Wisata Alam Pantai Klayar Pacitan

2 min read

Kota Seribu Satu Goa itulah julukan yang disematkan pada kabupaten Pacitan karena di kabupaten ini banyak ditemui goa-goa eksotis yang memiliki stalagmit dan stalaktit. Kabupaten ini juga merupakan tempat kelahiran Presiden RI ke-6, yakni Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain mempunyai banyak sekali goa, Pacitan juga memiliki wisata pantai yang sangat indah dan menawan. Contohnya saja seperti Pantai Banyu Tibo, Pantai Srau, Pantai Taman, Pantai Buyutan, dan tentu saja Pantai Klayar.

Penasaran dengan keindahan Pantai Klayar? Berikut ini adalah ulasan mengenai Pantai Klayar, simak dengan baik!

Daya Tarik Pantai Klayar

Pantai Klayar Pacitan
Source ig @lostpacker

Pantai Klayar memiliki berbagai macam karang yang sangat elegan, di sini juga terdapat berbagai macam karang yang sangat indah. Selain itu di sini juga terdapat tebing yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan Pantai Klayar dari atas.

Tapi jika wisatawan ingin menikmati keindahan pantai dari tebing, wisatawan harus ekstra hati-hati. Dari atas tebing ini, para wisatawan bisa menikmati hembusan angin yang membuat betah para wisatawan yang berkunjung.

Area tebing ini cukup luas, jadi para wisatawan bisa beristirahat serta menikmati keindahan alam. Selain itu, para wisatawan juga bisa berswa foto di spot-spot yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Di pesisir Pantai Klayar juga terdapat beberapa warung yang menyediakan berbagai macam menu makanan dan minuman. Selain itu di sini juga terdapat souvenir-souvenir cantik serta baju yang bertuliskan Pantai Klayar.

Harga souvenir dan bajunya juga cukup murah, yaitu mulai dari Rp50.000 saja. Dengan harga tersebut baju atau souvenir yang akan kamu dapatkan memiliki bahan yang tidak mengecewakan.

Pantai Klayar memiliki pasir yang berwarna kecoklatan serta bercampur dengna warna putih. Tentu saja hal tersebut sangat menarik untuk melakukan aktivitas menyusuri pantai.

Asal muasal nama pantai ini diambil dari bahasa Jawa yakni Kluyar-Kluyur yang berarti jalan-jalan. Pantai ini memiliki keunikan yaitu terdapat sebiah bebatuan karang yang sangat sempurna.

Konon ceritanya karang ini merupakan hasil dari pertarungan makhluk gaib yang sering terjadi. Menariknya batu karang ini tersambung dengna batu karang yang ada di pinggir pantai.

Ada satu hal unik dari Pantai Klayar, yakni seruling samudera. Kejadian unik ini terjadi karena lubang yang terdapat di batu karang ditiup oleh angin, sehingga membuat suara yang mirip dengan seruling.

Selain bunyi seruling tersebut, di sini juga terdapat air mancur yang terjadi karena terjangan ombak yang sangat tinggi menembus batuan karang. Sehingga air ombak tersebut mengalir diantara lekukan batuan karang.

Lokasi Pantai Klayar

Lokasi Pantai Klayar
Source ig @jose_hamra

Pantai Klayar terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Desa ini berjarak kurang lebih 30 km dari Alun-Alun Kabupaten Pacitan.

Untuk sampai ke tempat wisata ini para wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi, tapi sayangnya untuk sampai ke tempat wisata ini cukup susah dijangkau jika menggunakan transportasi umum.

Jadi jika kamu ingin berwisata ke Pantai Klayar, ada baiknya jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, baik itu menggunakan motor maupun mobil.

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

Harga Tiket Pantai Klayar
Source ig @retnohapsarii_

Para wisatawan bisa menikmati keindahan Pantai Klayar hanya dengna membayar tiket masuk sebesar Rp10.000,-/orang. Sedangkan jika pengunjung membawa kendaraan pribadi, pengunjung harus membayar retribusi parkir sebsar Rp5.000 untuk mobil dan Rp2.000 untuk sepeda motor.

Fasilitas Pantai Klayar

Fasilitas Pantai Klayar
@hasif-priyambudiSource ig @

Ada berbagai macam fasilitas umum yang sudah disediakan oleh pihak pengelola Pantao Klayar, antara lain.

  1. Mushola
  2. Tempat Parkir
  3. Penginapan
  4. Toilet
  5. Gazebo
  6. dll

Keunikan Pantai Klayar

Berikut ini adalah beberapa keinikan yang bisa kamu temui di Pantai Klayar, antara lain.

1. Seruling Samudra

Atraksi Seruling Samudra merupakan salah satu momen yang sangat dinantikan oleh para pengunjung Pantai Klayar. Seruling Samudra merupakan sebuah lubang Batu Karang yang ada di balik tebing.

Alasan kenapa dinamakan Seruling Samudra adalah karena saat angin dan air laur menembus lubang tersebut akan terdengar suara seperti seruling.

2. Air Mancur di Tengah Laut

Pantai Klayar memiliki air mancur alami yang berasal dari Seruling Samudra. Seruling Samudra tidak hanya mengeluarkan bunyi saja, tapi saat air laut pasang, Seruling Samudra akan memancarkan air mancur alami setinggi 10-15 meter.

3. Batu Sphinx

Fenomena alam yang selanjutnya adalah Batu Sphinx, bebatuan ini mirip dengan Patung Sphinx (Patung Singa dengan Kepala Manusia) yang terdapat di Mesir. Tapi masyarakat di sini memberi nama Watu Lumbung.

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata di Pacitan Paling Hits

Itulah sedikit ulasan mengenai Pantai Klayar Pacitan, bagaimana? Tertarik mengunjungi wisata ini?. Jika kamu pernah mengunjungi Pantai Klayar, silahkan tulis pesan dan kesan kamu di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *