Jawa Barat, Tempat Wisata

Leuwi Tonjong Garut

Potensi keindahan alam di kabupaten Garut tidak ada habisnya. Terdapat terlalu banyak kenampakan alam yang belum diketahui banyak orang dan belum dikelola dengan baik, Leuwi Tonjong salah satunya.

Leuwi Tonjong merupakan salah satu tempat wisata di kabupeten Garut yang belum banyak terekspos media. Leuwi Tonjong sendiri ialah obyek wisata berupa lubuk dangkal yang dihiasi dengan keindahan tebing. Suasana alami dan panorama yang eksotis menjadi daya tarik tersendiri.

Daya Tarik

Karena belum banyak terkena campur tangan manusia, obyek wisata ini masih sangat terjaga kealamiannya. Air yang mengalir sangatlah jernih dan berwarna biru kehijauan.

Tebing batu yang diselimuti lumut hijau serta hutan liar yang mengelilingi area membuat suasana di tempat ini sangatlah asri dan tenang. Leuwi Tonjong cocok untuk kamu yang mencari tempat wisata yang sunyi dan tenang.

Leuwi Tonjong pernah mendapatkan penghargaan dari Menteri Pariwisata RI. Dimana Leuwi Tonjong mendapat juara kedua sebagai “Surga Tersembunyi” dari kemenpar.

Rasanya tidak berlebihan jika menyandang sebagai surga tersembunyi. Dua tebing batu dengan tinggi 90 meter hingga 120 meter yang diselimuti lumut memiliki daya tarik tersendiri. Keindaha sungai yang diapait oleh dua tebing batu tersebut merupakan daya tarik utama.

Diantara tebing batu tersebut terdapat lubuk dan air terjun kecil yang mengalir. Keberadaannya menambah keeksotisan dan keindahan dari suasana di sekitar. Air yang mengalir juga cukup jernih dan tidak terlalu dalam.

Jika pada pagi hari, matahir yang terbit akan menyinari aliran air yang mengalir diantara dua tebing. Memantulkan cahaya jingga yang hangat, dimana dapat menenangkan pikiran.

Selain dapat menikmati keindahan alamnya. Pengunjung juga diperbolehkan berenang atau sekedar bermain air. Waktu paling baik untuk bermain air disini yaitu pada saat musim kemarau, dimana airnya cukup dangkal dan jernih.

Jika kamu sedang bermain air, kami menyarankan untuk selalu hati – hati. Terdapat banyak bebatuan kecil yang tajam dan bebatuan yang diselimuti lumut sehingga licin jika diinjak.

Jika kamu bosan berenang, pengunjung juga dapat menyewa rakit yang telah disediakan oleh pengelola. Kamu dapat memanfaatkan rakit untuk menyusuri sungai. Kamu dapat mendekati tebing dan melihat indahnya air terjun kecil dari dekat.

Dengan keindahan alam yang luar biasa, obyek wisata ini dapat kamu manfaatkan sebagai spot foto. Dua tebing batu dan sungai yang mengalir diantaranya akan menjadikan hasil hasil jepretanmu terlihat keren dan menarik.

Untuk fasilitas yang tersedia cukup minim, area parkir yang terbatas dan jalan yang masih serta minim penunjuk jalan. Meskipun seperti itu, fasilitas umum berupa mushola, warung hingga toilet sudah tersedia.

Jika kamu berminat untuk datang kesini, kamu harus mengeluarkan tenaga ekstra. Sulitnya akses jalan dan kurangnya penunjuk arah merupakan tantangan yang akan kamu hadapi. Jika kamu bingung lebih baik bertanya kepada warga sekitar.

Jalan setapak yang dilalui juga cukup ekstrem. Menyusuri hutan dengan jalan yang sempit, berbatu, bertangga – tangga, serta licin. Maka dari itu, pengunjung yang datang merupakan remaja dan orang dewasa yang suka akan petualang dan tantangan.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Pengunjung dapat datang kesini kapan saja, karena tempat ini buka setiap harinya. Untuk jam Operasionalnya yaitu mulai dari pukul 07.30 WIB sampai pukul 17.30 WIB. Namun waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini adalah pada saat musim kemarau.

Untuk harga tiket masuknya cukup terjangkau, pengunjung hanya perlu merogoh kecek sebesar Rp. 10.000 pada hari biasa. Sedangkan untuk hari libur dan weekend harga naik menjadi Rp. 15.000.

Rute dan Lokasi

Untuk rutenya, kamu dapat mengambil arah menuju desa Jayamukti melalu jalan Raya Garut – Cikajang dengan jarak tempuh kira – kira mencapai 58,2 Km yang dapat memakan waktu perjalanan selama 2 jam dari pusat kota Garut.

Jika kamu berminat mengunjungi Leuwi Tonjong dan menikmati suasana disana, Leuwi Tonjong sendiri berlokasi di Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip.

Lokasi : Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Foto

Leuwi Tonjong Garut
Leuwi Tonjong Garut
Keindahan Leuwi Tonjong Dari Ketinggian
Keindahan Leuwi Tonjong Dari Ketinggian
Air Terjun Mini Leuwi Tonjong Garut
Air Terjun Mini Leuwi Tonjong Garut
Panorama Tebing Batu Leuwi Tonjong Garut
Panorama Tebing Batu Leuwi Tonjong Garut

Baca Juga : Telaga Bodas Garut.

FAQ

Apakah terdapat area parkir?

Tentu sudah tersedia, akan tetapi area parkir yang ada masih sangat terbatas.

Apakah akses jalan yang tersedia sudah cukup baik?

Untuk akses jalannya belum terlalu baik, pengunjung harus menyusuri hutan terlebih dahulu untuk sampai ke lokasi. Karena masih minim petunjuk arah, lebih baik kamu bertanya ke penduduk setempat atau meminta untuk diantarkan.

Berapa harga tiket masuknya?

Harga tiket masuknya cukup terjangkau yakni sekitar Rp 10.000 – Rp 15.000. Namun harga tersebut dapat berubah kapan saja, jadi kami menyarankan untuk membawa uang lebih.

Itulah sedikit informasi tentang Leuwi Tontong Garut, semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Jika kamu punya rekomendasi tempat wisata lain, dapat kamu tulis dikolom komentar. Sekian terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *