Jawa Timur, Tempat Wisata

Wisata Alam Ranu Kumbolo

Saat kamu mendaki Gunung Semeru, Ranu Kumbulo merupakan salag satu tempat terbaik untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan mendaki Gunung Semeru. Ranu Kumbulo adalah sumber mata air bersih bagi para pendaki, debit air di Ranu Kumbolo sangat banyak.

Ranu Kumbolo memiliki pesona alam yang sangat indah, memang objek wisata ini cukup sulit untuk disambangi karena untuk mencapai sini kamu harus mendaki hingga berjam-jam. Tapi semua perjuangan kamu akan terbayar jika kamu sudah sampai di wisata alam Ranu Kumbolo ini.

Keindahan Alam Ranu Kumbolo

Keindahan Alam Ranu Kumbolo
Source ig @faajarkp

Ranu Kumbolo merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, jadi tidak heran jika pesona alam di kawasan Ranu Kumbolo sangat indah. Selain itu, di sini juga menjadi kawasan perkemahan yang merupakan titik berangkat untuk mendaki Gunung Semeru.

Danau yang ada di Ranu Kumbolo masih sangat bersih dan jernih, ditambah lagi dengan hamparan hijau yang menyegarkan mata menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang.

Jika kamu bermalam di sini, kamu akan melihat matahari terbit di antara dua bukit yang sangat indah, ditambah lagi dengan danau yang berlapis kabut perlahan sirna. Hal tersebut tentu menjadikan daya tarik lebih bagi para pengunjung.

Misteri dan Mitos

Mitos Ranu Kumbolo
Source ig @prasetyoadi0212

Sama seperti objek wisata lain, di Ranu Kumbolo juga terdapat cerita angker di tempat ini. Beredar cerita jika di Ranu Kumbolo terdapat seorang penunggu, penunggu tersebut berupa seorang gadis yang berpenampilan cukup menyeramkan.

Misteri blank 75 sering membuar pendaki tersesat serta misteri danau ranu kumbolo juga penuh dengan nuansa mistis. Ada sebuah kejadian nyata yang dialami warga sekitar pada saat melakukan kegiatan bakti sosial di Desa ini pada bulan Agustus 2004.

Saat itu ada sepasan pengantin yang baru saja menikah dan mereka pergi ke danau untuk melakukan sesajen yang diberikan ke penunggu danau Ranu Kumbolo.

Setelah selesai membakar dupa di pelataran pinggir danau ranu kumbolo, sepasang pengantin tersebut mandi di danau Ranu Kumbolo. Tapi kejadian selanjutnya tidak terduga, pengantin wanita terseret arus kuat ke dalam danau, lalu beberapa saat kemudian muncuk kembali dalam keadaan tidak bernyawa.

Baca Juga: Negeri Atas Awan Puncak B29

Paket Wisata

Tiket ranu kumbolo sangat murah, yaitu hanya Rp. 5.000,- saja (belum termasuk biaya lain). Tetapi paket tersebut sering tergabung dengan pendakian menuju mahameru. Hal tersebut sangat menyusahkan bagi mereka yang berusia lanjut. Maka dari itu, pake wisata ranu kumbolo ini populer dikalangan anak muda yang menginginkan jenis wisata yang menantang saja.

Wisata ini sangat cocok untuk para anak muda yang mencintai petualangan, tapi tidak ada salahnya juga jika kamu hanya ingin mendatangi ranu kumbolo saja. Jika kamu ingin menyambangi tempat wisata ini, sebaiknya jangan pergi sendiri, tapi pergi beramai-ramai supaya lebih seru.

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata Lumajang

Rute Menuju Lokasi

Rute dan Lokasi Ranu Kumbolo
Source ig @ranukumbolosemeru

Jalan menuju objek wisata ini sebenarnya sudah sangat baik, akan tetapi kondisi jalan yang berkelok-kelok kerap membuat para pengunjung kesulitan untuk menuju Ranu Kumbolo.

Jika kamu dari tulungagung kota kamu tinggal melewati jalan raya sumber gempol ke arah barat, lalu lurus saja melewati IAIN Tulungagung hinga sampai di pertigaan Kauman. Dari sini, kamu tinggal ambil kanan menuju jalan KH Asyim Ashari.

Setelah itu kamu akan menemui perempatan dan dari sini ambil jalan ke arah kiri, susuri jalan tersebut sampai ke Desa Wonorejo. Nah, dari desa ini kamu tinggal bertanya ke warga sekitar mengenai tempat masuk ranu kumbolo.

Fasilitas

HTM Ranu Kumbolo
Source ig @sfauz

Di ranu kumbolo banyak porter yang siap membantu kamu untuk membawa tas ransel yang berat, kamu bisa menyewa jasa porter tersebut di Tumpang maupun Ranu Pani.

Selain itu di sini juga terdapat fasilitas menarik lainnya, seperti dari pos pendakian shelter sampai Ranu Kumbolo terdapat penanda jalan. Tentu hal tersebut sangat membantu para pendaki yang baru pertama kali pergi ke ranu kumbolo.

Jika kamu menyewa jasa Porter, kamu akan dikenakan tarif perhari 200-250 ribu. Porter tersebut siap membantu mengangkat barang berat dan memasak makanan di Ranu Kumbolo.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Tumpak Sewu.

Ringkasan

LokasiDesa Mulyosari, kec. Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur
HTMRp5.000,- (Belum Termasuk Biaya Lain
Jam BukaSenin-Minggu (24 jam)
Mapklik di sini.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Ranu Kumbolo, bagaimana? Tertarik mengunjungi wisata ini?. Jika kamu pernah mengunjungi wisata ini, silahkan tulis di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *