Kumpulan Tempat Wisata di Boyolali
Jawa Tengah, Tempat Wisata

Daftar Tempat Wisata di Boyolali

Tempat Wisata di Boyolali – Boyolali dikenal dengan sebutan kota susu, hal ini dikarenakan produksi susu di Boyolali adalah yang terbesar di Jawa Tengah. Selain terkenal karena susunya, Boyolali juga terkenal dengan kualitas dari sayurannya yang sangat baik

Seperti daerah – daerah lain, Boyolali juga memiliki tempat wisata, tempat wisata di boyolali sangatlah bervariasi mulai dari wisata edukasi, wisata alam, wisata kuliner dan lain sebagainya. Nah, berbicara tentang tempat wisata, pada artikel kali ini kita akan membahas berbagai tempat wisata di Boyolali paling hits dan populer.

20+ Tempat Wisata di Boyolali Paling Hits dan Populer

Berikut merupakan beberapa tempat wisata di Boyolali paling hits dan populer yang telah kami rangkum, antara lain.

1. Air Terjun Kedung Kayang Boyolali

Tempat Wisata Air Terjun Kedung Kayang Boyolali
Sumber : tribunnews.com

Obyek wisata yang pertama adalah Air Terjun Kedung Kayang. Air terjun ini merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal di Boyolali. Pengunjung disuguhkan indahnya sungai dan air yang jatuh dari atas ketinggian. Fasilitasnya yang tersedia cukup lengkap.

Air Terjun Kedung kayang berlokasi diantara kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang dan kecamatan Selo, kabupaten Boyolali. Tiket Masuk ke tempat wisata ini yaitu sebesar Rp. 2.500. Pengunjung juga diperbolehkan menginap di homestay di sekitar area.

Lokasi : antara kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang dan kecamatan Selo, kabupaten Boyolali

2. Alun – Alun Boyolali

Tempat Wisata Alun Alun Boyolali
Sumber : trevelingyuk.com

Seperti halnya dengan kabupaten lain dimana alun – alun dijadikan tempat nongkrong, di Boyolali juga demikian. Pengunjung dapat nongkrong sambil menikmati makanan yang diperjualbelikan di sekitar alun – alun. Terdapat juga wahana Permainan anak – anak sehingga cocok dijadikan destinasi wisata untuk keluarga.

Uniknya di sekitar alun – alun, pengunjung dapat menjumpai lima tempat ibadah yang berdampingan, hal ini membuktikan kerukunan dan toleransi beragama di kabupaten Boyolali. Lokasi dari alun – alun ini yaitu di pusat kabupaten Boyolali.

Lokasi : Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

3. Agrowisata Sapi Perah Cepogo Boyolali

Agrowisat Sapi Perah Cepogo Boyolali
Sumber : destinasiku.com

Boyolali juga menyediakan obyek wisata edukasi. Dikarenakan terkenal akan susunya, Boyolali memanfaatkan beberapa peternakan sapi perah untuk dijadikan obyek wisata, salah satunya di daerah Cepogo.

Kawasan ini dipilih karena darah Cepogo merupakan penghasil susu terbesar di kabupaten Boyolali. Pengunjung dapat melihat proses pemerasan susu, mulai dari tahap awal sampai siap untuk diminum.

Lokasi : Dusun II, Paras, Cepogo, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

4. Candi Sari Boyolali

Tempat Wisata Candi Sari Boyolali
Sumber : solo-news.com

Candi Sari pertama kali ditemukan sekitar tahun 1967. Bukit di mana letak candi ini berada dimanfaatkan masyarakat sekitar sebagai sumber mata air untuk kehidupan sehari – hari. Candi ini dikeramtkan oleh penduduk sekitar dikarenakan warga sekitar masih mempercayai kepercayaan dan tahayul.

Lokasi : Desa Gedangan, kecamatan Ampel, kabupaten Boyolali.

5. Wisata Alam Sutra Boyolali

Tempat Wisata Alam Sutra Boyolali
Sumber : javatravel.net

Jika kamu merasa penat dengan kesibukan sehari – hari maka tempat ini cocok untuk kamu. Pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan dengan berfoto ria di beberapa spot foto yang telah disediakan pengelola

Berlokasi di desa Samiran, kecamatan Selo, Boyolali, dengan harga tiket sebesar Rp. 5.000 sangatlah recommended untuk kamu yang berlibur ke Boyolali. Untuk jam oprasionalnya yaitu mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB.

Lokasi : Desa Samiran, kecamatan Selo, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

6. Brown Canyon Boyolali

Tempat Wisata Brown Canyon Boyolali
Sumber : pesona.travel

Dulunya tempat wisata ini merupakan pertambangan batuan kategori C, namun seiring berjalannya waktu tempat ini berubah menjadi tempat wisata. Karena bentuknya mirip dengan Grend Canyon di Amerika maka tempat ini dinamakan Brown Canyon.

Bentuk batu yang unik ditambah dengan pemandangan yang eksotik menjadikan tempat ini sangat cocok bagi para pecinta fotografi. Lokasi dair Brown Canyon tidak jauh dari Kampung Air, Kragilan, Kecamatan Mojosongo.

Lokasi : Daerah  Kragilan, Mojosongo, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

7. Taman Air Tlatar Boyolali

Tempat Wisata Taman Air Tlater Boyolali
Sumber : ramahtraveler.com

Obyek wisata ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata keluarga, terutama untuk anak – anak. Dikarenakan di Taman Air Tlatar ini terdapat banyak wahana permainan untuk anak. Seperti namanya kebanyakan wahana di sini adalah wahana air. Sebut saja seperti kolam renang, kolam pemancingan,kolam keceh, becak air, terapi ikan dan masih banyak lagi.

Lokasi : Kebonbimo, kecamatan Boyolali, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

8. Waduk Bade Boyolali

Tempat Wisata Waduk Bade Boyolali
Sumber : foap.com

Waduk Bade merupakan tempat nongkrong yang sedang populer di kabupaten Boyolali. Waduk Bade biasanya ramai ketika sore hari, dikarenakan pengunjung akan di suguhkan indahnya sunset yang memanjakan mata. Selain dapat melihat indahnya sunset, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas yang ada di sekitar area Waduk Bade.

Misalnya kolam pemancingan, rumah makan, wahana air, dan masih banyak lagi. Dari waduk Bade kamu juga dapat melihat gunung Merbabu dan gunung Merapi dari gejauhan.

Lokasi : Desa Bade, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

9. Candi Lawang Boyolali

Tempat Wisata Candi Lawang Boyolali
Sumber : medium.com

Biasanya candi memiliki arca ataupun relief tetapi tidak dengan candi Lawang. Disekeliling area tidak ditemukan satupun arca, hanya terdapat batu berornamen dan bebatuan yang belum di bentuk. Candi Lawang diprediksi dibuat pada abad ke-9 M.

Candi peninggalan Hindu ini berlokasi di Kecamatan Cepogo, Boyolali, jika kamu naik sepeda motor dari arah jogja maka membutuhkan waktu sekurang – kurangnya 1 setengah jam, dengan rute tercepat yaitu Jogja-Klaten-Boyolali.

Lokasi : Dusun I, Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

10. Makam Ki Ageng Singoprono Boyolali

Tempat Wisata Ki Ageng Singoprono Boyolali
Sumber : wisatasia.com

Makam salah satu ulama ini selalu ramai didatangi peziarah, baik dari dalam maupun luar kota. Lokasinya sekitar 12km dari pusat kota Boyolali, para peziarah biasanya selalu mendoakan atau mengambil pelajaran dari beliau semasa hidupnya, jadi tempat ini bukan untuk meminta – minta.

Selain berziarah, pengunjung biasanya tidak langsung pergi melainkan menikmati panorama alam ditambah dengan udara segar yang akan membuat para para pengunjung betah berlama lama.

Lokasi : Jembungan, kecamatan Banyudono, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

11. Makam Ki Ageng Kebo Kenanga Boyolali

Tempat Wisata Makam Ki Ageng Kebo Kenanga Boyolali
Sumber : givem18.blogspot.com

Ki Ageng Kebo Kengan merupakan keturunan raja kerajaan Majapahit. Peziarah biasanya mengambil nilai positif dari beliau semasa hidupnya dan tentunya mendoakan beliau.

Ki Ageng Kenanga merupakan raja yang sangat sederhana, berbeda dengan raja – raja lain yang hidupnya mewah, Ki Ageng Kenanga malah memilih sebagai petani demi membaur dengan rakyatnya.

Lokasi : Jembungan, kecamatan Banyudono, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

12. Kampung Air Kragilan Boyolali

Tempat Wisata Kampung Air Kragilon
Sumber : ranggawisata.com

Desa Wisata yang satu ini wajib kamu kunjungi, dimana desa Kragilan menawarkan panorama alam yang masih asri, ditambah dengan suara kemericik air yang akan membuatmu merasa rileks dan damai. Terdapat juga fasilitas untuk bersantai bersama keluarga, teman, atau pasangan kamu.

Contohnya ada beberapa saung bambu, waterboom dan masih banyak lagi. Tiket masuk ke desa wisata ini cukup murah yakni hanya Rp. 5.000 saja dengan jam operasionalnya mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB

Lokasi : Dukuh Watugenuk, desa Kragilan, kecamataan Mojosongo, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

13. Waduk Ombo Boyolali

Tempat Wisata Waduk Ombo Boyolali
Sumber : besoklusa.com

Waduk Ombo berlokasi di tiga kabupaten sekaligus yaitu kabupaten Sragen, kabupaten Grobogan, dan kabupaten Boyolali. Fasilitas di waduk yang memiliki fungsi untuk mengairi persawahan ini cukup lengkap.

Misalnya bumi perkemahan, tempat pemancingan, rumah makan apung, hutan wisata dan masih banyak lagi. Jaraknya sendiri dari pusat kota kurang lebih 50 km ke arah utara.

Lokasi : Desa Wonoharjo, kecamatan Kemusu, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

14. Air Terjun Semuncar Boyolali

Tempat Wisata Air Terjun Semuncar Boyolali
Sumber : jelajahnusae.com

Selain menjadi tempat wisata, air dari air terjun ini dimanfaatkan warga sekitar untuk kebutuhan sehari hari. Berlokasi di lereng gunung Merbabu menjadikan tempat ini masih sangat terjaga dan alami.

Untuk biaya masuknya, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000. Sebagai tambahan jarak antara pos awal atau pemberangkatan dengan air terjun semuncar kurang lebih sekitar 3 km, jadi memang membutuhkan perjuangan yang sulit untuk melihat keindahan air terjun Semuncar

Lokasi : Desa Candisar, kecamatan Ampel, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

15. Air Terjun Jumbleng Boyolali

Tempat Wisata Air Terjun Jumbleng Wonosobo
Sumber : ngadem.con

Air terjun Jumbleng bukan cuma menawarkan kejernihan airnya saja, melainkan dengan panorama alam dan hutan yang belum banyak disentuh tangan manusia. Warga sekitar biasanya menjadikan tempat ini sebagai spot untuk memancing.

Fasilitas di air terjun yang memiliki kedalaman sekitar 15 meter dengan ketinggian 2 meter sudah dilengkapi dengan tempat ganti yang terbuat dari anyaman bambu. Sedangkan harga masuk ke tempat wisata ini cukup murah yakni hanya Rp. 2.000 saja..

Lokasi : Jl. Kemuning, Banaran, kecamatan Boyolali, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

16. Bukit Gancik Boyolali

Tempat Wisata Bukit Gancik Boyolali
sumber : tempatwisata.com

Sebagain besar wilayah di Boyolali merupakan daerah pegunungan, jadi terdapat banyak tempat wisata yang menawarkan keindahan alam dari atas ketinggian, salah satunya adalah bukit Gancik. Selain dapat melihat kota Boyolali dari atas ketinggian, tempat ini juga memiliki spot foto yang sangat instagramable.

Dengan latar belakang indahnya pedesaan dari atas ketinggian ditambah dengan panorama pegunungan pasti akan membuat hasil foto kamu semakin “wow”. Untuk harga tiketnya cukuplah terjangkau, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5.000 saja.

Baca Juga Selangkapnya di Bukit Gancik Selo Boyolali.

Lokasi : Desa Selo, kecamatan Selo, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

17. Waduk Cengklik Boyolali

Tempat Wisata Waduk Cengklik Boyolali
Sumber : catatannobi.com

Satu lagi waduk yang wajib kamu kunjungi jika berlibur ke Boyolali. Waduk yang memiliki luas sebesar 300 ha ini dibangun dengan tujuan untuk mengairi sawah. Sama seperti waduk Bade kamu juga dapat menikmati indahnya sunset di sore hari.

Indahnya waduk cengklik ditambah dengan warna orange di langit di sore hari menjadikan tempat ini sangat cocok bagi pecinta fotografi. Biaya masuk ke waduk ini sebesar Rp. 3.000

Lokasi : Desa Ngargorejo, kecamatan Ngemplak, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

18. Kampung Lele Boyolali

Tempat Wisata Kampung Lele Boyolali
Sumber : anekawisatseru.net

Seperti namanya sebagain besar penduduk desa adalah pembudidaya lele. Disini pengunjung dapat melihat cara budidaya Lele dan juga membeli lele yang masih utuh maupun yang sudah siap dimakan.

Lele yang dibudidayakan dimanfaatkan warga untuk dijadikan bermacam – macam makanan salah satunya adalah abon lele. Kampung Lele buka mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Lokasi : Jl. Kp. Lele, Mangkubumen, Tegalrejo, Sawit, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

19. Masjid Mulyo Pengging Boyolali

Tempat Wisata Masjid Mulyo Penging
Sumber : mlampahku.wordpress.com

Satu lagi tempat wisata religi yang patut kamu kunjungi. Bentuk bangunan masjid ini sangat kuno dengan nuansa Jawa yang sangat kental. Pilar – pilar masjid Mulyo masih terbuat dari kayu jati.

Masjid yang memiliki halaman yang luas ini dulunya sebagai tempat ibadah raja – raja Surakarta, namun saat ini siapa saja boleh beribadah maupun sekedar istirahat disini.

Lokasi : Ngaliyan, Banyudono, Bendan, Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

20. Museum R. Hamong Wardoyo Boyolali

Tempat Wisata Museum R. Hamong Wardoyo Boyolali
Sumber : idntimes.com

Terdapat bebrapa benda bersejarah didalam museum yang berdiri pada tahun 2015 ini, misalnya arca, lukisan atau foto, miniatur dan lain sebagainya. Museum serba putih ini terdiri dari tiga lantai, namun pengunjung hanya diperbolehkan mengeksplor lantai satu dan dua saja.Museum ini cocok dijadikan destinasi wisata keluarga, atau untuk

Lokasi : Jl. Pandanaran No.19, Tegalmulyo, Siswodipuran, kecamatan Boyolali, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

21. New Selo Boyolali

Tempat Wisata New Selo Boyolali
Sumber : homestaymerapi.com

Amukan Merapi pada 2010 memporak porandakan berbagai tempat salah satunya adalah desa Selo, namun setelah kragedi tersebut para penduduk desa berbenah diri dengan di bantu para relawan dan mengubah desa Selo menjadi New Selo.

Icon dari New Selo adalah Oemah Bamboo dimana pengunjung akan disuguhkan indahnya panorama alam yang dan jika beruntung pengunjung dapat melihat tujuh gunung berbeda. Mulai dari Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Lawu, Telomoyo, serta gunung tertinggi di Jawa yaitu Gunung Slamet.

Lokasi : Dusun III, Samiran, Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

22. Pemandian Tirto Marto Pengging Boyolali

Tempat Wisata Pemandian Tirto Marto Pengging Boyolali
Sumber : wisata-tanahair.com

Tempat wisata terakhir yang akan kami bahas pada artikel kali ini yaitu Pemandian Tirto Marto Pengging. Ketika Weekend atau liburan, pemandian ini selalu ramai, terutama saat memasuki bulan puasa, dimana masyarakat sekitar memiliki budaya pedusan.

Pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 3.000 namun jika kamu ingin berenang maka dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 10.000 per orang.

Lokasi : Dukuh Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

Itulah sedikit informasi yang dapat kami bagi tentang beberapa tempat wisata yang ada di kabupaten Boyolali, Semoga liburan kamu menyenangkan dengan berlibur ke tempat wisata yang kamu inginkan, sekian terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *