Jawa Tengah, Tempat Wisata

Daftar Tempat Wisata di Banjarnegara

Banjarnegara merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Tengah. Lebih dari 65% wilayah di Banjarnegara merupakan daerah dataran tinggi, secara keseluruhan luas dari kabupaten yang terkenal akan Es Dawet Ayu ini yakni sekitar 1.024 km persegi.

Kabupaten yang terdiri dari 20 kecamatan ini memiliki destinasi wisata yang sangat menarik. Obyek wisata di Banjarnegara sangat bervariasi, mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata edukasi dan lain sebagainya. Dari sekian banyak destinasi wisata yang ada di Banjarnegara, yang paling terkenal adalah di daerah dataran tinggi Dieng.

15+ Tempat Wisata di Banjarnegara yang Wajib Kalian Kunjungi

Nah, bicara tentang tempat wisata berikut merupakan beberapa tempat wisata di Banjarnegara.

1. Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara

Tempat Wisata Kawah Sikidang Banjarnegara

Obyek wisata yang pertama adalah Kawah Sikidang. Kawah Sikidang merupakan salah satu tempat wisata yang populer dan jarang sepi dari pengunjung. Akses jalan ke tempat ini pun cukuplah mudah, namun jika kamu bingung kamu dapat bertanya kepada warga sekitar.

Setelah sampai di lokasi, pengunjung akan disuguhkan indahnya panorama alam yang masih sangat terjaga dengan udara yang sejuk khas daerah pegunungan. Pengunjung juga dapat melihat secara langsung aktivitas kawah.

Lokasi : Desa Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah

2. Sumur Jalatunda Dieng Banjarnegara

Tempat Wisata Sumur Jalatunda Banjarnegara

Sumur Jalatunda bukanlah sumur pada umumnya, melainkan sebuah lubang atau retakan hasil dari letusan kawah vulkanis yang telah terisi air. Ukuran Sumur Jalatunda cukup lebar yakni berdiameter kurang lebih sekitar 90 meter dengan kedalaman lebih dari 150 meter.

Karena sumur ini berada di atas ketinggian, maka pengunjung harus menaiki lebih dari 200 anak tangga. Sebagai tambahan informasi sumur ini terletak di Desa Wisata Pekasiran, kecamatan Batur, kabupaten Banjarnegara.

Lokasi : Desa Wisata Pekasiran, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah

3. Curug Sikopel Banjarnegara

Tempat Wisata Curug Sikopel Banjarnegara

Curug Sikopel menawarkan indahnya panorama alam yang masih asri. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 70 meter ini juga memiliki kolam atau kedung dibawahnya, kedalam dari kolam tersebut yakni sekitar 10 meter, jadi kamu dapat berenang atau sekedar bermain air.

Terdapat sebuah mitos di curug yang satu ini, yaitu barang siapa yang mandi di curug ini maka ia akan awet muda. Tentunya mitos tersebut menjadi daya tarik tersendiri dari.

Lokasi : Desa Babadan, Kec. Pagetan, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah

4. Curug Mrawu Banjarnegara

Tempat Wisata Curug Mrawu Banjarnegara

Dikarenakan berposisi di tengah hutan, maka pengunjung harus berjalan kaki menyusuri hutan dan pastikan kondisi kamu fit 100%. Namun saat berada di perjalanan kamu tidak akan merasa lelah, karena kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang masih sangat asri dan jauh dari polusi.

Setelah sampai di tujuan pengunjung akan melihat indahnya air terjun yang memiliki ketinggian 50 meter ini. Selain air terjun pengunjung juga dapat melihat mata air Giritirta, dan semua itu pasti akan membuatmu takjub akan ciptaan tuhan yang satu ini.

Lokasi : Desa Giritirta, Kec. Pejawaran, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah

5. Anglir Mendung Banjarnegara

Tempat Wisata Anglir Mendung Banjarnegara

Pengunjung akan ditarwarkan indahnya hutan yang hijau dengan sejuknya udara pegunungan, bagaimana tidak tempat ini dikelilingi oleh hutan lindung yang tentunya masuh asri. Terdapat juga beberapa fasilitas yang dapat kamu manfaatkan, misalnya kolam renang dan taman bermain.

Bagi kamu pecinta camping maka tempat ini sangatlah cocok untuk kamu. pengunjung diperbolehkan berkemah di tempat ini, kapasitas tenda yang dapat di bangun mungkin sekitar 200 tenda.

Lokasi : Desa Petir, Kec. Purwonegoro, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah

6. Kawah Sileri Banjarnegara

Tempat Wisata Kawah Sileri Banjarnegara

Kenapa kawah ini dinamakan Kawah SIleri? Hal tersebut karena airnya menyerupai air bekas cucian beras atau leri. Tempat wisata ini menawarkan indahnya panorama alam khas pegunungan dengan hamparan sawah yang akan menambah keeksotisan. Pengunjung juga diperbolehkan mendekat ke kawah.

Meski kawah ini indah dan menarik perhatian banyak pengunjung, namun perlu di ingat bahwa kawah ini dapat meletus kapan saja. Terhitung dari tahun 1943, kawah yang memiliki luas sekitar 4 ha sudah meletus sebanyak empat kali dan menelan ratusan korban jiwa.

Lokasi : Desa Kepakisan, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah

7. Candi Gatotkaca Dieng Banjarnegara

Tempat Wisata Candi Gatotkaca Banjarnegara

Selain memiliki wisata alam yang menakjubkan, Banjarnegara juga memiliki wisata sejarah berupa candi. Masih terletak di dataran tinggi Dieng, candi Gatotkaca merupakan candi hindu yang diperkirakan dibangun pada abad ke-8 M.

Sebenarnya di komplek candi ini terdapat lima buah candi, yakni candi Gatotkaca, candi Nakula, candi Sadewa, candi Petruk, candi Gareng. Akan tetapi hanya ditemukan sisa – sisa dari candi candi tersebut.

Bagian atas candi Gatotkaca sudah tidak ada, candi Nakula dan Sadewa hanya tinggal batu yang ditumpuk seadanya, sedangkan candi Petruk dan Gareng sudah tidak dapat ditemukan lagi. Untuk arca dan patung telah dipindah oleh pihak pengelola ke Museum Kaliasa dengan alasan keamanan.

Lokasi :  Dieng, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

8. Museum Kailasa Dieng Banjarnegara

Tempat Wisata Museum Kailasa Banjarnegara

Museum Kailasa berlokasi di Dieng kulon, kecamatan Batur. Didalam museum yang dibangun pada tahun 2008 ini yaitu seperti aretfak, arkeologis, arca, informasi mengenai flora dan fauna, dan masih banyak lagi.

Museum ini wajib kamu kunjungi setelah berwisata alam di daerah Dieng. Sebagai tambahan informasi kailasa berarti merupakan nama tempat tinggal dari Dewa Syiwa.

Lokasi : Dieng kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara.

9. Waduk Mrica Banjarnegara

Tempat Wisata Waduk Mrica Banjarnegara

Waduk Mrica atau Bendungan Panglima Besar Jendral Soedirman merupakan bendungan yang membendung aliran sungai Serayu dan memiliki fungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air yang melayani area pulau Jawa dan Bali.

Disekitar waduk terdapat area pepohonan yang rindang sehingga suasananya menjadi sejuk dan adem. Namun sayang, waduk yang memiliki panorama yang indah ini dapat dikatakan sepi dari pengunjung.

Lokasi : Desa Karangjambe, Kec. Wanadadi, Kab. Banjarnegara.

10. Tampomas Banjarnegara

Tempat Wisata Tampomas Banjarnegara

Tampomas memilki hubungan yang erat dengan Bendungan Panglima Besar Jendral Soedirman(Mrica). Dikarenakan dulunya Tampomas merupakan sebuah gunung lalu saat dibangunnya waduk Mrica maka Gunung Tampomas dihancurkan dan bebatuannya digunakan untuk membendung kali Serayu.

Untuk kamu yang mencari spot foto yang unik dan menarik maka Tampomas adalah jawabannya. Menawarkan indahnya tekstur dari tebing dan bebatuan yang unik ditambah dengan waduk di tengah – tengah pasti akan membuat hasil jepretanmu semakin “wow”.

Lokasi : Jaten, Gentansari, Kec. Pagedongan, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah

11. Curug Pitu Banjarnegara

Tempat Wisata Curug Pitu Banjarnegara

Seperti namanya curug ini memiliki tujuh tingkatan, di setiap tingkatan memiliki daya tarik tersendiri. Semakin ke bawah aliran air dari curug ini semakin deras, ketinggian air terjun yang paling bawah sekitar 30 meter dan memiliki kolam yang lebar.

Pengunjung juga diperbolehkan berenang di kolam atau kedung, namun bagi kamu yang tidak bisa berenang kamu dapat berfoto ria sembari menikmati indahnya panorama alam yang masih sangat asri.

 Lokasu : Desa Sigaluh, Kec. Sigaluh, Kab. Banjarnegara

12. Arum Jeram Kali Serayu Banjarnegara

Tempat Wisata Arum Jeram Kali Serayu Banjarnegara

Setelah bersantai sembari menikmati indahnya alam di Banjarnegara, kamu wajib mencicipi wahana yang memacu adrenalin misalnya wahana Arum Jeram. Di kabupaten Banjarnegara kamu dapat bermain arum jeram di aliran sungai Serayu.

Selain dapat menikmati arus sungai yang ekstrim, pengunjung juga akan disuguhkan indahnya panorama alam disekeliling atau pinggiran kali Serayu. Setelah selesai bersenang – senang kamu dapat langsung berwisata kuliner tak jauh dari wisata arum jeram.

Lokasi : Desa Singamerta, Kec, Sigaluh, Kab. Banjarnegara.

13. Surya Yudha Park Banjarnegara

Tempat Wisata Surya Yudha Park Banjarnegara

Obyek wisata yang cukup populer ini terletak di Desa Rejasa, kecamatan Madukara. Kamu dapat melihat dan berfoto ria dengan ikon dari Singapura dan Amerika yaitu patung Liberti dan patung singa di Merlion Park Singapura, selain itu di sini juga terdapat ka’bah dan masih banyak lagi.

Surya Yudha Park juga memiliki kolam renang yang dimana merupakan daya tarik utama dari tempat wisata yang satu ini. Fasilitas di sini pun cukup lengkap, mulai dari cafe, warung makan, hotel, surya yudha cinema, wahana permainan dan masih banyak lagi.

Lokasi : Desa Rejasa, Kec. Madukara, Kab Banjarnegara, Jawa Tengah

14. Kawah Candradimuka

Tempat Wisata Kawah Candradimuka Banjarnegara

Kawah ini konon katanya adalah tempat dimana Raden Gatotkaca yang merupakan salah satu tokoh pewayangan mendapatkan kekuatannya dan menghilangkan sisi jahat dalam dirinya. Sama seperti kawah lain yang ada di dataran tinggi Dieng, kawah ini juga masih aktif.

Kawah yang berlokasi di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara ini memiliki suhu diatas 100 derajat C, jadi kami menyarankan untuk hati – hati saat mendekat ke kawah.

Lokasi : Desa Pekasiran, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah

15. Telaga Dringo Banjarnegara

Tempat Wisata Telaga Dringo Banjarnegara

Telaga Dringo terletak tidak jauh dari kawah Candradimuka, jadi kamu dapat mampir ke telagai ini setelah berkunjung ke kawah Candradimuka. Untuk dapat menikmati panorama alam yang ada di telaga ini, pengunjung harus traking sekitar 20 menit.

Namun setelah sampai di lokasi kamu akan terkagum dengan keindahan telaga dan pepohonan di sekeliling area yang masih sangat asri. Karena berada di dataran tinggi Dieng maka disarankan untuk memakai baju yang hangat.

Lokasi : Desa Pekasiran, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah

16. Alun – Alun Banjarnegara

Tempat Wisata Alun Alun Banjarnegara

Kurang lengkap rasanya kalau berlibur ke Banjarnegara namun tidak berkunjung ke alun – alun Banjarnegara. Fasilitas di alun alun ini cukup lengkap mulai dari wahana permainan anak hingga masjid sudah tersedia.

Pengunjung dapat bersantai di bawah pohon yang rindang sembari menikmati aneka makanan khas Banjarnegara. Pusat pembelanjaan di Banjarnegara juga tidak jauh dari alun – alun ini, jaraknya kurang dari 1 km.

Lokasi : Jl. Mayjend Panjaitan No.11-3, Kutabanjarnegara, Kec. Banjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah

17. Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara

Tempat Wisata Serulingmas Banjarnegara

Salah satu tempat wisata edukasi terbaik di Banjarnegara. Serulingmas memiliki koleksi binatang yang cukup lengkap dan tempatnya pun dipenuhi oleh pohon pohon yang rindang. Selain dapat melihat aneka satwa yang ada, pengunjung juga diperbolehkan berinteraksi langsung dengan beberapa satwa.

Misalnya memberi makan kelinci, berinteraksi dengan ular dan lain sebagainya. Pengunjung juga dapat menikmati segarnya es dawet ayu yang diperjualbelikan di sekitar area. Sebagai tambahan meskipun memiliki aneka satwa yang lengkap kondisi di setiap kandang sedikit memprihatinkan.

Lokasi : Kutabanjar, Kec. Banjarnegara, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah

Itulah sedikit informasi yang dapat kami bagi, semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua, jika kamu punya rekomendasi destinasi wisata lain silahkan tulis di kolom komentar. Sekian terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *