pantai rongkang
Jawa Timur, Tempat Wisata

Daftar Tempat Wisata Bangkalan

Kota Bangkalan merupakan gerbang utama untuk memasuki Pulau Madura yang bisa kamu akses melalui Pelabuhan Ujung Kamal maupun menggunakan Tol Jembatan Suramadu. Selain itu, kabupaten Bangkalan memiliki tempat wisata yang sangat menarik untuk kamu kunjungi.

Banyak sekali tempat wisata yang ada di Bangkalan, seperti wisata alam, wisata buatan, wisata sejarah, dan lain sebagainya. Nah, pada artikel sebelumnya kami pernah membahas tempat wisata magetan, di artikel ini kami akan membahas rekomendasi tempat wisata di Bangkalan.

15+ Objek Wisata di Kabupaten Bangkalan yang Sedang Hits

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Bangkalan, antara lain:

1. Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning
Source IG @miftahikmaaah

Destinasi wisata di Bangkalan yang pertama adalah Pantai Siring Kemuning, pantai ini terletak di Jalur Utara Pulau Madura. Daya tarik utama di pantai ini adalah memiliki pasir putih yang bersih, selain itu pantai ini juga lebar, sehingga bisa leluasa bermain di sini.

Letak pantai ini terletak di bagian utara Pulau Madura, sehingga ombak di pantai ini cenderung lebih tenang dan bersahabat. Pantai ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk bermain air maupun berenang.

Di sini kamu bisa menikmati sunset yang sangat indah, jika kamu berminat mengunjungi objek wisata ini, kamu harus mengambil jalur utara (jangan jalur tengah).

Nantinya jalur tersebut akan mengarah ke Daerah Bangkalan, Sampang, Sumenep, dan ppemeasaan. Namun, jika kamu mengambil jalur tengah, maka kamu tidak akan melewati daerah Bangkalan.

Baca selengkapnya di Pantai Siring Kemuning.

Lokasi: Ds. Macajah, kec. Tanjungbumi, kab. Bangkalan.

2. Bukit Kapur Jaddih

Bukit Kapur Jaddih
Bukit Kapur Jaddih | Source IG @indoflshlightjatimid

Objek wisata ini berada di daerah Socah, Bukit Kapur Jaddih menawarkan daya tarik utama yang berupa landscape bukit kapur yang sangat eksotis.

Landscape di bukit ini terlihat sangat tertata rapi, sehingga terkesan sangat bagus dan indah. Di beberapa spot tempat wisata ini sengaja dibentuk sedemikian rupa, sehingga spot foto di sini sangat instagramable.

Jika kamu pecinta fotografi, Bukit Kapur Jaddih sangat cocok untuk dijadikan hunting foto. Bagaimana? tertarik mengunjungi Bukit Kapur Jaddih?, berikut ini adalah lokasi lengkap Bukit Kapur Jaddih.

Baca selengkapnya di Bukit Jaddih Bangkalan.

Lokasi: Ds. Parseh, kec. Socah, kab. Bangkalan

Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB (Senin-Minggu)

3. Bukit Kapur Arosbaya

Bukit Kapur Arosbaya
Bukit Kapur Arosbaya via Egieligius

Bukit ini terletak di Buduran, Arosbaya, kab. Bangkalan. Awalnya bukit adalah area tambang kapur, namun belakangan ini aktivitas pertambangan kapur di bukit ini dihentikan. Akhirnya bukit ini beralih fungsi menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi.

Panorama yang ada di Bukit Kapur Arosbaya cenderung berbeda dengan panorama yang disuguhkan Bukit Kapur lain. Mayoritas bukit kapur menyuguhkan panorama yang memiliki warna keputihan, namun Bukit Kapur Arosbaya memiliki warna kecoklatan.

Di bagian tengah area bukit ini terdapat sisa-sisa pahatan yang mempunyai bentuk yang sangat unik, sisa pahatan tersebut dimanfaatkan oleh para wisatawan sebagai background untuk berfoto yang sagnat instagramable.

Fasilitas di bukit ini masih tergolong minim, jadi persiapkan dirimu dengan baik sebelum berkunjung ke Bukit Kapur Arosbaya. Tiket masuk objek wisata ini tergolong sangat murah, yakni kamu hanya perlu membayar Rp. 5.000 saja.

Bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi, kamu bisa membayar biaya parkir sebesar Rp. 3.000 untuk sepeda motor.

Lokasi: Plalangan Madura, Buduran, Arosbaya, Makam Air Mata, Buduran, Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69151

4. Bukit Geger Bangkalan

Bukit Geger Bangkalan
Source IG @mampirmadura

Bukit ini adalah salah satu spot terbaik untuk melihat sunrise di daerah Bangkalan. Di kalangan anak muda, destinasi wisata ini sangat terkenal, karena selain mempunyai panorama yang indah.

Objek wisata ini menawarkan area tebing kuno yang diperkirakan sudah ada sejak zaman dahulu. Tempat wisata ini sangat cocok untuk kamu pecinta dunia arkeologi.

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata Blitar.

Lokasi: Desa Geger, kec. Geger, kab. Bangkalan

5. Mercusuar Sembilangan

Mercusuar Sembilangan
Source IG @tatonge

Objek wisata ini terletak di Daerah Sembilangan, kab. Bangkalan, Madura. Mercusuar ini adalah salah satu saksi bisu penguasaan penjajah Belanda di negara Indonesia.

Menurut sejarah, Mercusuar Sembilangan didirikan pata tahun 1879, orang yang mendirikan adalah pimpinan kolonial Belanda yang bernama Z. M. William III.

Awalnya fungsi dari Mercusuar ini digunakan untuk titik pengawasan, namun saat ini fungsinya lebih condong sebagai objek wisata yang bernilai sejarah.

Sebenarnya tidak banyak aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di Mercusuar Sembilangan. Meskipun begitu, karena nilai sejarahnya yang tinggi, objek wisata ini masih rekomended untuk dikunjungi.

Lokasi: Jalan Sembilangan, Socah, Slempit, Pernajuh, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan

6. Pantai Sembilan

Pantai Sembilan
Source IG @hairul_rosikin

Objek wisata ini berjarak sekitar 7 km dari pusat Kota Bangkalan, pantai ini menawarkan daya tarik utama panorama alam khas daerah pantai yang masih sangat alami dan bersih. Lokasi pantai ini cukup mudah diakses dari pusat kota, sehingga menjadi salah satu objek wisata favorit di Bangkalan.

Di sini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas yang menarik, seperti bermain air, memancing, memnikmati olahan kuliner, berjemur, bermain ayunan. Bahkan kamu bisa mengunjungi Mercusuar Sembilangan, pasalnya objek wisata ini berdekatan.

Untuk masalah fasilitas di tempat ini sudah cukup lengkap, jadi kamu tidak usah khawatir. Pantai ini buka selama 24 jam non stop, jadi kamu bisa mengunjungi kapan saja.

Lokasi: Desa Sambilangan, kab. Bank

7. Labuhan Mangrove Education Park

Labuhan Mangrove Education Park
Source IG @joko_wedi

Objek wisata yang ketujuh adalah Labuhan Mangrove Education Park. Hutan Mangrove disini berbeda dengan hutan mangrove di daerah lainnya, pasalnya di sini memberikan wisata edukasi juga.

Nantinya, saat kamu berkunjung di hutan mangrove ini, selain bisa menikmati keindahannya, kamu juga bisa mempelajari berbagai macam hal yang terkait dengan lingkungan hidup.

Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan, seperti berkeliling area hutan, bermain touch pool, menjelajah area perairan menggunakan kano, melihat burung dari menara pantau burung, camping, dan lain sebagainya.

Bagaimana tertarik berkunjung di destinasi wisata ini? berikut ini adalah alamat lengkapnya.

Lokasi: Labuhan, Sepulu, Kab. Bangkalan

Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB (Senin-Minggu)

8. Pantai Rongkang

Pantai Rongkang

Pantai Rongkang adalah saalah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan jembatan yang sangat fenomenal, yakni jembatan Suramadu. Pantai ini berjarak sekitar 35 km ke arah selatan dari Pusat Kota Bangkalan.

Secara keseluruhan, pantai ini menawarkan daya tarik utama yang tidak jauh berbeda dengan pantai yang lainnya. Hal yang menarik di pantai ini justru terdapat di Jembatan Suramadu, pasalnya kamu bisa berfoto dengan backgrpund Jembatan Suramadu.

Lokasi: Desa Kwanyar Barat, kec. Kwanyar, kab. Bangkalan

9. Bukit Lampion Beramah

Bukit Lampion Beramah

Bukit ini adalah salah satu destinasi wisata baru di Kabupaten bangkalan yang sedang hits di kalangan anak muda. Daya tarik tempat wisata ini adalah pesona alam khas daerah dataran tinggi yang sangat indah.

Di Bukit Lampion Beramah juga terdapat gardu pandang yang dibalut dengan beragam dekorasi lampion, selain itu udara disini kamu bisa menikmati sejuknya udara khas daerah dataran tinggi.

Bagi kamu yang suka sekali dengan kegiatan berfoto, disini kamu bisa mendapatkan foto dengan background panorama alam yang sangat indah. Kami sarankan untuk berkunjung ke sini waktu pagi hari, supaya hasil foto kamu lebih bagus.

Baca Selengkapnya di Bukit Lampion Beramah.

Lokasi: Tengginah, Daleman, Galis, kab. Bangkalan

Jam Operasional: 05.00-16.30 (Senins-Minggu)

10. Alun-Alun Bangkalan

Alun-Alun Bangkalan
Source Flickr

Jika kamu berkunjung ke suatu daerah, kurang lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke alun-alunnya. Karena mayoritas daerah di Indonesia pasti memiliki kawassan alun-alun yang dijadikan sebagai tempat wisata.

Secara keseluruhan, Alun-Alun ini bisa dibilang cukup bersih, bagus, dan tertata rapi. Di sini juga terdapat area taman yang cukup luas, hal tersebut bertujuan supaya menambah suasana sejuk di Alun-Alun Bangkalan.

Biasanya alun-alun bangkalan digunakan untuk tempat nongkrong, berolahraga, hunting kuliner, dan masih banyak lagi lainnya.

Lokasi: Jl. KH Abdul Karim, Demangan Barat, Demangan, Kec. Bangkalan, kab. Bangkalan

HTM: Free
Jam Buka: 24 jam (Senin-Minggu)

11. Air Terjun Kokop

Air Terjun Kokop
Source Wisatamadura.com

Kabupaten Bangkalan juga memiliki objek wisata air terjun lho, salah satunya adalah Air Terjun Kokop yang berlokasi di Daerah Koalla. Air terjun ini adalah salah satu objek wisata bari di Bangkalan, air terjun ini masih sangat alami dan belum banyak tersentuh oleh tangan manusia.

Ketinggian dari air terjun ini memang tergolong biasa saja, namun airnya terlihat bersih dan segar.

Baca Juga: Objek Wisata Kabupaten Bondowoso.

Lokasi: Koalla, Durjan, Kokop, kab. Bangkalan

12. Pemandian Sumber Pocong

Pemandian Sumber Pocong
Source Ig indonesia.tripcanvas.co

Meskipun memiliki nama yang cukup menakutkan, tapi sejatinya tempat wisata ini menawarkan daya tarik wisata yang sangat luar biasa, yakni berupa area pemandian alami dengan air yang masib sangat jernih.

Bahkan saking jernihnya, di tempat ini ikan-ikan yang tinggal di sini terlihat sangat jelas. Jika kamu berminat menunjungi tempat wisata ini, kamu harus berkendara ke Desa Pocong. Sesampainya di sana, kami sarankan kamu untuk bertanya ke warga Desa Pocong.

Lokasi: Dusun Karang Anyar, Desa Pocong, kec. Tragah, kab. Bangkalan

13. Air Terjun Batu Raja Manitan

Source Channel YT Pulau Madura Com (kanan)

Air terjun ini adalah salah satu air terjun terindah menurut di Madura, air terjun ini menawarkan panorama yang unik dan sedikit berbeda dengan kebanyakan air terjun pada umumnya.

Jika kebanyakan air terjun yang ada memiliki aliran air yang langsung jatuh, aliran air terjun Batu Raja Manitan justru mengalir di bebatuan tebing yang ditumbuhi dengan pepohonan. Air terjun ini tergolong tidak terlalu tinggi, meskipun bergitu kondisi airnya sangat bersih, sejuk, dan segar.

Namun, jika saat musim kemarau panjang, aliran air di air terjun ini akan kering. Maka dari itu jika kamu datang ke air terjun ini kami sarankan untuk datang pada saat musim penghujan.

Lokasi: Runggarung, Banyubunih, Galis, kab. Bangkalan

14. Goa Aren

Goa Aren

Objek wisata yang selanjutnya adalah Goa Aren, goa ini menawarkan daya tarik utama berupa panorama stalagmit dan stalaktit eksotis yang terbentuk secara alami. Bagi kamu yang hobi berpetualang, goa ini sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai tujuan wisata, karena kondisinya masih menyatu dengan alam.

Lokasi: Sawah, Ketetang, Kwanyar, Kab. Bangkalan

Jam Operasional: 08.00-16.00 (Senin-Minggu)

15. Gunung Lumut

Bukit Lumut
Source Channel YT Sewa Drone ID

Gunung Lumut berlokasi di Daerah jaddih Barat, Socah, Jaddih, kec. Bangkalan, kab. Bangkalan. Alasan kenapa gunung ini dinamakan Gunung Lumut adalah karena areanya banyak ditumbuhi tanaman lumut.

Daya tarik utama Gunung Lumut adalah panorama alam khas daerah dataran tinggi dan udaranya sejuk. Selain itu, karena lokasinya berada di pedesaan, gunung ini sangat cocok untuk menyalurkan hobi bersepeda.

Lokasi: Jaddih Barat, Socah, Jaddih Barat Dua, Jaddih, Kec. Bangkalan, kab. Bangkalan

Baca Juga : Kumpulan Tempat Wisata Madiun.

16. Taman Rekreasi Kota Bangkalan

Taman Rekreasi Kota Bangkalan
Source IG @cuwie_binjuri

Taman ini adalah salah satu tempat wisata keluarga di Bangkalan yang sangat populer, taman rekreasi ini berlokasi di Desa Mlajah, kec. bangkalan, kab. Bangkalan.

Seperti kebanyakan taman rekreasi lainnya, taman ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas dan wahana permainan. Seperti taman bermain anak, kilam renang, danau untuk tempat pemancingan, dan masih banyak lagi lainnya.

Walaupun tempat wisata ini tergolong lengkap, tapi HTM masuk tempat wisata ini cukup murah meriah. Jika kamu ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi.

Lokasi: Desa Mlajah, kec. bangkalan, kab. Bangkalan

Jam Operasional: 09.00-17.00 (Senin-Minggu)

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Gresik.

FAQ

Tempat Wisata Apa yang Paling Menarik di Bangkalan?

Sebenarnya semua tempat wisata di Bangkalan menarik, tapi kalau menurut saya adalah Pemandian Sumber Pocong.

Tempat Wisata Mana yang Paling Mudah Dikunjungi?

Alun-Alun Kota

Tempat Wisata Apa yang Paling Murah di Bangkalan?

Alun-Alun Kota, karena masuk gratis.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi objek wisata di Bangkalan?. Selain memiliki objek wisata yang menarik, kabupaten Bangkalan juga memiliki wisata kuliner yang enak. Mungkin akan kami bahas di lain kesempatan.

Jika kamu memiliki rekomendasi tempat wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *