Jawa Timur, Tempat Wisata

Rekomendasi Tempat Wisata Banyuwangi

Banyuwangi adalah salah satu kabupaten yang dikenal sebagai daerah penjuru di Jawa Timur dan berseberangan langsung dengan pulau Bali, tak asing pula jika Banyuwangi ramai dikunjungi para wisatawan yang hendak berwisata ke Pulau Dewara via darat dan laut.

Tidak lain halnya dengan Bali, Banyuwangi juga menyuguhkan beragam varian tempat wisata buatan maupun wisata alam yang sayang jika dilewatkan saat mengunjungi kabupaten yang mendapat julukan sebagai The Sunrise of Java ini.

Kumpulan Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuwangi

Banyaknya tempat wisata bernuansa alam yang terdapat di  Kabupaten Banyuwangi ini dikarenakan kondisi alam Jawa Timur yang sebagian besar masih asri dan alami. Untuk lebih lengkapnya, mari kita telusuri lebih lanjut apa saja wisata alam Banyuwangi yang harus dikunjungi.

1. Pantai Pulau Merah

Pulau Merah Banyuwangi
source IG @pantaipulaumerah

Daerah yang letaknya dekat laut memang menjadikannya banyak pantai yang terbentang, salah satunya Pantai Pulau Merah yang beralamat di Pesanggaran, Sumber Agung, Banyuwangi. Pantai dengan panorama matahari tenggelam yang menawan ini menjadi sorotan utama para travellers.

Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 saat weekdays dan Rp. 5.000 saat weekend kita sudah dapat menikmati cantiknya langit diatas perairan yang buka 24 jam ini.

Lokasi : Pesanggaran, Sumber Agung, Banyuwangi

2. Bangsring Underwater

Bangsring Underwater Banyuwangi
Source ig @yudhistira1996

Masih seputar dunia air, tidak hanya menyuguhkan pantai, Banyuwangi juga menyuguhkan wisata bawah air yang sangat menawan yaitu Bangsring Underwater. Bagi para pecinta snorkeling, tempat ini merupakan surga dunia dengan segala keunikan ragam hayati yang disajikan oleh alam.

Terletak di Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi, anda tidak perlu merogoh saku untuk masuk ke wisata ini karena gratis, namun restribusi menyebrang akan dikenakan biaya Rp 5.000.

Lokasi : Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi

3. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran Banyuwangi
Source ig @ikhsanyusuf

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan nama Taman Nasional Baluran yang menyajikan pemandangan alam luas terbuka bagai tanah Afrika. Berdekatan dengan wisata Bangsring Underwater, Taman ini juga terletak di Wongsorejo.

Hanya dengan membayar Rp 15.000 untuk domestik sedangkan Rp 150.000 untuk mancanegara. Di sini kamu bisa menikmati wisata yang menyajikan padang savana, Teluk serta Candi, Hutan Hijau dan Gua Jepang. Jam Buka Taman Nasional Baluran ialah Senin – Jumat pukul 07.30 hingga pukul 16.00 WIB.

Lokasi : Wongsorejo, Banyuwangi

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata Lumajang.

4. Kawah Ijen

Kawah Ijen
Source ig @kawahijenindonesia

Wisata dengan keunikan api biru ini sangat diburu masyarakat untuk ber wisata karena tempatnya yang sangat keren. Wisata Kawah Ijen ini seakan mempercantik serta melengkapi keindahan Gunung Ijen yang memiliki tinggi 2443 meter diatas permukaan laut.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi kawah ijen? Jika masih belum tertarik, silahkan baca selengkapnya di kawah Ijen.

5. Air Terjun Coklak

Air Terjun Coklak Banyuwangi
Source ig @pergipedia

Jika bosan dengan pantai atau gunung, wisata alam air terjun merupakan alternative lain yang wajib dikunjungi saat travelling. Saat berkunjung ke Tegalharjo, Glenmore, Banyuwangi belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi Air Terjun Coklak.

Kondisi tebing tinggi dan debet air deras serta warna air yang beragam ini menarik wisatawan untuk berkunjung. Namun, sebelum anda menikmati Air Terjun Coklak ini, anda harus melakukan perjalanan kaki selama beberapa menit sebelum sampai di lokasi.

Lokasi : Tegalharjo, Glenmore, Banyuwangi

Baca Juga: Kumpulan Objek Wisata Malang

6. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung Banyuwangi
Source ig @@fcondromukti

Pantai Plengkung atau biasa disebut G-Land ini merupakan surga bagi para pecinta surfing atau surfer. Tidak hanya dikenal.para surfer lokal, G-Land ini sudah dikenal oleh para surfer dunia karena ombaknya terbaiknya serta jajaran pantai yang memanjang serta pasir putih yang menyelimuti jajaran pantai ini.

7. Puncak Sejati

Puncak Sejati Banyuwangi
Source ig @lexxyanx

Hamparan kaldera terluas kedua setelah kaldera Tambora ini disajikan Gunung Raung di Banyuwangi. Dengan ketinggian 3344 meter di atas permukaam laut anda bisa menikmati indahnya alam di puncak sejati yang merupakan titik tertingi di Pulau Jawa bagian Timur.

8. Air Terjun Banyu Lor

Air Terjun Banyu Lor Banyuwangi
Source ig @galeri.bwi

Terletak di daerah Bayu, Songgon, Banyuwangi anda dapat menemukan wisata air terjun yang sangat memukau untuk dikunjungi. Kondisi tebing yang berbentuk undakan ini menjadi keunikam tersendiri yang dimiliki Air Terjun Banyu Lor. Namun, saat anda berkunjung perlu menyiapkan kewaspadaan yang tinggi karena daerag ini rawan longsor.

Lokasi : Bayu, Songgon, Banyuwangi

9. Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk Banyuwangi
Source ig @setapakkecil

Wisata yang menyajikan hutan hijau dengan sorotan mentari ini merupakan tempat yang wajib anda kunjungi. Tempatnya yang unik serta mudah diakses akan memenuhi memori foto kalian karena tempat ini sangat Instagramable.

Tidak perlu banyak uang untuk dapat berwisata kesini, hanya dengan Rp 2.000 anda dapat menikmati indahnya Jawatan Benculuk. Terletak di daerah Benculuk, Cluring, wisata ini buka dari pagi hingga pukul 18.00 WIB.

Lokasi : Benculuk, Cluring, Banyuwangi

10. Agrowisata Kali Klatak Banyuwangi

Agrowisata Kali Klatak Banyuwangi
Source ig @teguh_aryawangsa

Agrowisata yang menyajikan hamparan perkebunan kopi, karet serta coklat sangat cocok untuk wisata edukasi keluarga saat berkunjung ke Banyuwangi. Daerah dengan ketinggian kurang lebih 450 meter ini membuat tanah di Kali Klatak begitu subur.

11. Pantai Bama

Pantai bama Banyuwangi
Source ig @bwi.story

Tidak hanya menyajikan hamparan pasir serta peraian luas, Pantai Bama juga menyajikan hutan bakau yang sangat memukau hijau. Pantai yang merupakan bagian dari Cagar Alam Baluran ini masih sangat alami sehingga cocok untuk anda membuang rasa penat karena hiruk pikuk perkotaan.

Keunikan lainnya dari Pantai Bama adalah jajaran terumbu karang yang dapat terlihat jelas di pantai meskipun hanya dengan mata telanjang.

12. X-Badeng Adventure

X-Badeng Adventure Banyuwangi
Source ig @rafting_xbadeng

Jika anda mengingkinkan wisata yang tidak biasa dan memacu adrenaline, X-Badeng Adventure ini merupakan solusi saat anda berkunjung ke Banyuwangi.

Tidak terlalu mahal jika anda ingin merasakan asiknya arung jeram di wisata ini, hanya dengan Rp 40.000 untuk melewati 3.5 meter area rafting anda akan sangat dimanjakan dengan pengalaman menakjubkan.

13. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade Banyuwangi
Source ig @virgifdi

Pantai Sukamade atau biasa disebut Pantai habitat penyu ini merupakan salah satu pantai yang terdapat di Pesanggaran, Banyuwangi dan masuk ke dalam kawasan Taman Nasional  Meru Beriri.

Tidak hanya menyajikan alam berupa hamparan pasir dan langit serta birunya air laut, Pantai Sukamade juga menawarkan wisata edukasi berupa Penangkaran penyu serta termpat bertelur penyu – penyu yang berasal dari Samudra Pasifik dan Samudra Hindia yaitu penyu hijau, penyu sisik, penyu slengkrah, dan penyu belimbing.

Pantai Sukamade ini buka selama 24 jam, jadi kapanpun waktunya anda bisa mengunjunginya.

Lokasi : Pesanggaran, Banyuwangi

14. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan Banyuwangi
Source ig @gensavana

Jika kalian berlibur ke Pantai Watudodol, pasti akan melihath suatu pulau hijau di tengah peraian, itulah Pulau Tabuhan. Akses untuk dapat ke pulau ini adalah dengan menyewa perahu seharga Rp.500.000 untuk 10 orang dari Pantai Watudodol, Bunder Bangsring atau Kampe.

Ombak di perairan antara Pulau Tabuhani juga tergolong tenang sehingga bisa snorkeling untuk melihat biota laut nan cantik, tidak terlalu menguras kantong untuk menyewa alatt snorkeling hanya sekitar Rp 30.000 hingga Rp 50.000.

Hal lain yang bisa dilakukan di Pulau Tabuhan ialah mengelilingi pulau, karena luasnya yang hanya sekitar 5-6 ha jadi jika mengelilingi nya pun tidak akan memakan waktu lama. Pemandangan sunset dan sunrise dari Pulau Tabuhan juga sangat menawan ditambah lagi spot foto yang unik serta menarik menambah apik tempat ini.

15. Blue Bay

Blue Bay Banyuwangi

Tidak lain berbeda dengan Pulau Tabuhan dan Pantai Bama, Blue Bay juga bisa dijadikan tempat alternative untuk melakukan snorkeling. Ikan ikan yang terdaftar di peraian teluk ini sangat beragam serta melimpah karena dijaga oleh komunitas setempat yang menjaga ketat ikan dari pengeboman ikan ilegal.

Blue Bay masih masuk di kawasan Alas Purwo yang berada di Kabalenan, Banyuwangi. Akses untuk dapat mengunjungi Blue Bay dibilang masih sulit, karena hanya bisa via laut menggunakan perahu sekitar 2 jam dari Muncar, harga sewa perahu sekitar Rp 300.000 – Rp 500.000.

Jika anda hendak datang ke Blue Bay, disarankan untuk datang pagi atau sore hari, karena saat sore hari ombak sedang besar dan nelayan tidak berani untuk mengantarkannya.

16. Padang Rumput Sadengan

Padang Rumput Sadengan Banyuwangi
Source ig @bwi.story

Berada di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo lebih tepatnya di Semenanjung Blambangan sekitar 2km dari pintu masuk Alas Purwo ini menyajikan suatu padang rumput yang hijau beserta flora fauna di dalamnya seperti di kawasan – kawasan Afrika.

Fauna yang terdapat dalam Savana ini meliputi rusa, babi hutan, elang, merak, kijang, dan masih banyak lagi. Hamparan rumput hijau serta pancaran mentari yang menambah apik ini sangat cocok dikunjungi saat jam pagi sekitar pukul 06.00 – 09.00 dan sore hari sekitar pukul 15.00 – 17.00.

Luas Padang Rumput Sadengan iki berkisar 80ha dan jika hendak mengelilingi seluruh wilayahnya telah disediakan penyewaan jeep milik Perhutani.

17. Rowo Bayu

Rowo Bayu Banyuwangi
Source ig @isunbanyuwangi

Beralamat di desa Kentangan, Bayu, Songgon, Banyuwangi atau bertepatan di lereng kaki Gunung Raung terdapat suatu rawa hijau yang dinamai Rowo Bayu. Rawa ini berada di sekitar hutan rimbun yang menambah suasana asri serta hijau dan berkesan sejuk.

Namun, berhati-hati lah jika hendak mengunjungi Rowo Bayu karena berdekatan dengan petilasan Prabu Tawang Alun sehingga menambah kesan mistis di tempat ini.

Lokasi : Kentangan, Bayu, Songgon, Banyuwangi

18. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi
Source ig @stnvita_

Meskipun banyak hal mistis yang dikenal masyarakat di Alas Purwo namun tempat ini menyajikan banyak sekali tempat yang cocok untuk dikunjungi saat berlibur ke Banyuwangi.

Taman dengan Luas sekitar 435 ha serta sebagian besarnya adalah savana ini sangat cocok untuk koleksi spot foto karena pemandangan hamparan hijau luas yang menyejukkan mata.

19. Pantai Cacalan

source IG @galeri.bwi

Meskipun namanya cukup asing bagi wisatawan luas, namun sebenarnya Pantai Cacalan sudah dikenal oleh banyak masyarakat Banyuwangi. Pantai ini memang masih jarang kedatangan pengunjung karena pengelolaan oleh warga setempat yang bisa dibilang belum maksimal. Akan tetapi keindahan yang disuguhkan pastinya tidak jauh berbeda dengan pantai lain yang sudah terkenal di Banyuwangi. Banyak keunikan alami yang dimiliki oleh Pantai Cacalan sehingga menambah pesona jika mengunjunginya.

Berlokasi di wilayah daerah Sukowidi, Desa Klatak, Kecamatan Kalipuro yang berdekatan dengan Pelabuhan Ketapang menjadikan Pantai Cacalan ini sangat dekat dengan Pulau Bali. Pantai Cacalan ini memangku erat Selat Bali sehingga menjadi panorama utama yang akan didapatkan saat mengunjunginya. Hal lain yang bisa dilakukan ialah memancing, berburu biota laut, atau hanya sekedar berenang dan bermain air.

Hamparan pasir memanjang juga dapat dinikmati dengan menyewa kuda untuk berkeliling pantai sore yang menyajikan indahnya sunset. Tidak hanya menikmati area perpasiran, area perairan juga dapat dijamah dengan penyewaan perahu seharga Rp10.000 hingga Rp20.000 per orang. Murahnya harga penyewaan kapal juga bersanding dengan murahnya biaya subsidi parkir seharga Rp2.000 serta tanpa biaya tiket masuk.

Lokasi : Sukowidi, Desa Klatak, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi

20. Goa Batu Kaca

Wisata alam dengan segala cerita mistisnya memang sudah menjadi ciri khas dari wisata goa. Banyuwangi juga mempunyai wisata goa yang indah namun belum banyak diketahui orang, bernama Goa Batu Kaca. Nuansa alami serta hijaunya pepohonan di sekitar menambah asri area goa ini.

Terletak di lereng Gunung Ijen atau di Dusun Jambu, Tamansari, Licin, Banyuwangi ini buka setiap hari mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Luasnya pintu goa dan akses menuju goa yang dipenuhi pepohonan ini cocok untuk ber swafoto dan cocok untuk wisata keluarga.

Lokasi : Dusun Jambu, Tamansari, Licin, Banyuwangi

FAQ

Tempat Wisata Banyuwangi Mana yang Paling Recomended?

Semua tempat wisata di Banyuwangi bagus-bagus, tinggal pilih mana yang sesuai dengan selera kamu.

Apa Saja Tempat Wisata Tambahan di Banyuwangi?

Alun – Alun, Marina Boom Beach, Taman Blambangan, Taman Sritanjung, dan masih banyak lainnya.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Banyuwangi, Bagaimana? Tertarik berwisata di Kabupaten Banyuwangi?. Jika kamu memiliki rekomendasi tempat wisata Banyuwangi yang lain, silahkan tulis di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *