Agrowisata Taman Bunga Nusantara Cianjur

5 min read

Taman Bunga Nusantara mengusung konsep yang bertema agrowisata. Tempat Wisata yang berlokasi di Kawungluwuk,Sukaresmi ,Cianjur ini cukup ramai dikunjungi wisatawan.

Keindahan taman yang dipenuhi bunga serta udara yang sejuk dan segar menjadi daya tarik utama tempat ini. Taman Bunga Nusantara diresmikan pada tahun 1995 oleh Presiden Soeharto.

Daya Tarik

Taman Air Taman Bunga Nusantara
Taman Air Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara memiliki konsep yang unik serta penuh dengan edukasi. Lokasinya yang dekat dengan Gunung Gede menjadikan udara dan suasana di tempat ini menjadi sejuk.

Seperti namanya, di tempat ini kamu akan disuguhkan indahnya bunga berwarna warni yang disusun sedemikian rupa. Terdapat beberapa spot yang dapat kamu kunjungi di tempat ini.

Mulai dari taman air, labirin, taman perancis dan masih banyak lagi. Nah, berikut merupakan beberapa spot yang dapat kamu temui di Taman Bunga Nusantara, berikut ulasannya.

1. Taman Air

Spot pertama yang dapat kamu temui di Taman Bunga Nusantara adalah Taman Air. Didalam spot yang satu ini, kamu dapat menemukan berbagai tumbuhan air yang tumbuh di kolam kolam yang tersedia.

Tumbuhan air berupa teratai raksasa dan tumbuhan air lain dari penjuru Nusantara juga dapat kamu temui di sini. Selain tumbuhan dalam negeri, kamu juga dapat melihat berbagai tumbuhan air yang berasal dari luar negri.

Sebut saja seperti Cyperus papyrus yang dulu sering dijadikan sebagai bahan pembuatan kertas oleh bangsa Mesir kuno. Tumbuhan langka dan unik lainnya ialah Talia Delbata yang berasal dari Amerika.

Baca Juga : Daftar Tempat Wisata di Garut yang sedang hits

Selain tumbuhan langka, kamu juga dapat menemui sebuah patung dinosaurus. Biasanya patung tersebut dijadikan sebagai spot untuk berfoto ria bagi para pengunjung remaja.

2. Taman Labirin

Bagi kamu yang suka akan tantangan, maka kamu wajib menjajal labirin di Taman Bunga Nusantara. Labirin yang luas dengan dinding tinggi yang terbuat dari tanaman menjadi keunikan tersendiri dari tempat ini.

Pengelola tempat ini sudah menyediakan peta yang dapat kamu gunakan, jadi kamu tidak perlu merasa cemas dan takut akan tersesat di dalam labirin.

3. Taman Perancis

Area taman ini sangat kental dengan gaya taman istana khas eropa. Berbagai tanaman yang disusun rapi sedemikian rupa menjadi daya tarik yang tidak boleh kamu lewatkan.

Keindahan taman ini dapat kamu lihat melalui menara pandang atau datang langsung ke area ini. Dengan keunikan dan keindahannya taman ini sering dijadikan sering dijadikan sebagai spot foto.

4. Taman Jepang

Jika kamu suka sesuatu yang berbau jepang, maka kamu wajib datang dan mengunjungi spot yang satu ini. Gaya arsitektur dibuat semirip mungkin dengan negara sakura tersebut.

Mulai dengan jalan berbatu serta jembatan kayu dapat kamu temui disini. Pengunjung yang datang akan merasakan suasana khas jepang dengan taman taman rapi namun sederhana.

Hal yang paling utama adalah ketenangan yang tentu akan menghilangkan penat pengunjung dari kesibukan sehari hari. Bagaimana? Cukup menarik bukan?

5. Taman Amerika

Jika kamu ingin merasakan sensasi seperti berada di pedesaan khas Amerika dengan konsep Country Classic serta Native Garden, maka kamu dapat datang ke spot yang satu ini.

Disepanjang jalan utama, para pengunjung akan disuguhkan indahnya bunga Perdu berwarna – warni nan cantik. Selain bunga Perdu terdapat pula aneka bunga yang tumbuh di taman ini.

Selain itu, disini terdapat juga berbagai miniatur hewan yang terbuat dari tanaman dengan hamparan rumput tebal berwana hijau yang cukup luas.

Hamparan bunga nan eksotis ini sering dijadikan para pengunjung sebagai spot untuk berfoto ria. Dan jika kamu ingin mengadakan foto prewedding maka taman Amerika wajib kamu masukan ke dalam daftar.

6. Taman Bali

Selain taman Amerika, Perancis dan Jepang, Taman Bunga Nusantara juga memiliki sebuah taman yang sangat lekat dengan unsur daerah yaitu Taman Bali.

Sesuai namanya, bentuk arsitekturnya dibuat sedemikian rupa dan semirip mungkin dengan yang ada di Bali, gunanya agar pengunjung yang datang akan merasakan sensasi seperti berada di Pulau Dewata Bali.

Bangunan bangunan seperti Bale Kulkul, Gapura Pintu Masuk dan Bale Bengong telah tersedia dan tentu menambah keunikan tempat ini. Selain bangunannya, ditaman ini juga terdapat berbagai tumbuhan khas Bali

Tanaman seperti helikonia, bunga sepatu, kamboja dan bunga-bunga tropis lainnya dapat kamu temukan di taman Bali. Seperti tempat tempat lain, spot yang satu ini tentu sangat instagramable.

Baca Juga : Daftar Tempat Wisata di Sukabumi yang wajib kamu kunjungi

7. Taman Palem

Sudah dapat ditebak bahwa di taman ini terdapat banyak pohon Palem. Kurang lebih terdapat 100 jenis tanaman Palem yang ditanam dan dirawat di taman ini.

Beberapa diantaranya adalah Palem raksasa atau Cuban Royal Palm yang ditanam di jalur menuju green house. Lalu terdapat juga Palem kipas Meksiko(Washingtonia Robusta), screw pine(Pandanus Utilis), dan palem Alexandra( Archontophoenix Alexandrae) dan lain sebagainya.

8. Taman Mediterania

Taman yang satu ini memiliki tema daerah gurun seperti berada di kawasan Mediterania. Dari hal tersebut sudah dapat dibayangkan apa saja yang tersedia di taman ini, contohnya seperti pasir dengan batu batu putih khas pantai mediterania.

Di kawasan taman ini juga terdapat tanaman, kebanyakan tanaman yang ditanam di tempat ini adalah kaktus, misalnya sepertiOpuntia RufidaCephalocereys SenilisCereus Hexagonus dan beberapa tanaman khas dari daerah sana.

9. Taman Mawar

Dikarenakan bunga mawar memiliki banyak penggemar maka pengelola Taman Bunga Nusantara membuat taman yang satu ini. Keindahan khas bunga mawar menjadi daya tarik utama taman ini.

Pengunjung dapat menikmati indahnya bunga mawar yang mekar dengan indah dan subur. Perawatan yang baik dari pengelola menjadi alasan mengapa bunga mawar disini tumbuh dengan subur.

10. Rumah Kaca (Green House)

Spot yang selanjutnya adalah Green House atau sering disebut dengan rumah kaca. Didalam Green House terdapat berbagai tanaman langka dari penjuru dunia.

Tanaman yang ditanam di dalam Green House didominasi oleh bunga bunga dari negara 4 musim dan tanaman langka lainnya.

Karena bunga bunga tersebut tidak dapat tumbuh dengan baik di tanah indonesia, maka bunga bunga tersebut di letakan atau ditanam di Green House.

Selain beberapa spot di atas, sebenarnya masih terdapat banyak spot yang dapat kamu kunjungi di taman bunga ini. Alam Imajinasi, Danau Angsa, Tempat Bermain Anak, dan ATV merupakan beberapa tempat yang dapat kamu kunjungi selain spot diatas.

Lalu juga terdapat sebuah menara yang memiliki 4 tingkat, dari menara ini kamu dapat melihat indahnya Taman Bunga Nusantara dari atas ketinggian.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Taman Labirin Taman Bunga Nusantara
Taman Labirin Taman Bunga Nusantara

Jam buka ketika weekday dan weekend serta high season tetap sama yakni mulai pukul 09 – 17.00 WIB dan tentunya Taman Bunga Nusantara buka setiap harinya.

Jika kamu ingin berekreasi dengan nyaman, maka alangkah baiknya jika kamu berkunjung pada hari hari biasa. Dikarenakan pada hari hari libur, tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Baca Juga : Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas

Sedangkan untuk harga tiket masuk dan tiket wahana atau harga parkir, kamu dapat menyimak tabel dibawah ini.

Tiket MasukRp. 40.000
Tiket Doto TrainRp. 50.000
Tiket Garden TramRp. 50.000
Tiket Wara – WiriRp. 5.000
Tiket Green House(Rumah Kaca)Rp. 5.000
Tiket ParkirRp. 5.000 – Rp 25.000

Tiket Doto Train: termasuk tiket masuk dan tiket kendaraan Dotto Train(kendaraan untuk berkeliling Taman Bunga Nusantara). Kapasitas 50 orang dan hanya tersedia di hari libur nasional dan sabtu minggu dengan jadwal keberangkatan 1 jam sekali

Tiket Garden Tram :termasuk tiket masuk dan tiket kendaraan Garden Tram(Kendaraan untuk berkeliling Taman Bunga Nusantara). Kapasitas 16 – 20 orang dengan jadwal keberangkatan 1/2 jam sekali

Tiket Wara-Wiri: Tiket kendaraan Wira-Wiri(kendaraan untuk berkeliling Taman Bunga Nusantara), Kapasitas 15 orang pengunjung.

Perlu diingat bahwa jam operasional dan harga tiket yang kami sebutkan di atas dapat berubah kapan saja.

Rute dan Lokasi Taman Bunga Nusantara

Taman Perancis Taman Bunga Nusantara Cianjur
Taman Perancis Taman Bunga Nusantara

Untuk rutenya kamu dapat menggunakan bus dengan jurusan Bogor – Cianjur atau Bandung – Jakarta dengan rute melalui puncak dan turun di pertigaan Hanjawar.

Lalu kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan naik angkot dengan rute Cipanas – Loji, setelah itu turun di Pasar GSP. Selanjutnya naik angkot jurusan Cipanas – Mariwati dan kamu dapat turun langsung di pintu gerbang Taman Bunga Nusantara.

Jika kamu masih merasa bingung, kamu dapat menggunakan teknologi google maps di smartphone atau bertanya kepada warga.

Lokasi : Jalan Mariwati KM.7, Kawungluwuk,Sukaresmi ,Cianjur,Jawa Barat

Fasilitas

Taman Bunga Nusantara
Taman Bunga Nusantara

Ada banyak fasilitas yang tersedia di obyek wisata yang satu ini. Fasilitas seperti Doto Train, Garden Trem, mobil Wara – Wiri, toko cindramata, dan area parkir telah tersedia di tempat ini.

Baca Juga : Daftar Tempat Wisata di Subang

Gazebo, ruang P3K atau poliklinik juga dapat kamu temukan. Tidak hanya itu, terdapat juga fasilitas lain seperti wisma, camping ground, bursa bunga, serta gedung serbaguna.

Pengunjung juga dapat menyewa kursi, meja, tenda dan lain sebagainya di tempat yang telah disediakan. Kurang lebih terdapat 8 tempat piknik yang tersedia di Taman Bunga Nusantara.

Ringkasan

Taman Jepang Taman Bunga Nusantara
Taman Jepang Taman Bunga Nusantara
AlamatJalan Mariwati KM.7, Kawungluwuk,Sukaresmi ,Cianjur,Jawa Barat
Harga Tiket MasukRp. 40.000
Jam Operasional09.00 – 17.00 WIB
FasilitasDoto Train, Garden Trem, mobil Wara – Wiri, toko cindramata, area parkir, Gazebo, ruang P3K atau poliklinik, wisma, camping ground, bursa bunga, gedung serbaguna dan lain sebagainya
Spot MenarikTaman Air, Taman Labirin, Taman Perancis, Taman Jepang, Taman Amerika, Taman Bali, Taman Palem, Taman Mediterania, Taman Mawar, Rumah Kaca (Green House) dan masih banyak lagi
MapKlik disini

Itulah sedikit informasi mengenai Taman Bunga Nusantara. Jika kamu kesorean saat mau pulang, kamu dapat menginap di hotel di sekitar area, semoga informasi ini bermanfaat, sekian terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *