Jawa Barat, Tempat Wisata

Melihat Pesona Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas Cianjur

Kawasan Kebun Raya Cibodas merupakan tempat peninggalan penjajahan Belanda pada tahun 1850-an. Kemudian Johannes Ellias Teijsmann seorang kurator asal Belanda membangun Kebun Raya Cibodas yang dulu dinamai Bergtuin te Tjibodas pada tanggal 11 April 1852.

Kebun Raya Cibodas mungkin masih terdengar asing dan kurang populer dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor. Akan tetapi keindahan yang ditawarkan tentu tidak kalah menarik dari Kebun Raya Bogor.

Daya Tarik Kebun Raya Cibodas

Bersantai di Kebun Raya Cibodas
Bersantai di Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas berlokasi di antara gunung Pangrango dan gunung Gede yang berada di ketinggian sekitar 1425 mdpl. Karena hal tersebutlah suasana di tempat ini sangatlah sejuk dan cukup dingin.

Kebun Raya Cibodas termasuk golongan atau kategori Botanical Garden karena memiliki berbagai spesies tanaman. Menurut data pada akhir 2019 terdapat 5831 semple tanaman dari 1206 jenis tanaman yang hidup di tempat ini.

Terdapat banyak spot menarik yang tersedia di Kebun Raya Cibodas. Nah berikut merupakan beberapa spot menarik yang wajib kamu kunjungi jika berlibur ke tempat wisata yang satu ini.

1. Air Terjun Cibeureum

Spot pertama yang wajib kamu kunjungi adalah air terjun Cibeureum. Untuk menikmati keindahan air terjun setinggi 50 meter ini, pengunjung harus trekking terlebih dahulu.

Dengan akses jalan yang cukup baik dengan banyaknya petunjuk jalan, maka kamu tidak perlu takut atau merasa cemas. Setelah sampai di air terjun semua rasa lelahmu pasti akan hilang seketika saat melihat eloknya curahan air yang turun.

2. Taman Sakura

Bagi kamu yang ingin melihat indahnya bunga sakura, maka tidak perlu jauh jauh datang ke Jepang karena di Kebun Raya Cibodas telah tersedia spot taman Sakura. Pada umumnya pohon Sakura hanya dapat hidup di negara 4 musim, namun ternyata pohon Sakura dapat hidup subur di Kebun Raya Cibodas.

Terdapat lebih dari 300 jenis bunga Sakura, namun hanya terdapat 7 jenis yang dapat hidup di tempat ini. Meskipun demikian 7 jenis pun merupakan prestasti yang bagus untuk negara beriklim tropis.

Alasan mengapa pohon Sakura dapat hidup di tempat ini yaitu karena letaknya yang berada di ketinggian 1400 mdpl dan suasana yang sejuk. Jika di Jepang bunga Sakura hanya mekar 1 kali setiap tahun yaitu pada musim semi.

Namun di Kebun Raya Cibodas bunga Sakura dapat berbunga sebanyak dua kali, yaitu pada bulan Januari – Februari dan Juli – Agustus. Jadi bagi kamu yang ingin merasakan hanami maka datanglah pada bulan tersebut.

3. Taman Lumut

Selain Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas juga memiliki Taman Lumut yang tentu tidak kalah menarik. Seperti namanya di taman ini ditumbuhi oleh lumut – lumut hijau.

Kurang lebih terdapat 235 jenis lumut yang hidup di taman yang satu ini. Taman Lumut ini juga merupakan taman lumut dengan koleksi spesies terbanyak didunia dan merupakan satu satunya taman lumut yang berada diluar ruangan.

4. Rumah Kaca

Sebagai tempat konservasi, maka tidak heran jika tempat wisata ini memiliki rumah kaca. Rumah kaca digunakan untuk melindungi berbagai jenis anggrek dan kaktus serta aneka tumbuhan langka lainnya.

Rumah kaca kurang lebih menampung 4000 koleksi tanaman yang terdiri dari 360 jenis anggrek dan 350 jenis kaktus serta jenis tumbuhan unik dan langka.

5. Araucaria Aveneu

Jika kamu datang ke Kebun Raya Cibodas, kamu dapat menemukan jalan batu dari wisma tamu sampai kolam besar. Jalan batu tersebut dinamai dengan Araucaria Aveneu.

Bukan cuma jalan batu biasa, karena menawarkan keunikan tersendiri. Disebelah kiri dan kanan terdapat pohon Araucaria yang berdiri kokoh sejak tahun 1866 atau berumur 154 tahun.

6. Jalan Air

Selain jalan batu, kamu juga dapat menemukan spot yang cukup unik lainnya yaitu Jalan Air. Jalan air tersebut merupakan sebuah aliran air dari sungai Cibogo Gunung Gede.

Air yang mengalir cukup jernih dan bersih, karena hal tersebutlah pengelola Kebun Raya Cibodas membuat spot atau wahana ini. Biasanya spot yang satu ini sangat disukai anak – anak.

Pada saat melintasi jalan ini, kamu akan merasakan sensasi segar nan dingin di telapak kaki. Tidak heran karena letaknya di atas berada di dataran tinggi dan airnya merupakan air sungai.

7. Taman Rhododendron

Taman Rhododendron merupakan sebuah taman yang ditumbuhi aneka jenis bunga dari beberapa negara, seperti Indonesia, Malaysia, Jepang, Singapura, Brunei Darussalam, Papua Nugini, dll.

Kita patut bersyukur karena Indonesia diberkahi tanah yang subur dan cocok ditanam hampir semua tumbuhan di muka bumi. Nah, taman yang satu ini sangat cocok untuk kamu pecinta bunga.

Dengan banyaknya bunga yang ditanam dengan aneka warnanya, maka tempat yang satu ini sangat cocok dijadikan spot untuk berfoto ria.

8. Kolam Besar

Kolam besar merupakan sebuah tempat yang dapat kamu kunjungi selanjutnya. Terdapat sebuah air mancur dan aneka tumbuhan air yang hidup di kolam yang satu ini. Kamu dapat menjumpai kolam ini ketika berjalan melewati jalan batu atau Araucaria Aveneu.

Baca Juga : Tempat Wisata di Bogor yang Sedang Hits

9. Koleksi Tumbuhan Paku

Kebun Raya Cibodas memiliki puluhan koleksi tumbuhan Paku, kurang lebih terdapat 34 jenis tumbuhan Paku dari seluruh penjuru Indonesia yang tumbuh di kawasan ini.

Dengan banyaknya tumbuhan yang hidup di Kebun Raya Cibodas membuat tempat wisata yang satu ini terasa asri. Dan perlu kamu ketahui bahwa tumbuhan Paku dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat obatan, makanan atau sebagai media tanam.

10. Bunga Bangkai Raksasa

Raflesia Arnoldi atau yang dikenal dengan nama bunga bangkai juga dapat kamu temukan di Kebun Raya Cibodas. Bunga bangkai yang ditanam merupakan tumbuhan yang diambil dari Jambi pada tahun 2000.

Bunga bangkai berbunga setiap 4 tahun sekali, pada tahun ini bunga yang memiliki bau menyengat tersebut tumbuh dengan tinggi mencapai 3 meter.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas

Curug Cibeureum
Curug Cibeureum

Jika kamu berminat mengunjungi Kebun Raya Cibodas, maka kamu dapat mengunjunginya mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Untuk harga tiket masuknya yaitu sebesar Rp. 16.500, sedangkan untuk harga tiket parkir kendaraan roda dua sebesar Rp. 5.000 dan untuk kendaraan roda empat, pengunjung dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 16.000.

Baca Juga : Tempat Wisata di Garut Terfavorit

Rute dan Lokasi Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas Cianjur
Suasana di Kebun Raya Cibodas Cianjur

Jika kamu memulai perjalanan dari Jakarta, maka waktu yang akan ditempuh sekitar 1 – 2 jam tergantung kepadatan lalu lintas. Dari Jakarta kamu dapat melalui rute menuju Bogor, Kebun Teh dan Puncak Pass. Lalu jika menemui pertigaan Paragajen, maka ambil arah menuju Cibodas.

Sedangkan jika memulai perjanan dari Bandung, Sukabumi, Cianjur dan Istana Cipanas ikuti saja jalan sampai dengan Rumah Sakit Cimacan. Lalu di pertigaan Paragajen ambil arah kiri menuju Lokasi.

Alamat lengkapnya yaitu di desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa barat. Atau hanya berjarak beberapa kilometer dari Istana Cipanas.

Lokasi : Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan,Cipanas,Cianjur,Jawa Barat

Fasilitas Kebun Raya Cibodas

Taman Sakura Kebun Raya Cibodas
Taman Sakura Kebun Raya Cibodas

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap guna menunjang kenyamanan pengunjung. Toilet, area parkir, gazebo, mushola, petunjuk arah, peta kawasan, shelter, stand jajan dan masih banyak lagi.

Area parkir yang tersedia pun cukup luas, khusus parkir Bis berada di luar pintu masuk. Sedangkan untuk kendaraan roda dua dan empat seperti mobil dan motor dapat memparkirkan kendaraan di dalam area Kebun Raya Cibodas ketika hari kerja.

Baca Juga : Tempat Wisata di Subang Paling Ramai Dikunjungi

Untuk weekend, high season atau tanggal merah semua kendaraan parkir di luar pintu masuk. Selain fasilitas di atas, terdapat juga sebuah fasilitas yang baru diluncurkan yaitu Wara – Wiri.

Wara – Wiri merupakan sebuah minibus yang siap mengantarkan setiap pengunjung untuk berkeliling dan menjelajah area kebun. Jika kamu ingin menggunakan fasilitas ini, maka kamu wajib membayar tiket tambahan sebesar Rp. 10.000/orang sekali putaran.

Ringkasan

Taman Lumut Kebun Raya Cibodas
Taman Lumut Kebun Raya Cibodas
AlamatJl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan,Cipanas,Cianjur,Jawa Barat
Harga Tiket MasukRp. 16.500
Jam Operasional08.00 – 16.00 WIB
FasilitasToilet, Area Parkir, Gazebo, Mushola, Petunjuk Arah, Peta Kawasan, Shelter, Stand Jajan, dll.
MapKlik disini

Itulah sedikit informasi mengenai Kebun Raya Cibodas. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi kita semua. Jika kamu punya rekomendasi tempat wisata lain dapat kamu tulis di kolom komentar. Sekian terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *