Jawa Timur, Tempat Wisata

Daftar Tempat Wisata Kota Blitar

Daftar Tempat Wisata Blitar – Provinsi Jawa Timur memang memiliki tempat wisata alam yang sangat memesona, mulai dari Pantai Siring Kemuning dan Bukit Jaddih. Tak terkecuali dengan Kota Blitar, ada cerita unik dibalik nama Blitar, dari wikipedia dijelaskan bahwa nama kota ini awalnya adalah Balitar yang memiliki arti Pulanglah Tartar.

Nah, kali ini DolanBae akan membahas mengenai tempat wisata di Blitar yang sekiranya perlu kamu kunjungi. Umumnya orang-orang jika berkunjung ke Kota Blitar akan berkunjung ke tempat wisata sejarah makam Candi Pantaran maupun Bung Karno.

Dua lokasi tersebut menjadi objek wisata di Blitar yang ramai dikunjungi oleh wisatawan saat liburan tiba. Namun, selain dua destinasi wisata tersebut, kota Blitar ternyata memiliki destinasi wisata yang lain, seperti Wisata Alam, Wisata Buatan, maupun Wisata Sejarah. Penasaran? Simak artikelnya dibawah ini.

Kumpulan Tempat Wisata di Blitar

Apa saja destinasi wisata di Blitar yang menarik dikunjungi?Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang menarik untuk kamu kunjungi, antara lain:

1. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo
Source IG instagram.com/riyan_zdynt

Tempat wisata Blitar yang pertama adalah Pantai Tambakrejo, pantai ini merupakan objek wisata paling populer di Blitar dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, apalagi kalau akhir pekan maupun musim liburan tiba.

Pantai Tambakrejo Blitar ini memiliki pasir putih yang bersih, air laut yang ada di objek wisata ini juga bersih, sehingga menjadi magnet bagi wisatawan yang berlibur kesini.

Untuk sampai di Pantai ini kamu harus berkendara dari Kota Blitar ke arah selatan, jarak pantai ini dari pusat kota Blitar kurang kebuh 30 km. Lebih tepatnya di Desa Tambakrejo, kec. Wonotirto. Di pantai ini kamu bisa berenang dengan tenang, karena pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar.

Jika kamu ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga kamu, kamu bisa membawa ikan dari tempat pelelangan ikan yang ada di sini.

Untuk memasuki tempat wisata ini kamu harus membayar harga tiket masuk sekitar Rp. 2.000/orang, tapi mungkin harga tersebut sekarang ini sudah berubah.

Jika kamu datang ke tempat wisata ini, kamu harus berhati-hati saat berkendara ke Pantai Tambakrejo. Pasalnya jalanan untuk mencapai tempat wisata ini cukup sulit, kamu harus melalui jalan kecil yang kanan dan krinya terkadang jurang, sesekali jalanannya naik turun.

Ada hal yang menarik dari Pantai Tambakrejo ini, di sini biasanya diadakan acara Larung Sesaji. Apa itu acara Larung Sesaji? Larung Sesaji adalah prosesi ritual yang diadakan setiap tahun Baru Islam, acara ini diawali dengan tari-tarian serta membawa dua tumpeng agung, yang nantinya digiring menuju pantai.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi tempat wisata ini? Jika kamu tertarik mengunjungi tempat wisata ini, berikut ini adalah alamat lengkapnya.

Baca Selengkapnya di Pantai Tambakrejo.

Lokasi: Desa Tambakrejo, kec. Wonotirto, Blitar

2. Pantai Pangi Blitar

Pantai Pangi Blitar

Pantai Pangi Blitar harus kamu kunjungi jika kamu sedang berwisata di Kabupaten Blitar. Pantai ini berada sekitar 45 km dari kota Blitar yang bisa kamu tempuh sekitar 90 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Tepatnya berada di dusun Krajan, desa Tumpakkepuh, kec. Bakuh.

Pantai ini adalah salah satu pantai yang sangat disukai oleh para pemancing, selain itu di sini kamu bisa berkemah. Sehingga setiap akhir pekan, Pantai Pangi selalu dipenuhi wisatawan yang ingin bermalam dan memancing.

Lokasi: Krajan, Tumpakkepuh, Bakung, Blitar, Jawa Timur 66163

3. Wisata Pesanggrahan Tambakrejo Blitar

Wisata Pesanggrahan Tambakrejo Blitar

Jika kamu akan berkunjung ke Pantai Tambakrejo yang tadi ami jelaskan di atas, selanjutnya kamu bisa menikmati keindahan suasana sore di Tambakrejo dari pesanggrahan Tambakrejo. Pesanggrahan ini adalah penginapan yang sangat strategis, wisata ini terletak di atas bukit yang menghadap ke Pantai Tambakrejo.

Saat sore hari, pemandangan di sini sangat indah sekali. pemandangannya benar-benar menawan dan sayang sekali untuk dilewatkan. Dari sini kamu bisa melihat pemandangan yang nyaris tidak terhalangi, dengan begitu para wisatawan leluasa menikmati panorama pantai.

Untuk bermalam di sini, kamu harus membayar Rp. 250.000/malam, dengan fasilitas single bad king size, family room, kipas angin, ruang rapat, ballroom makan [rasmanan, satelit channel, dan security 24 jam.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi tempat wisata ini? Jika kamu berminat mengunjungi tempat wisata ini, berikut ini adalah alamat lengkapnya.

Lokasi: Desa Tambakrejo, kec. Wonotirto, Blitar

4. Arung Jeram Soko Adventure

Arung Jeram Soko Adventure

Objek wisata ini umumnya ramai dikunjungi oleh wisatawan yang memiliki hobi arung jeram, selain arung jeram disini kamu juga bisa menikmati berbagai fasilitas seperti Cafe.

Di sini terdapat dua sungai yang bisa dijadikan sebagai arung jeram, yakni tiko dan Sungai Lekso. Saat kamu melakukan aktifitas arung jeram, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam pedesaan yang sangat indah.

Objek wisata ini berada di Desa Tegalasri, kec. Wlingi, kab. Blitar. Selain rafting, di sini kamu juga bisa melakukan tubing dan kayaking dengan peralatan yang lengkap serta di dampingi orang-orang yang sudah profesional.

Untuk lebih menarik wisatawan, di sini juga terdapat berbagai macam fasilitas lainnya, seperti Camping Area dan Area Outbound.

Lokasi: Jl. Tegal Asri, Tegalasri, Kec. Wlingi, Blitar, Jawa Timur 66184

5. Pantai Jolosutro Blitar

Pantai Jolosutro Blitar
Source IG instagram.com/kknblitar49.umm

Satu lagi tempat wisata pantai favorit di kota Blitar adalah Pantai Jolosutro, pantai ini memiliki pasir yang bersih dan putih. Pantai ini sangat cocok sekali untuk kamu yang ingin melakukan olahraga surfing. Di sini, kamu bisa menikmati ganasnya ombak ala pantai selatan, dimana pantai selatan terkenal dengan keganasan ombaknya.

Objek wisata ini berjarak sekitar 45 km dari kota Blitar ke arah selatan, tepatnya di Desa Ringenrejo, kec. Wates, kab. Blitar.

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata Madiun.

6. Petilasan Rambut Monte Blitar

Rambut Monte Blitar
Source IG instagram.com/si4official

Di sini kamu bisa menikmati berbagai spot menarik, seperti candi, telaga, petilasan atau tempat untuk bermeditasi dan di latar belakangi dengan pemandangan yang hijau dari sawah dan perkebunan teh warga setempat, yang terhampar di sepanjang perjalanan menuju objek wisata ini.

Bagaimana? Tertaruk mengunjungi tempat wisata ini? Jika kamu tertarik, silahkan kunjungi Desa Krisik, kec. Gandusar. Objek wisata ini berjarak kurang lebih 30 km dari Kota Blitar. Untuk masuk tempat wisata ini, kamu hanya perlu membayar Rp. 3.000 untuk orang dewasa dan Rp. 2.000 untuk anak-anak.

Karena lokasi parkir berada di dalam area, maka akan dikenakan biaya sekitar Rp. 1.000 – Rp. 3.000 untuk kendaraan motor dan mobil.

Baca Selengkapnya di Pesona Telaga Rambut Monte.

Lokasi: Tirtomoyo, Krisik, Gandusari, Blitar, Jawa Timur 66187

7. Desa Wisata Semen Blitar

Desa Wisata Semen Blitar

Objek wisata ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berlibur di objek wisata alam yang eksologis, objek wisata ini tepatnya di Desa Semen. Tempat wisata ini berjarak sekitar 5 km arah selatan dari wisata Rambut Monte, atau berjarak 35 km dari pusat kota Blitar.

Saat kamu memasuki desa wisata ini, kamu akan disambut dengan gazebo yang dipenuhi dengan berbagai hiasan bunga anggrek yang menjadi ikon Desa Semen.

Penggiat kampung Wisata alam dan Eksologis Puspa Jagad ini adalah pemuda desa yang tergabung dalam paguyuban Puspa Jagad. Desa Semen memiliki luas kurang lebih 1.079,12 Ha, terbagi menjadi empat dusun, yaitu Dusun Tegalrejo, Dusun Semen, DUsun Parang, dan Dusun Dewi.

8. Pantai Serang

Pantai Serang Blitar

Ada satu lagi pantai yang ada di Blitar, yaitu pantai Serang. Pantai Serang ini menghadap langsung ke samudera Hindia, dengan pasir putih dan halus membuat pantai ini sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

Lokasi pantai ini berada di Desa Serang, kec. Panggungrejo, yang berjarak kurang lebih 45 km ke arah barat daya Kota Blitar. Ombak di pantai ini tidak terlalu tinggi, selain itu pantai ini juga memiliki bibir pantai yang panjang.

Lokasi: Jl. Raya Pantai, Serang 1, Serang, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur 66174

9. Goa Alam Embultuk

Goa Alam Embultuk

Jika kamu ingin merasakan sensasi berwisata yang menantang, Goa Embultuk sangat cocok untuk kunjungi. Goa Embultuk berada di desa Tumpakkepuh, kec. Bakung, Blitar, goa ini adalah satu-satunya gua Blitar yang memiliki stalagmit yang sangat unik.

Objek wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan, apalagi saat liburan akhir sekolah. Jalan menuju gua ini sudah direnovasi, sehingga kendaraan roda empat bisa masuk.

Lokasi: Krajan, Tumpakkepuh, Bakung, Blitar, Jawa Timur 66163

10. Pantai Peh Pulo

Pantai PehPulo
Source IG instagram.com/ahmed25_al.ali

Satu lagi pantai yang menarik untuk kamu kunjungi, yaitu Pantai peh Pulo Blitar. Pantai ini terletak di daerah Panggung Rejo, jadi pantai ini cukup jauh dari pusat kota Blitar, kamu memerlukan waktu sekitar 90 menit.

Untuk mencapai tempat wisata ini cukup susah, selain harus melalui kawasan perbukitan dan hutan yang ada di kec. Panggungrejo, ruas jalanan menuju objek wisata ini juga licin.

Baca Selengkapnya di Pantai Peh Pulo Blitar.

Lokasi: Peh Pulo, Sumbersih, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur 66174

11. Candi Penataran Blitar

Source IG instagram.com/handypaang

Konon katanya Candi Penataran adalah tempat dimana Patih Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa sebagai janji untuk menyatukan wilayah Nusantara di bawah panji Majapahit. Candi ini berlokasi di desa Penataran, kec. Nglegok, Blitar. Karena terletak di kaki Gunung Kelud menjadikan area Candi Penataran memiliki hawa sejuk.

Candi ini ditemukan pada tahun 1815, komplek candi ini ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles (Gubernur Jendral Masa Kolonial Inggris).

Candi ini dibangun pada tahun 1194 oleh Raja Crnga (Syrenggra), Raja Crnga memerintah kerajaan Kediri antara pada tahun 1190 – 1200. Dulunya candi ini digunakan sebagai tempat upacara pemujaan supaya bisa menghindari mara bahaya yang disebabkan Gunung Kelud.

Lokasi: Penataran, Nglegok, Blitar, Jawa Timur 66181

12. Penangkaran Rusa Maliran Blitar

Penangkaran Rusa Maliran Blitar
Source IG Instagra.com/bagusasmara

Jika kamu ingin bermain dengan Rusa, tempat wisata ini sangat cocok untuk kamu kunjungi. Di sini kamu bisa bermain dengan rusa dan memberi makan ke Rusa secara langsung. Penangkaran Rusa Maliran ini terletak di kecamatan Ponggok, kab. Blitar, Maliran ini terkenal dengan hutan buatan dengan tanaman homogen.

Untuk masuk ke tempat wisata ini kamu harus membayar uang sekitar Rp. 2.000/orang, namun kemungkinan harga tersebut sudah berubah. Di sini wisatawan diperbolehkan masuk ke kandang, namun wisatawan dilarang membuat kekacauan sekumpulan rusa.

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata Bondowoso.

Lokasi: Jatianom, Jatilengger, Kec. Ponggok, Blitar, Jawa Timur 66153

13. Gunung Butak

Gunung Butak
Source IG instagram.com/wafa1897

Bagi kamu yang hobi mendaki, Gunung Butak perlu masuk ke dalam daftar Gunung yang harus kamu daki. Gunung ini menjadi salah satu objek wisata yang digemari anak-anak muda. Di sini terdapat jalur pendakian yang menjadi favorit, yaitu dari Sirah Kencong.

Sirah Kencong adalah perkebunan teh yang terletak di Desa Ngadirenggo, pemandangan perkebunan teh yang hijau menjadi daya tarik tersendiri dan bisa menyegarkan mata para pendaki.

Lokasi: Ngadirenggo/Htn, Kec. Wlingi, Blitar, Jawa Timur

14. Air Terjun Coban Wilis

Air Terjun Coban Wilis
Source ulinulin.com

Jika kamu ingin menikmati kesegaran alam, salah satu air terjun di Blitar ini sangat cocok untuk kamu kunjungi. Air Terjun Coban Wilis berlokasi di kawasan Gunung Kelud, tepatnya di Kampung Wisata Ekologis Semen Gandusari, Desa Semen, kec. Gandusari.

Untuk mencapai objek wisata ini bisa dibilang tidak mudah, kamu harus berjalan kaki naik dan menuruni bukit, perjalanan tersebut bisa kamu tempuh selama 2 jam. Selama melakukan perjalanan ke sini kamu akan menemukan dua air terjun yang lain.

Lokasi: Slumbung, Gandusari, Blitar, Jawa Timur 66187

15. Pantai Umbul Waru

Pantai Umbul Waru

Objek wisata yang selanjutnya adalah Pantai Umbul Waru, Pantai ini bisa dibilang sangat unik karena terdapat air terjun di tebing, Hal tersebut membuat keindahan Pantai Umbul Waru. Destinasi tempat wisata ini terletak di Desa Sidomulyo, kec. Bakung, Blitar.

Baca Selengkapnya di Umbul Waru Blitar.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi tempat wissata ini? Berikut ini adalah alamat lengkapnya.

Lokasi: Kalibawang, Sidomulyo, Bakung, Blitar, Jawa Timur 66163

16. Gunung Kelud

Gunung Kelud
Source Ig instagram.com/malambercumbupagi

Gunung Kelud Blitar memiliki pesona yang sangat indah setelah meletus enam tahun silam, saat ini fasilitas di Gunung ini semakin membaik, sehingga menyedot perhatian wisatawan. Gunung Kelud terletak di perbatasan antara Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Kediri, namun pengelolaan Gunung Kelud diatur oleh Pemerintah Kabupaten Kediri.

Di tengah gunung ini terdapat danau kawah yang jika terjadi letusan akan menyemburkan lahar yang banyak, bisa dibilang jika gunung ini adalah Gunung yang sering meletus. Dari tahun 1.000 masehi, Gunung Kelud sudat meletus hingga 30 kali.

Meskipun seperti itu, Gunung Kelud memiliki pemandangan alam yang sangat luar biasa, selain itu udara di gunung ini sangat sejuk, sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin berwisata alam.

Lokasi: Ringinrejo, Karangrejo, Kec. Garum, Blitar, Jawa Timur

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata Bangkalan.

17. Curug dan Kedung Badrun

Curug dan Kedung Badrun

Destinasi wisata di Blitar yang selanjutnya adalah Curug dan Kedung Badrun, objek wisata ini berada di perbatasan antara Desa Tumpakoyot, kec. Bakung, Blitar. Memang objek wisata ini belum terlalu terekspose, padahal objek wisata ini sangat indah, di sini kamu juga bisa mandi sepuasnya.

Curug ini terdiri dari Curug bertingkat dan di bawahnya terdapat kedung yang bisa digunakan untuk mandi atau hanya sekedar bermain air. Dengan ketinggian sekitar 8 m dan lebar kedung sekitar 10 m lebih, dengan lebar kedung seperti itu cukup buat renang ramai-ramai.

Lokasi: Desa Tumpakoyot, kec. Bakung, Blitar

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata Kediri.

Nah, itulah beberapa rekomendasi destinasi tempat wisata di Blitar, bagaimana? Tertarik mengunjungi tempat wisata di Blitar? Jika kamu memiliki rekomendasi objek wisata di Kabupaten Blitar yang lain, silahkan tulis di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *