian dan sejuknya area candi tidak diragukan. Kentalnya corak hindu melekat di sini, sehingga kerap dilaksanakan upacara adat atau agama.

Area kawasan hutan Kecamatan Trawas, Mojokerto

Jam Operasional : 24 jam
HTM : –

10. Pendakian Gunung Penanggungan

Pendakian Gunung Penanggungan
source IG @ilhampolong

Gunung Penanggungan merupakan nama baru dari sebelumnya yaitu Gunung Pawitra. Tingginya 1653 meter di atas permukaan laut. Memang terletak di perbatasan Mojokerto – Pasuruan, tetapi titik pendakiannya terdapat di Mojokerto.

Terbilang sebagai gunung kecil diatara Arjuno dan Welirang. Namun, selain berlibur, mendaki Penanggungan juga dapat ilmu persejarahan. Banyaknya situs purbakala tersebar di sepanjang rute pendakian.

Cukup menyediakan uang Rp15.000 ( Rp10.000 untuk tiket masuk dan Rp5.000 untuk parkir ). Tentu saja titik pendakiannya buka selama 24 jam.

perbatasan Mojokerto – Pasuruan

Jam Operasional : 24 jam
HTM : Rp15.000 ( Rp10.000 untuk tiket masuk dan Rp5.000 untuk parkir )

11. Candi Bangkal

Candi Bangkal
source IG @qqordhowi

Hampir sama bentuknya dengan Candi Bajang Ratu. Situs Candi Bangkal terletak di Bangkal, Ngadiharjo, Ngoro, Mojokerto. Beroperasi untuk wisata mulai pukul 06.30 WIB hingga 17.00 WIB.

Biaya yang ditarifkan hanya sebesar Rp3.000. Akses menuju area candi tidak sulit dan sudah ramai dikunjungi.

Bangkal, Ngadiharjo, Ngoro, Mojokerto

Jam Operasional : pukul 06.30 WIB hingga 17.00 WIB
HTM : Rp3.000

12. Candi Wringin Lawang

Candi Wringin Lawang
source IG @mojokerto_story

Bentuknya berupa gapura yang terbuat dari batu bata. Berada di Jatipasar, Trowulan, Mojokerto. Candi ini juga peninggalan Majapahit abad XIV.

Fungsinya sebagai pintu masuk menuju kompleks Ibu kota Majapahit yang mungkin merupakan kediaman Majapahit Gajah Mada.

Buka mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB dengan tarif tiket masuk seharga Rp3.000. Titik tengah candi kerap dijadikan titik spot foto karena visualnya menarik.

Jatipasar, Trowulan, Mojokerto

Jam Operasional : pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB
HTM : Rp3.000

13. Museum Majapahit

Museum Majapahit
source IG @pntll_

Buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. Berlokasi di Ngelinguk, Trowulan, Trowulan, Mojokerto. Harga tiket masuknya seharga Rp5.000.

Sesuai namanya, museum ini berisi benda-benda penemuan di daerah Trowulan. Artefak yang ditemukan merupakan peninggalan dari era Airlangga, Kediri, Singhasari, dan Majapahit. Banyak dikunjungi para pelajar untuk mempelajari sejarah.

Ngelinguk, Trowulan, Trowulan, Mojokerto

Jam Operasional : pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB
HTM : Rp5.000

14. Museum Sanggar Gubuk Wayang

Museum Sanggar Gubuk Wayang
source IG @intancecevidinata

Lain halnya dengan Museum Majapahit guna mempelajari sejarah. Museum Sanggar Gubuk Wayang berguna bagi para pengunjung untuk mempelajari adat dan kesenian. Dari namanya sudah jelas bahwa museum ini berisikan segala jenis dan bentuk tentang wayang.

Selain sebagai bahan belajar, berkunjung ke sini juga dapat menambah pengabadian foto berlibur. Tempatnya yang estetik serta unik menjadi ciri khas utama. View ribuan wayang kulit dan golek banyak berjajar di dalamnya.

Beralamat di Jalan Raden Ajeng Kartini, Mergelo, Kauman, Prajurit Kulon, Mojokerto. Wisata edukasi ini buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Tiket masuknya seharga

Jalan Raden Ajeng Kartini, Mergelo, Kauman, Prajurit Kulon, Mojokerto

Jam Operasional : pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB
HTM :

15. Maha Vihara Majapahit

Maha Vihara Majapahit
source IG @_febrian

Memang sejatinya tempat ini merupakan tempat ibadah umat  Budha. Namun, keunikan tempatnya justru menjadikan tempat ini ramai dikunjungi untuk berwisata. Setiap titik yang disajikan sangat menarik untuk dijadikan latar belakang foto.

Bangunan ini berluas 20 ribu meter persegi dengan bangunan gaya jawa. Dibangun pada tahun 1987 oleh Bhante Viryanadi Mahathera. Ciri utama Patung Budha Gautama yang sedang tidur.

Letaknya di Desa Bejijong, Trowulan, Mojokerto. Harga tiketnya Rp3.000 untuk dewasa dan Rp2.000 untuk anak-anak. Buka mulai pukul 07.00 WIB – 18.00 WIB.

Desa Bejijong, Trowulan, Mojokerto

Jam Operasional : pukul 07.00 WIB – 18.00 WIB
HTM : Rp3.000 untuk dewasa dan Rp2.000 untuk anak-anak.

16. Kebun Strawberry Pacet

Kebun Strawberry Pacet

Selain berwisata, berkunjung ke sini dapat mengajari anak-anak tentang bagaimana cara menanam strawberry. Mulai dari pembenihan, pemeliharaan, serta memanennya. Semua akan diajarkan oleh petani strawberry nya serta hasil panennya dapat dimakan.

Berlokasi di area pegunungan yang sejuk, para pohon strawberry tumbuh subur. Letaknya di Padusan, Pacet, Mojokerto. Buka mulai pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB. Harga tiketnya hanya dipatok seharga Rp15.000 per orang.

Padusan, Pacet, Mojokerto

Jam Operasional : pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB
HTM : Rp15.000

17. Kampung Majapahit

Kampung Majapahit
source IG @kampungamajapahitbejijong

Terletak di Desa Bejijong, Trowulan, Mojokerto. Kampung ini merupakan kehidupan Majapahit yang ditata ulang. Kisahnya yang pernah runtuh pada 1500M ini menjadikan banyaknya peninggalan potongan bangunan. Potongan-potongan tersebut dikaji ulang dan dikumpulkan di suatu desa dengan gaya kejawen yang khas.

Untuk berkunjung ke sini tidak perlu membayar tiket masuk dan dibuka bebas 24 jam. Uniknya bangunan bergaya jawa ini yang menjadi daya tarik utama para pengunjung. Unik untuk ber swafoto dan mempelajari sejarah.

Desa Bejijong, Trowulan, Mojokerto

Jam Operasional : 24 jam
HTM : –

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Pamekasan Paling Hits.

18. Pacet Mini Park

Pacet Mini Park
source IG @marnina_sentosa

Pacet Mini Park merupakan suatu tempat rekreasi terkenal di Mojokerto. Banyaknya wahana yang ditawarkan serta biaya tiket masuknya yang murah sehingga banyak diburu wisatawan. Wahana yang bisa dicoba melainkan wahana air dan darat.

Biaya tiket masuk seharga Rp20.000 terbilang worth it untuk wisata yang menawarkan banyak keseruan. Buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Pacet Mini Park terletak di Patinam, Warugunung, Pacet, Mojokerto.

Patinam, Warugunung, Pacet, Mojokerto

Jam Operasional : pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB
HTM : Rp20.000

19. Joglo Park

Joglo Park
source IG @rini_kania

Salah satu wisata di Randegan, Warugunung, Pacet, Mojokerto ini menyajikan wistaa air dengan outbound. Fasilitas yang ditawarkan cukup banyak meliputi bioskop, terapi ikan, flying fox, kolam renang, colombus, dan masih banyak lagi.

Harga tiketnya bervariasi mulai dari Rp10.000 hingga Rp75.000. Buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.30 WIB. Tidak cukup waktu satu hari untuk mencoba semua wahana di dalamnya.

Randegan, Warugunung, Pacet, Mojokerto

Jam Operasional : pukul 09.00 WIB hingga 16.30 WIB.
HTM : Rp10.000 hingga Rp75.000

20. Air Terjun Surodadu

Air Terjun Surodadu
source IG @kabarmojokerto

Buka mulai pukul 07.30 WIB hingga 17.00 WIB. Wisata alam ini friendly untuk semua kalangan. Aksesnya yang tidak terjal sehingga anak-anak tidak akan kewalahan saat trank menuju titik air terjun. Harga tiketnya hanya sebesar Rp5.000 dengan retribusi parkir sebesar Rp5.000.

Panorama hijau dengan grujugan terjunnya air menambah kesan asri yang terkandung. Air jernih serta udara sejuk tidak terlewatkan dari wisata alam yang berlokasi di Desa Claket, Pacet, Mojokerto. Titik view air terjun juga kerap diburu para pemburu spot foto.

Desa Claket, Pacet, Mojokerto

Jam Operasional : pukul 07.30 WIB hingga 17.00 WIB
HTM : Rp5.000 dengan retribusi parkir sebesar Rp5.000.

21. Pemandian Air Panas Padusan Pacet

Pemandian Air Panas Padusan Pacet

Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Mojokerto.

Jam Operasional : Weekend buka 24 jam, weekdays buka jam 08.00 WIB hingga 23.00 WIB.
HTM : Tiket Rp15.000, parkir mulai dari Rp5.000 – Rp15.000.

22. Waterland Mojokerto

Waterland Mojokerto
source IG @susi_andik

Dusun Kedungpring, Desa Jampirogo, Kecamatan Soko, Mojokerto.

Jam Operasional : 08.00 WIB – 17.00 WIB.
HTM : Rp30.000.

23. Pendopo Agung Trowulan

Pendopo Agung Trowulan
source IG @kabarmojokerto

Dusun Ngelinguk, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Mojokerto.

Jam Operasional : 07.00 WIB – 17.00 WIB.
HTM : Gratis.

24. Alun-Alun Mojokerto

Alun-Alun Mojokerto
source IG @ayudwirosidah

Mergelo, Mojokerto.

Jam Operasional : 24 jam.
HTM : Gratis.

25. Air Terjun Watu Lumpang

Air Terjun Watu Lumpang
source IG @okemojokerto

Kawasa Hutan Kecamatan Pacet, Mojokerto.

Jam Operasional : 07.00 WIB – 16.00 WIB.
HTM : Rp10.00 untuk masuk dan Rp2.000 parkir.

Tanya Jawab

Wisata paling recommended?

Kampung Majapahit karena gratis, bebas akses, photogenic, serta belajar sejarah.

Wisata jarang pengunjung?

Obech rafting, karena jika tidak berani dengan wisata adrenaline pengunjung tidak akan datang.

Wisata alam recommended?

Puncak Watu Jengger karena akan memiliki double pengalaman antara berburu spot foto serta mendaki puncak.

Penutup

Itulah macam-macam wisata alam maupun buatan yang terdapat di Mojokerto. Kalau hendak mempelajari Majapahit, Mojokerto lah jawaban dari hal itu. Ada saran tempat wisata yang harus dibahas? Yuk komen dibawah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *