Jawa Timur, Tempat Wisata

Pesona Wisata Alam Kawah Ijen

Kawasan wisata Kawah Ijen berada di dua wilayah kebupaten, yakni kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. kawah ijen memiliki pemandangan yang sangat indah dan sejuk. Keindahan kawah di sini bisa menyihir para wisatawan untuk datang setiap harinya.

Setiap harinya ada ratusan bahkan ribuan orang yang pergi mendaki untuk menikmati keindahan kawah ijen ini. Bukan hanya wisatawan lokal saja, kawah ini sudah terkenal di kalangan wisatawan mancanegara.

Kawah Ijen mulai terkenal sejak ahli vulkanologi dan Geologi asal Perancis yang meluncurkan buku berjudul A’lassaut des volcans Islande Indenesie pada tahun 1975. Lalu pada tahun 1999, acara TV bernama Ushuala Nature menayangkan ahli vulkanologi Jacques Marie Bardintzeff Penjelajah alam Nicolas Hulot, saat berkunjung ke wisata Kawah Ijen. Acara TV tersebut menjadikan kawah ijen semakin terkenal.

Setelah itu pada tahhun 2010 sebuah program reality show berjudul Peking Express juga melakukan shooting di Kawah Ijen. Disusul Oolivier Grunewald seorang photoprapher, pada tahun 2013 datang bersama tim untuk membuat proyek film dokumenter di Kawah Ijen.

Film dokumenter tersebut berdurasi 52 menit yang ditayangkan pertama kali di Ushuaia TV Perancis yang berjudul Kawah Ijen – Le Mystere des Flammes Bleueus. Karena promosi dari beberapa media luar negeri tersebut membuat banyak turis mancanegara yang ingin datang ke Kawah Ijen.

Sejarah Kawah Ijen

Sejarah Kawah Ijen
Source ig @kawahijenindonesia

Kawah Ijen adalah sebuah danau yang berasal dari letusan Gunung Ijen, sehingga membentuk kawah secara alami di isi oleh air dan membentuk sebuah danau kawah yang menyuguhkan pemandangan yang sangat indah.

Kawah ini berada di tengah kaldera terluas yang ada di Pulau Jawa yang berdiameter 6 km, sedangkan dimensi kawah ini berukuran 960×600 meter2 dan berkedalaman 200 meter.

Kawah ini juga merupakan kawah terbesar dengan tingkat keasaman tertinggi di dunia, ph kawha ini dibawah 0.5, dengan tingkat kesamaan seperti itu tubuh manusia bisa larut dengan cepat.

Udara disekeliling kawah ini sangat dingin, hal tersebut dikarenakan kawasan kawah ini berada di atas puncak Gunung Ijen yang memiliki ketinggian 2.443 mdpl. Suhu udara di sini berkisar 10°C, bahkan jika dalam kondisi ekstrim bisa mencapai 2°C. Dengan kondisi udara seperti itu, kami sarankan kamu untuk menggunakan jaket, sarung tangan, dan topi kethu yang tebal.

Gunung ini merupakan gunung berapi yang terakhir meletus pada tahun 1999 dan sampai tahun 2020 masih menunjukkan tanda-tanda akan meletus sehingga status Siaga terkadang disampaikan oleh BMKG.

Secara administratif, gunung ini berada di 2 kabupaten, yakni wilayah kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso. Namun para wisatawan lebih mengenalnya sebagai bagian dari Kabupaten Banyuwangi, karena untuk mencapai lokasi lebih dekat ditempuh dari Kabupaten Banyuwangi.

Lokasi dan Rute Menuju Kawah Ijen

Lokasi Kawah Ijen
Source ig @kawahijenindonesia

Jika kamu berangkat dari kota Surabaya atau dari kota lain di Pulau Jawa, kamu bisa melalui 2 (dua) rute, yakni melewati Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Kedua rute tersebut memiliki plus minus tersendiri.

Untuk kamu yang melewati Bondowoso, jarak dari Kota Surabaya ke Bondowoso lebih dekat, tapi jarak Bondowoso ke Paltuding lebih jauh yaitu sekitar 76 km. Sedangkan untuk yang melalui Banyuwangi, dari Kota Surabaya bisa menuju ke Pasurusan, Probolonggo, Lumajang, Jember sampai tiba di Banyuwangi.

Lalu bagaimana jika kamu menggunakan kendaraan umum? jika kamu menggunakan kendaraan umum, kami sarankan untuk memilih rute Banyuwangi, karena transportasi untuk menuju Paltuding lebih lengkap dan banyak.

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata Blitar.

Harga Tiket Masuk Kawah Ijen

HTM Kawah Ijen
Source ig @kawahijenindonesia

HTM untuk masuk ke kawah Ijen dibedakan antara wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara dengan perbedaan yang sangat menyolok. Wisatawan Lokal hanya dikenakan HTM sebesar Rp. 5.000 pada weekdays dan Rp. 7.500 pada weekend.

Sedangkan untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp. 100.000 untuk weekdays dan Rp. 150.000 untuk weekend.

Fasilitas Kawah Ijen

Fasilitas Kawah Ijen
Spurce ig @kawahijenindonesia

HTM tadi harus kabu mayar di Pos Jaga yang ada di Paltuding, di pos jaga tersebut para wisatawan juga menyiapkan perbekalan sebelum melakukan pendakian. Di pos Jaga ini terdapat kamar mandi, toilet, mushollah, camping ground dan area parkir yang luas.

Jika kamu lupa membawa bekal, disini juga terdapat warung yang menjual makanan, minuman dan penyewaan peralatan untuk mendaki, seperti masker dan senter.

Kamu juga tidak perlu bingung untuk mencari penginapan, karena di sekitar kawasan Kawah Ijen terdapat sejumlah penginakan mulai dari homestay dan hotel bintang lima.

Daya Tarik Kawah Ijen

Berikut ini adalah beberapa daya tarik utama dari kawah ijen, antara lain.

1. Blue Fire

Source ig @kawahijenindonesia

Fenomena blue fire hanya ada dua di dunia, dan salah satunya ada di Kawah Ijen. Waktu yang tepat untuk melihat Blue Fire adalah dini hari, jadi jika kamu mendaki saat dini hari, maka kamu akan melihat blue fire dan keindahan sunrise dari puncak Gunung Ijen.

2. Kawah

Kawah Ijen
Source ig @kawahijenindonesia

Namanya juga wisata Kawah Ijen, pastinya kamu akan menemukan kawah yang berwarna tosca. Kawah ini sangat cocok untuk kamu jadikan spot foto yang sangat instagramable.

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata Bondowoso.

Tips Berwisata di Kawah Ijen

Berikut ini adalah beberapa tips berwisata saat kamu mengunjungi kawah ijen, antara lain:

  1. Menggunakan pakaian yang tebal, karena suhu durada di sana sangat dingin.
  2. Gunakan sepatu dengan alas tidak licin.
  3. Membawa air minum, Jas Hujan, dan Senter
  4. Bagi kamu penderita asma, kami sarankan untuk membawa oksigen kaleng
  5. Menggunakan Sarung Tangan.

Ringkasan

Ringkasan Kawah Ijen
Source ig @kawahijenindonesia
Alamatkec. Klobang, kab. Bondowoso dan kec. Licin, kab. Banyuwangi
HTMWisatawan Lokal Rp. 15.000 dan wisatawan mancanegara 150.000
Jam Buka24 jam
Ketinggian Gunung2.799 mdpl
Mapklik di sini

Itulah sedikit penjelasan mengenai kawah ijen, bagaimana? tertarik mengunjungi wisata yang satu ini?. Jika kamu pernah mengunjungi kawah ini, silahkan tulis ulasan kamu di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *