Jawa Barat, Tempat Wisata

Kebun Raya Bogor, Tempat Wisata Paling Populer di Bogor

Selain kawasan puncak, tempat wisata yang paling sering dan ramai dikunjungi wisatawan di Bogor adalah Kebun Raya Bogor. Siapa yang tidak kenal tempat ini, dapat dikatakan tempat wisata ini merupakan yang terpopuler di kawasan jabodetabek dan sekitarnya.

Didalamnya terdapat berbagai tempat wisata menarik seperti Museum Zoologi, istana Bogor, Taman Mexico dan lain sebagainya. Dengan banyaknya tumbuhan dan pohon yang hidup di tempat ini mengakibatkan suasana menjadi asri dan sejuk.

Daya Tarik Kebun Raya Bogor

Taman Astrid Kebun Raya Bogor
Taman Astrid Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Lebih dari 15 ribu jenis tanaman dan tumbuhan hidup di lahan seluas 87 hektar ini. Dengan suasana yang asri, maka tempat ini sangat cocok jika dijadikan tempat piknik.

Selain itu, adanya berbagai spot menarik menjadi nilai plus obyek wisata ini. Nah, berikut merupakan berbagai spot yang menarik dan wajib kamu kunjungi jika berlibur ke kebun raya Bogor.

1. Monumen Lady Raffles Dan Danau Gunting

Monumen ini dapat kamu temukan di pintu masuk gerbang utama Kebun Raya Bogor. Pada monumen tersebut suasana melankolis bahkan romantis sang jendral Raffles yang tangguh, dimana dapat memenangkan setiap peperangan yang dahsyat. Monumen tersebut juga sering dipanggil wisatawan sebagai monumen cinta.

Tidak jauh dari monumen cinta terdapat sebuah danau. Selain menawarkan keindahannya danau Gunting juga memiliki kisah mistis. Dimana konon katanya jika kamu berjalan di sekitar danau pada malam hari, kamu akan menjumpai sosok noni belanda dan ular raksasa. Penampakan tersebut berada di pulau kecil di tengah tengah danau.

2. Prasasti Reindwardt

Setelah menyaksikan dan menikmati keindahan danau, kamu dapat melihat – lihat dan berfoto ria di prastasi ini. Memang sekilas terlihat seperti batu biasa, akan tetapi sarat dengan sejarah. Munumen tersebut disebut dibangun guna untuk mengenang Georg Karl Reindwardt yang merupakan pendiri Kebun Raya Bogor.

Dari tempat prasasti tersebut kamu dapat melihat sebuah gedung dengan gaya arsitektur belanda. Gedung yang berwarna putih tersebut dibangun pada tahun 1745 dan masih beroperasi sampai sekarang untuk menyambut tamu negara. Gedung tersebut adalah istana Bogor.

3. Patung The Little Mermaid

Tepat berada di depan istana bogor terdapat sebuah patung yang disebut Patung The Little Mermaid. Patung tersebut menggambarkan seorang gadis yang sedang termenung menatap air. Menurut info patung tersebut merupakan replika dari Patung The Little Mermaid di kopenhagen, bedanya adalah ukuran yang lebih kecil.

4. Patung Tangan Tuhan

Dengan lokasi yang masih berdekatan dengan Patung The Little Mermaid terdapat sebuah patung yang bernama Patung Tangan Tuhan atau The Hand Of God. Patung tersebut memiliki bentuk tangan yang sedang menjunjung laki laki dengan kepala menengadah dan mulut terbuka.

5. Taman Dan Tugu Teijsman

Jika berada di tempat ini jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan lensa kamera milikmu. Bentuk tugu tersebut mirip seperti tugu yang berada di Mesir yaitu Obelisk, dengan bentuk tugu yang kokoh yang dipadukan dengan pepohonan rindang yang besar dapat menjadi latar belakang foto yang menarik.

6. Taman Meksiko

Berbeda terbalik dengan taman taman lain di KRB, taman meksiko terbilang cukup gersang. Didalam taman pengunjung akan menjumpai ratusan jenis tanaman Sukulen. Bentuk dan ukuran setiap tanaman berbeda mulai yang kecil hingga yang setinggi dua kali lipat tinggi orang dewasa

Disebut sebagai taman meksiko dikarenakan terdapat tiga patung yang mengenakan Sombrero(topi khas meksiko) dengan membawa gitar. Letak patung berada di sudut taman.

Baca Juga: Objek Wisata Devoyage Bogor.

7. Pemakaman Belanda Kuno

Dulu Kebun Raya Bogor pernah dikelola pemerintah Belanda, sehingga sisa sisa peninggalannya masih terdapat di tempat ini. Sama seperti tempat bekas kolonial Belanda lainnya tempat ini sekilas tampak menyeramkan.

Banyaknya pohon bambu dan pepohonan rindang yang tumbuh disekitar area mengakibatkan sinar matahari sulit masuk dan menyinari makam. Hal tersebut juga menjadikan suasana di tempat ini menjadi lebih mencekam dan menyeramkan.

8. Laboratorium Treub Dan Wisma Tamu Nusa Indah

Bentuk bangunan dua bangunan ini kental dengan arsitektur Belanda. Dengan taman yang indah serta bentuk bangunan yang cukup menarik dapat kamu manfaatkan sebagai spot berswafoto. Untuk saat ini masih sangat minim para pengunjung yang masuk kedalam bangunan, para pengunjung lebih suka ber foto ria di luar gedung.

9. Jembatan Putus Cinta

Nama jembatan ini cukup unik, yaitu jembatan putus cinta. Sekilas tidak ada yang menarik dari jembatan putus cinta, jembatan hanya berupa suspension bridge dengan kawat dan besi yang saling bergantungan.

Warna jembatan Putus Cinta yaitu berwarna merah khas Belanda, pengunjung yang datang biasanya hanya ingin menyeberang dan menikmati suasana sekitar.

Hal yang cukup menarik dari jembatan ini adalah terdapat sebuah mitos, konon jika sepasang kekasih menyebrangi jembatan maka hubungan asmara mereka akan kandas. Maka dari itu jembatan ini sering dihindari pengunjung yang datang dengan pasangannya.

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata Subang.

10. Museum Zoologi

Selain dapat menikmati suasana dan berfoto ria, Kebun Raya Bogor juga memiliki wisata edukasi. Para pengunjung yang datang dan mengunjungi Museum Zoologi akan diberikan wawasan tentang berbagai serba serbi informasi tentang flora dan fauna.

Informasi tentang lebih dari 2000 spesies binatang terdapat di museum ini. Banyak binatang yang diawetkan, selain itu terdapat juga berbagai fosil hewan seperti badak hingga paus yang disusun sesuai bentuk aslinya.

11. Taman Astrid

Nama Astrid diambil dari nama seorang permaisuri Belgia, kecantikan dan keanggunan permaisuri sangatlah tersohor diseluruh dunia pada eranya, permaisuri Astrid juga merupakan ibunda dari raja Boudouin.

Nah, kecantikan dan keanggunan permaisuri itulah yang menjadi gambaran taman ini. Taman Astri berada di pintu 4 dan pintu khusus untuk pejalan kaki, di taman ini pengunjung akan ditawarkan hamparan rumput hijau tebal dengan kolam bunga kana.

Di taman ini terdapat sebuah kolam yang didalamnya terdapat spesies tanaman langka, kolam teratai raksasa merupakan salah satu kolam yang dapat kamu temukan di taman ini. Kolam tersebut juga sering disebut sebagai giant lotus atau veronica amazonica, teratai raksasa yang hidup merupakan satu satunya yang ada di Indonesia.

Jika kamu merasa sedikit lelah kamu dapat rehat sejenak di cafe dedaunan atau Green Garden. Keunikan cafe ini yaitu banyaknya payung – payung merah, kombinasi warna merah dari payung serta rerumputan hijau akan menghasilkan panorama yang menarik dan unik.

12. Jalan Astrid Dan Keindahan Bunga Tasbih

Jika belum merasa puas dengan keindahan taman Astrid, kamu dapat mengunjungi jalan ini. Dengan pepohonan yang berdiri di pinggir jalan serta bunga Tasbih atau yang memiliki nama latin Cana Hybirda ata Kana Hias menjadi daya tarik utama spot ini. Warna merah kuning bunga sangat cocok dijadikan latar belakang foto

13. Jalan Kenari 2

Selain jalan Astrid, jalan Kenari 2 juga dapat kamu kunjungi. Saat berada di jalan ini pengunjung akan merasakan sensasi seperti berada di kota Bogor pada zaman dulu, banyaknya pohon Kenari menjadi alasannya.

Dulu kota Bogor juga dikenal sebagai kota Kenari, pohon Kenari dulu menjadi salah satu mata pencaharian warga Bogor. Pasalnya dulu banyak warga membuat kerajinan berbahan dasar Kenari.

Disini pengunjung dapat menikmati suasana dengan duduk santai di meja taman di samping jalan yang telah disediakan oleh pengelola. Hawa sejuk dengan dengan suasana asri menjadi daya tarik utama tempat ini.

14. Rumah Anggrek

Seperti namanya, spot ini dihuni berbagai jenis bunga anggrek. Bunga anggrek yang ada diambil dari hutan dan hasil perkawinan silang. Kurang lebih terdapat 500 jenis anggrek yang dibudidayakan di rumah Anggrek. Spot ini sangat cocok untuk kamu pecinta bunga, dimana berbagai anggrek warna warni sangatlah menarik untuk dilihat.

15. Taman Rahasia Taman Soedjana Kassan

Taman Soedjana Kassan merupakan sebuah taman yang cukup unik, dimana didalamnya terdapat sebuah lambang negara yaitu Burung Garuda Pancasila. Lambang negara tersebut terlihat samar samar dan hanya orang yang teliti saja yang mengetahui letak lambang negara tersebut.

Karena hal itu pula taman ini juga disebut sebagai Taman Rahasia. Selain itu terdapat banyak akar pohon yang tergantung dengan ukuran besar, biasanya akar tersebut dijadikan area spot untuk berfoto ria.

Sebenarnya masih terdapat banyak spot menarik di Kebun Raya Bogor, akan tetapi jika kita bahas semua spot menarik di Kebun Raya Bogor mungkin akan membutuhkan dua artikel atau lebih.

Dan mungkin untuk mengelilingi seluruh area kebun raya bogor, waktu satu hari tentu akan sangat kurang, luas sebesar 87 hektar menjadi alasannya. Akan tetapi kamu dapat berkunjung dan menikmati beberapa spot menarik yang kami sebutkan diatas.

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata Bogor.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Taman Meksiko Kebun Raya Bogor
Taman Meksiko Kebun Raya Bogor

Kebun raya bogor buka setiap harinya dengan jam operasional mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Khusus Museum Zoologi dan Rumah Anggrek memiliki jam operasional yang berbeda.

Untuk Museum Zoologi jam operasioanlnya yaitu dari jam 08.00 – 16.00 WIB, sedangkan untuk Rumah Anggrek jam buka atau jam operasionalnya yaitu mulai pukul 08.00 – 15.30 WIB.

Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor terbilang cukup murah untuk ukuran taman seluas puluhan hektar.

Tiket Masuk Warga LokalRp. 15.000
Tiket Masuk Warga Asing(Foreign Tourist)Rp. 25.000
Kendaraan keliling roda 4Rp. 30.000
Parkir Kendaraan Roda 2Rp. 5.000

Rute dan Lokasi Kebun Raya Bogor

Bunga Teratai Kebun Raya Bogor
Bunga Teratai Kebun Raya Bogor

Karena lokasinya berada di jantung kota dengan akses jalan yang baik sehingga rute yang ditempuh cukup mudah untuk dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

Terdapat dua cara jika kamu menggunakan kendaraan umum dan memulainya dari stasiun Bogor. Cara yang pertama adalah dengan naik angkot 03 jurusan Bubulak – Baranangsiang dan kamu dapat langsung turun di Kebun Raya Bogor

Sedangkan cara yang kedua yaitu dengan menggunakan angkot no 02 dan kamu dapat turun di pintu nomor 2 KRB. Pintu ini biasanya buka ketika hari hari hari libur. Nah, jika kamu menggunakan kendaraan pribadi kamu dapat memanfaatkan teknologi google maps atau melihat penunjuk jalan.

Lokasi : Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat

Fasilitas Kebun Raya Bogor

Taman Rahasia Kebun Raya Bogor
Taman Rahasia Kebun Raya Bogor

Untuk fasilitas tidak perlu dipertanyakan lagi, fasilitas yang tersedia sudah sangat lengkap. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di Kebun Raya Bogor

  1. Mushola
  2. Cafe
  3. Toilet
  4. Gazebo
  5. Area Parkir
  6. Guest House
  7. Area Outbond
  8. Garden Shop
  9. dll

Dengan fasilitas yang lengkap dan beberapa spot yang menarik serta unik, maka tempat wisata yang satu ini sangat sayang untuk dilewatkan jika kamu berlibur ke Bogor.

Ringkasan

Prasasti Reindwardt, Patung Little Mermaid dan Istana Bogor
Prasasti Reindwardt, Patung Little Mermaid dan Istana Bogor
AlamatJl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat
Harga Tiket MasukRp. 15.000 – Rp. 25.000
FasilitasMushola, Cafe, Toilet, Gazebo, Area Parkir, Guest House, Area Outbond, Garden Shop, dll.
Akses JalanSangat Baik
Jam Operasional07.00 – 17.00 WIB
MapKlik disini

FAQ

Berapa Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor?

Untuk wisatawan lokal harga tiket masuknya sebesar Rp. 15.000, sedangkan untuk warga negara asing harganya naik menjadi Rp. 25.000. Namun, harga tersebut dapat berubah kapan saja.

Apakah Terdapat Area Parkir?

Tentu saja, area parkir di Kebun Raya Bogor sangatlah luas.

Nah, bagaimana? Tertarik mengunjungi taman seluas 87 hektar ini? Selain kebun raya Bogor, terdapat puluhan tempat wisata di Bogor yang sangat menarik dan wajib untuk dikunjungi. Sekian Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *