Jawa Timur, Tempat Wisata

Negeri Atas Awan di Puncak B29

Berbicara mengenai Wisata di Kabupaten Lumajang memang tidak ada habisnya, di kabupaten ini memang banyak sekali tempat wisata yang sangat indah dan menarik untuk kita kunjungi. Salah satu wisata di Lumajang yang sangat indah adalah Puncak B-29.

Puncak atau Bukit B29 mulai populer sebagai tempat wisata sejak tahun 2015. Berarti objek wisata ini sudah ada sejak 5 tahun yang lalu, sudah cukup lama bukan. Nah, berikut ini adalah ulasan mengenai Puncak B29, simak dengan baik.

Harga Tiket Masuk Puncak B29

Harga Tiket Masuk Puncak B29
Source ig @puncakb29

Untuk masuk ke Puncak B 29, para akan dikenakan biaya tarif yang sangat terjangkau. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000/orang, tapi jika kamu membawa kendaraan maka kamu akan dikenakan biaya retribusi parkir sebesar Rp5.000/kendaraan.

Jam Buka Puncak B 29

Jam Buka Puncak B29
Source ig @jimperangin

Objek wisata ini buka dari hari Senin-Minggu dan buka selama 24 jam, jadi kamu bisa mengunjungi Puncak B-29 kapan saja. Tapi kami sarankan kamu untuk mengunjungi saat tidak hujan, dikarenakan jika hujan pemandangannya akan tertutup kabut tebal dan jalan berluncur.

Baca Juga: Objek Wisata Ranu Kumbolo

Daya Tarik Puncak B29 Lumajang

Daya Tarik Puncak B29
Source ig @aprilmop__

Dengan ketinggian 2.900 mdpl, tentu saja Bukit B 29 memiliki daya tarik tersendiri dengan keindahan alamnya. Berikut ini adalah beberapa aktivitas dan daya tarik Puncak B 29, antara lain.

1. Melihat Sunrise dari Puncak B29

Pergi ke Puncak B29 kurang lengkap rasanya jika kita tidak melihat sunrise di sini, pemandangan sunrise di sini sangat memanjakan mata pengunjung. Jika kamu ingin melihat sunrise di sini, kamu disarankan untuk sampai di puncak B29 pada pukul 4 pagi.

2. Berkemah

Jika kamu tidak ingin telat untuk menyaksikan sunrise, ada baiknya jika kamu berkemah saja di Puncak B 29. Tapi jika kamu ingin berkemah di sini, kamu harus membawa tenda sendiri dari rumah, karena di sini tidak tersedia tempat penyewaan tenda.

Bukan hanya sunrise saja yang bisa kamu nikmati, kamu juga bisa menikmati sunset di Puncak B 29. Hal yang sangat menarik di sini adalah terdapat warung yang menyediakan mie, nasi, kopi, teh, susu, dan lain sebagainya.

3. Melihat Pemandangan Kaldera Bromo

Jika kamu berkunjung ke sini saat cuaca cerah, maka kamu akan melihat kaldera Bromo yang sangat luas. Kaldera ini terdiri dari pasir, Gunung Batok dan Gunung Bromo. Kaldera sendiri merupakan pusat letusan yang mempunyai diameter lebih dari 2 meter.

4. Melihat Gunung Arjuno Welirang

Selain melihat kaldera gunung Bromo, di sini kamu juga bisa menyaksikan pemandangan gunung Arjuno – Welirang yang berada di sebelah barat. Pemandangan akan nampak lebih indah jika cuacana di sini sedang cerah.

5. Melihat Puncak Gunung Argopuro dan Raung

Jika di sini kamu menghadap ke timur maka kamu akan melihat Gunung Argopuro dan Gunung raung, Gunung Argopuro akan terlihat seperti melayang dan dikelilingi oleh awan putih. Jika cuaca sedang mendukung, kamu bahkan bisa melihat Gunung Raung dengan jelas.

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata Lumajang yang Menarik

Fasilitas

Ada beberapa fasilitas di kawasan wisata ini, antara lain.

  1. Penginapan
  2. Tempat Parkir
  3. Warung
  4. Toilet
  5. Mushola
  6. Ojek

Rute & Lokasi Puncak B29 Lumajang

Trip Puncak B29 Lumajang
Source ig @putu_krysna

Kawasan Bukit B29 berada di Argosari, Senduro, Nganjir, Sariwani, Sukapura, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Untuk rutenya sendiri terdapat 3 jalan yang bisa dipilih, ketiga jalur tersebut adalah via lumajang, jempang bromo, dan bromo.

Jika kamu dari arah Lumajang, maka kamu akan menempuh jarak sekitar 40 km yang bisa kamu tempuh selama 2 jam perjalanan. Dari pusat kota Lumajang, ambil arah menuju desa argosari via senduro. Jika kamu sduah sampai di desa argosari maka akan mincul sebiah plang di pintu masuk yang bertuliskan puncak b29.

Dari situ kamu bisa menyewa ojek seharga Rp150.000,- untuk sampai di puncak, tapi sebenarnya kamu juga bisa menggunakan motor pribadi untuk mencapai puncak B29. Tapi jalan yang akan kamu tempuh akan sangat menanjak dan penih debu.

Tapi jika kamu melewati jalur bromo, jalur yang akan kamu tempuh juga sangat berbeda. Wisatawan harus berjalan kaki sampai ke puncak, awalnya arahkan kendaraan kamu menuju kaki Gunung Bromo, lalu dari sini kamu sewa ojek maupun jeep menuju lautan awan.

Sedangkan untuk rute Jempang Bromo cukup sulit, kamu harus ambil jalan menuju ke Ranu Pane. Lalu lanjutkan perjalanan ke bukit jemplang dan kamu akan sampai di pintu masuk b29, nah dari sini kamu bisa jalan kaki yang akan memakan waktu sekitar 3 jam lebih.

Itulah sedikit ulasan mengenai Puncak B29 Lumajang, bagaimana? Tertarik mengunjungi wisata ini?. Jika kamu pernah mengunjungi wisata ini, silahkan tulis pengalaman kalian di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *