Jawa Timur, Tempat Wisata

Berapa Harga Tiket Masuk Museum Angkut Batu Malang?

Dari namanya saja pasti kamu sudah bisa menyimpulkan jika tempat ini merupakan tempat untuk menyimpan model angkutan dari zaman dahulu. Pasti yang terbayang dipikirian kamu jika museum itu sangat membosankan, tapi berbeda dengan museum angkut batu Malang.

Namun museum angkut ini sedikit berbeda, tampilan museum ini dibuat berbeda dengan museum umumnya. Hal tersebut bertujuan supaya para pengunjung tidak merasa bosan saat mengunjungi tempat wisata ini.

Penasaran dengan museum angkut ini? Simak penjelasannya dibawah ini.

Daya Tarik Museum Angkut Batu

Daya Tarik Museum Angkut

Museum Angkut merupakan tempat untuk berbagai jenis transportasi yang ada di dunia serta mengabadikan proses perkembangan sarana transportasi. Museum ini diresmikan pada tanggal 9 Maret 2014 dan tercatat sebagai museum transportasi pertama dan terbesar di Asia.

Dengan lahan seluas 3,8 hektar maka tidak heran jika koleksi di museum ini sangat banyak, di sini terdapat 525 alat transportasi yang terdiri dari 300 mobil dari berbagai merek serta 225 jenis transportasi lainnya.

Museum ini mempunyai 9 zona dan ditambah lagi dengna 2 zona tambahan berbeda dari museum-museum sebelumnya, museum ini tidak hanya sekedar memajang koleksi dan sebagai sarana transportasi saja. Tapi museum angkut ini juga mempertimbangkan sisi artistik, rekreatif, dan dekoratif juga.

Selain itu di sini juga menghadirkan sejumlah pertunjukan rutin yang sengaja digelar, ada yang tampilkan setiap hari, seminggu sekali ada juga hanya pada momen tertentu saja.

Rute & Lokasi Museum Angkut

Lokasi Museum Angkut
Source ig @rizha.octvn

Alasan utama kenapa museum angkut ini selalu ramai pengunjung adalah museum ini berbeda dengan museum-museum yang lainnya. Tapi ada alasan lain kenapa museum ini sangat ramai, yaitu karena lokasi objek wisata ini sangat mudah di akses.

Untuk sampai ke Museum Angkut para pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum yang menuju Museum Angkut ini.

Secara administratif, Museum ini berlokasi di Jl. Terusan Sultan Agung Atas No. 2, Desa Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Jika kamu ingin mengunjungi Museum Batu dari Kota Malang, kamu tinggal menyusuri Jl. MT Haryono lurus terus sampai ke arah Batu. Jika kamu sudah sampai di Jl. Patimura, tepatnya di perempatan Lippo Plaza, belok ke arah kiri menuju Jl. Sultan Agung. Di sana kamu akan menemukan papan petunjuk arah menuju Museum Angkut.

Lalu bagaimana jika menggunakan transportasi umum ke Museum Angkut? Untuk kamu yang menggunakan transportasi umum berupa bus dan turun di Terminal Arjosari Malang, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkot ADL jurusan ArjosariDinoyoLandungsari dan turun di Terminal Landungsari.

Setelah kamu turun di Terminal Landungsari, silahkan ganti naik angkot berwarna kuning atau ungu yang menuju ke Kota Batu. Setelah sampai di Terminal Kota Batu, kamu harus ganti angkutan menggunakan angkot yang berwarna hijau lalu turun di depan Museum Angkut.

Baca Juga: Air Terjun Coban Rondo

Harga Tiket Masuk Museum Angkut

Tiket Masuk Museum Angkut

Untuk menikmati kawasan Museum Angkut ini kamu harus mmebayar tiket masuk sebesar Rp70.000 untuk weekday, sedangkan untuk weekend tiket masuk sebesar Rp100.000. Dengan tiket masuk tersebut kamu sudah bisa menikmati pasar apung.

Ada beberapa larangan di Museum Angkut yang harus kamu taati, salah satunya adalah dilarang membawa makanan atau minuman dari luar.

Jadi saat kamu pertama masuk ke museum angkut, para pengunjung akan di cek terlebih dahulu termasuk tas yang dibawa. Jika petugas menemukan makanan atau air minum, maka barang tersebut akan disita dan dikembalikan saat keluar museum.

Nah bagi pengunjung yang membawa kamera maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp25.000.

Baca Juga: Daftar Destinasi Wisata di Malang

Fasilitas Museum Angkut

Source ig @zakitelagi

Dengan harga tiket masuk diatas, para pengunjung sudah bisa menikmati fasilitas yang disediakan di Museum Angkut. Apa saja fasilitas museum angkut? Berikut ini adalah diantaranya.

1. Lift

Di sini pengunjung akan dimanjakan dengna tidak menapaki anak tangga, para pengunjung bisa menggunakan lift untuk berpindah dari satu lantai ke lantai lain.

Lift di sini sebenarnya digunakan untuk kaum lansia dan penyandang disabilitas. Tapi untuk pengunjung biasa juga tidak dilarang menggunakan fasilitas ini.

2. Dotto Train dan Shuttle Car

Jika kamu takut kelelahan untuk mengelilingi semua kompleks museum angkut ini, kamu bisa menggunakan fasilitas transportasi gratis untuk mengelilingi area museum angkut.

Shuttle Car dan Dotto Tarin adalah mobil dan kereta mini yang berbentuk lucu untuk mengelilingi area museum angkut.

3. Loker

Di museum angkut ini terdapat loker yang bisa kamu gunakan secara gratis, fasilitas ini sangat membantu untuk pengunjung yang membawa banyak barang.

Selain fasilitas di atas ada juga fasilitas lain yang sangat memanjakan pengunjung, berikut ini adalah beberapa fasilitas yang sangat memanjakan pengunjung, antara lain.

  1. ATM Center
  2. Smoking Area
  3. ATM Center
  4. Informastion Centre
  5. Pasar APung
  6. Area Parkir

Itulah sedikit ulasan mengenai museum angkut, bagaimana? Tertarik mengunjungi wisata ini? Jika kamu pernah mengunjungi wisata ini, silahkan tulis pesan dan kesan kamu di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *