Destinasi Wisata Purbalingga
Jawa Tengah, Tempat Wisata

20+ Tempat Wisata di Purbalingga Wajib di Kunjungi

Tempat Wisata Purbalingga – Purbalingga merupakan salah satu kota atau kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Purbalingga memiliki luas sekitar 777 Km persegi yang terbagi atas 18 kecamatan dan 239 kelurahan. Purbalingga terkenal akan industry otomotifnya berupa knalpot, dimana telah menembus pasar internasional.

Selain terkenal akan industry knalpot, purbalingga juga memiliki berbagai tempat wisata. Tempat wisata yang ada di purbalingga cukup banyak, mulai dari wisata edukasi, wisata alam, wisata sejarah dan lain sebagainya. Karena memiliki puluhan tempat wisata, berikut ini kami telak merekomendasikan beberapa tempat wisata yang patut kamu kunjungi.

20+ Destinasi Wisata Di Purbalingga Paling Recommended

Meskipun tak memiliki garis pantai karena Purbalingga berada di tengah – tengah pulau Jawa. Tenang Purbalingga memiliki berbagai tempat wisata dengan daya tarik tersendiri. Berikut merupakan destinasi wisata di purbalingga paling recommended.

1. Owabong Water Park Purbalingga

Owabong Water Park Purbalingga

Owabong merupakan salah satu tempat paling terkenal di Purbalingga. Owabong menawarkan berbagai wahana permainan. Secara keseluruhan Owabong memiliki lebih dari 10 wahana permainan, misalnya Waterboom, kolam renang, lazyriver,teater 4D, flyingfox, gocart, jet coster dan lain sebagainya. Fasilitas di tempat ini pun cukup lengkap.

Destinasi wisata yang satu ini terletak di Jl. Raya Owabong No. 1, Dusun 2, Bojongsari, Purbalingga. Owabong Water Park buka mulai pukul 06.00 pagi sampai 18.00 sore. Di hari biasa pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 18.000, sedangkan untuk weekend tarifnya menjadi Rp. 23.000.

2. Goa Lawa Purbalingga

Goa Lawa Purbalingga

Goa Lawa Purbalingga atau Golaga merupakan salah satu destinasi wisata favorit di purbalingga. Tempat wisata yang satu ini menawarkan daya tarik utama yaitu goa bawah tanah yang sangat eksotis, di tambah dengan berbagai wahana wisata dan taman terbuka hijau.

Berbeda dengan goa kebanyakan yang memiliki jalan terjal dan juga gelap, goa ini malah sebaliknya dimana akses jalanya pun cukup mudah baik di dalam maupun di luar goa. Di dalam goa pun sudah dilengkapi lampu, jadi pengunjung tidak di wajibkan membawa senter.

Goa ini berlokasi di Desa Siwarak, Karangreja, Purbalingga. Destinasi wisata goa Lawa buka dari pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore. Pengunjung hanya dikenakan biaya masuk mulai dari Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000 saja.

3. Museum Uang Purbalingga

Museum Uang Purbalingga

Destinasi wisata yang satu ini sangatlah recommended untuk dikunjungi bersama dengan keluarga. Seperti namanya, di museum ini kamu dapat melihat berbagai macam uang, baik uang Indonesia atau uang dari Negara lain.

Museum ini terletak di Jl. Raya Kutasari – Tobo, Kutasari, Purbalingga. Museum Uang Purbalingga dapat kamu kunjungi setiap harinya dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.

4. Bukit Mertelu Purbalingga

Bukit Mertelu Purbalingga

Bukit Mertelu merupakan salah satu wisata alam terbaru yang ada di Purbalingga. Di sini Pengunjung akan disuguhkan indahnya pemandangan sambil menghirup udara sejuk khas daerah dataran tinggi. Pengunjung juga dapat berfoto ria di berbagai tempat yang telah disediakan oleh pengelola.

Untuk dating ke tempat ini kamu harus berjalan kaki melalui wilayah yang cukup menguras tenaga, tapi perjuanganmu akan terbayar setelah sampai di atas bukit. Untuk lokasinya, bukit ini terletak di daerah Sangkanayu, Mrebet, Purbalingga. Lalu untuk tiket masuknya cukup murah yaitu hanya Rp. 5.000 saja, biaya suda termasuk uang parkir

5. Agrowisata Lembah Asri Purbalingga

Agrowisata Lembah Asri Purbalingga

Agrowisata merupakan salah satu obyek wisata paling populer di purbalingga. Obyek wisata yang satu ini nyaris tidak pernah sepi pengunjung, dikarenakan Argowisata Lembah Asri menyuguhkan berbagai macam daya tarik wisata, seperti wisata petik buah, wisata hujan pinus, wisata playground, wahana ATV, wisata kebun bunga dan lain sebagainya.

Obyek wisata yang satu ini terletak di Daerah Krajan, Serang, Karangreja, Purbalingga. Destinasi wisata yang satu ini buka setiap harinya mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIIB. Sebagai tambahan sebaiknya kamu datang ketempat wisata ini dengan pakaian yang sesuai dan harus benar benar prima karena tempat ini sering turun hujan dan jika kamu kesini kamu harus mengikuti jalan yang ekstrim.

6. Desa Wisata Serang Purbalingga

Desa Wisata yang satu ini menyajikan berbagai hal, misalnya wisata petik buah stroberi, air terjun, taman kurcaci, dan masih banyak lagi. Dengan statusnya sebagai desa wisata, Desa Serang telah dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai.
Letak dari desa ini tidak jauh dari Goa Lawa, tepatnya di daerah Karangreja, Gerdu, Serang, Purbalingga. Desa wisata Serang wajib kamu kunjungi jika dating ke Purbalingga.

7. Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Taman wisata yang ini sangat cocok untuk anak – anak karena mereka bisa belajar berbagai hal tentang flora dan fauna. Dari mulai belajar di area aquariumseaworld, belajar mengenal dan berinteraksi dengan berbagai burung, melihat atraksi merak dan lain sebagainya.

Selain itu di sini juga terdapat wahana sepeda air, museum tiga dimensi dan masih banyak lagi. Untuk bermain sepeda air atau museum tiga dimensi pengunjung wajib membayar tiket tambahan sebesar Rp. 10.000 saja

Sedangkan untuk tiket masuk ke taman wisata ini kamu hanya dekenakan biaya sebesar Rp. 20.000. obyek wisata yang satu ini mulai buka pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Untuk lokasinya sendiri berada di Desa Purbayasa, Kec. Padamara, Kebumen.

8. Puncak Batur Purbalingga

Puncak Batur Purbalingga

Untuk mencapai Destinasi wisata yang satu ini kamu harus menempuh perjalanan yang cukup menantang. Butuh waktu sekitar 2 jam setengah untuk sampai puncak, maka dari itu terdapat tiga pos yang dapat di jadikan tempat istirahat.

Rasa lelahmu akan terbayar setelah sampai ke puncak, dimana kamu akan disajikan pemandangan cantik ditambah sejuknya udara yang akan membuatmu merasa rileks. Puncak Batur berlokasi di Desa Panusupan, Kec. Rembang, Purbalingga.

9. Curug Ciputut Purbalingga

Curug Ciputut Purbalingga

Bagi kamu yang berjiwa pertualang maka destinasi wisata yang satu ini harus dimasukan daftar liburan kamu. Air terjun ini akan selalu mengalir meskipun sedang terjadi kemarau panjang, namun untuk mencapai air terjun ini kamu harus mengeluarkan tenaga yang extra karena jalan yang ditempuh sangat sulit dan terjal.

10. Desa Wisata Gunung Wuled Purbalingga

Desa Wisata Gunung Wuled Purbalingga

Desa wisata yang satu ini menawarkan berbagai macam spot wisata, salah satunya adalah air terjun dan hutan pinus. Salah satu yang terkenal di obyek wisata yang satu ini adalah Taman Sudirman, taman ini sangat cocok dijadikan tempat camping dan outbond. desa wisata Gunung Wuled berposisi di Kec. Rembang, Purbalingga.

11. Puncak Sendaren Purbalingga

Puncak Sendaren Purbalingga

Obeyek wisata yang satu ini menyuguhkan pemandangan indah dan terdapat juga spot foto yang sangat instagramable. Salah satunya adalah jembatan bamboo yang menjorok ke arah jurang, hasil foto kamu akan terlihat cantik karena latar belakang dari tempat ini sangatlah indah.

Lokasi tempat tempat ini ada di desa Panusupan, Kec. Rembang, Purbalingga. Untuk mencapai tempat ini pengunjung harus menempuh medan yang cukup menantang, jadi pastikan keadaan kamu benar benar prima.

12. Kampung Kurcaci Purbalingga

Kampung Kurcaci Purbalingga

Di obyek wisata yang ini kamu dapat berfoto ria dengan latar belakang rumah hobbit, dan beberapa spot foto yang telah disediakan pengelola. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah saat liburan, dimana beberapa spot foto akan terlihat lebih terawat dari hari hari biasa.

Spot foto ini mulai buka pada pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB. Obyek Wisata Alam Kampung Kurcaci ini berlokasi di daerah Krajan, Serang, Karangreja, Purbalingga.

13. Pemandian Situ Tirta Marta Desa Wisata Karangcegak Purbalingga

Pemandian Situ Tirta Marta Desa Wisata Karangcegak Purbalingga

Pemandian Situ Tirta merupakan pemandian alami yang terletak di daerah pedesaan. pemandian ini mengandalkan aliran air yang berasal langsung dari mata air secara langsung. Jadi jangan heran jika air di tepat ini sangatlah jernih.

Di pemandian Situ Tirta pengunjung dapat melakukan berbagai hal seperti berenang dan berendam sepuasnya. Pengunjung juga dapat berfoto underwater mengingat air di pemandian ini sangatlah jernih

Fasilitas di tempat ini pun cukup lengkap di tambah dengan warung makan di sekitar area, jadi kamu jangan khawatir jika merasa lapar setelah berenang. Pengunjung juga dapat menyewa ban pelampung dengan membayar uang sewa sebesar Rp. 5.000, dan jika ingin berfoto di bawah air pengunjung harus membayar setidaknya sebesar Rp. 150.000.

Pemandian Situ Tirta terletak di Desa Karangcegak, Kec. Kutasari, Purbalingga. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 saja.

14. Curug Sumba Purbalingga

Curug Sumba Purbalingga

Curug Sumba merupakan salah satu tempat yang belum banyak diketahui. Curug ini menawarkan daya tari utama yaitu kawasan air terjun yang di aliri air dengan warna biru kehijauan yang sangat jernih dan bersih.

Seperti air terjun yang lain, dimana tepat dibawah air terjun terdapat kubangan atau kedung yang dapat kamu manfaatkan sekedar hanya untuk berendam atau berenang. Namun jika kamu tidak bisa berenang, kamu dapat bersantai di area taman atau saung di sekitar area sembari menikmati suasana di Curug Sumba.

Curug ini terletak di daerah Kemojing, Desa Tlahab, Kec. Karangreja, Purbalingga. Kamu dapat mengunjungi curug ini mulai dari pukul 07.00 – 17.00. Untuk biaya masuknya cukup murah yaitu sebesar Rp. 3.000 dan uang parkir sebesar Rp. 2.000 per kendaraan.

15. Curug Nini Purbalingga

Curug Nini Purbalingga

Curug ini bisa dikatakan berukuran kecil, namun curug Nini menawarkan daya tarik utama yaitu aliran air yang jernih dan segar. Seperti curug yang lain, di bawah curug ini juga terdapat kedung yang dapat dapat kamu manfaatkan dengan berenang atau sekedar berendap.

Curug ini merupakan salah satu tempat yang pas untuk bersantai sembari melepas penat dari kesibukan sehari – hari. Curug ini berlokasi di Desa Cipaku, Mrebet, Purbalingga.

Baca Juga : Tempat Wisata Kebumen

16. Curug Tempuran Purbalingga

Curug Tempuran Purbalingga

Curug Tempuran merupakan wisata alam terbaru yang ada di Purbalingga, jadi jangan heran tempat ini masih terjaga dengan baik dan masih sangat alami. Bahkan masyarakat sekitar sering menjadikan tempat ini sebagai spot untuk memancing.

Curug ini dapat kamu kunjungi kapan saja selama 24 jam, namun waktu terbaik adalah di pagi hari dimana cuaca tidak terlalu panas. Curug Tempuran berlokasi di Pangalusan, Mrebet, Purbalingga.

17. Alun – Alun Purbalingga

Alun – Alun Purbalingga

Seperti alun – alun yang lain, alun – alun ini juga merupakan satu tempat nongkrong yang nyaris tidak pernah sepi. Di sini kamu dapat nongkrong bersama teman, keleuarga, atau pasangan kamu sembari menikmati aneka kuliner yang ada di sekeliling area.

Alun – alun ini terletak di pusat kota, tepatnya di Jl. Jendral Sudirman, Purbalingga Lor, Kec. Purbalingga, Kab. Purbalingga. Kamu dapat menikmati fasilitas umum yang ada di alun – alun ini, sebagai tambahan alun – alun ini dapat kamu kunjungi 24 jam non stop.

18. Sanggaluri Park Purbalingga

Sanggaluri Park Purbalingga

Destinasi wisata yang satu ini menawarkan daya tarik berupa museum repti, museum uang dan wahana permainan anak. Di sini pengunjung akan mendapatkan berbagai macam ilmu pengetahuan yang terkait tentang flora, fauna, dan juga sejarah.

Selain itu pengunjung juga dapat melihat beberapa atraksi hewan dan bermain wahana permainan yang ada di sekitar area. Tempat wisata ini sangat recommended untuk didatangi bersama keluarga.

Lokasi dari tempat ini yaitu di Jl. Raya Taman Reptile, Dusun II, Kutasari, Purbalingga. Kamu dapat mengunjungi tempat ini mulai dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

19. Watu Geong Purbalingga

Watu Geong Purbalingga

Watu Geong hanya memiliki ketinggian sekitar 580 mdpl. Bukit ini menawarkan keindahan alam yang mempesona, dimana akam membuat kamu tenang dan juga rileks. Pengunjung juga dapat melihat indahnya sunset ketika sore hari. Jika kamu mau datang ke Watu Geong sebaiknya pada saat musim kemarau.

20. Curug Duwur Purbalingga

Curug Duwur Purbalingga

Curug ini merupakan salah satu curug terbesih dan yang terindah di Kabupaten Purbalingga. Curug ini tidak terlalu tinggi, namun curug ini memiiki air yang luar biasa jernih dan segar. Selain itu kedung yang berada di bawahnya tergolong luas dan lebar.

Tidak jauh dari lokasi curug terdapat lapangan terbuka hijau dimana dapat kamu manfaatkan sebagai lokasi untuk outbond. Curug ini terletak di Jl. Raya Pagutan – Bumisari Km7, Bojongsari, Purbalingga.

Baca Juga : Tempat Wisata Yogyakarta

21. Bukit Cilik Purbalingga

Bukit Cilik Purbalingga

Walaupun tidak terlalu tinggi namun aktifitas hiking di bukit ini terasa melelahkan dan tentunya juga mengasyikan. Sesampainya di puncak kamu akan disuguhkan indahnya pemandangan ditambah dengan berbagai spot foto yang telah disediakan oleh pengelola.

Waktu yang tepat adalah pada saat musim panas atau saat terik matahari, mengingat jika hujan turun akses jalan yang ditempuh akan menjadi semakin sulit. Bukit Cilik terletak di Desa Wisata Bantarbarang, Panusupan, Kec. Rembang, Purbalingga.

22. Jembatan Cinta Purbalingga

Jembatan Cinta Purbalingga

Obyek wisata yang satu ini sangatlah recommended untuk dikunjungi dengan pasangan. Di Jembatan Cinta kamu dapat berfoto ria dengan latar belakan jembatan yang berbentuk hati atau love. Selain itu kamu juga dapat menikmati pemandangan alam disekitar yang masih sangat alami dan terbebas dari polusi.

Jembatan Cinta berlokasi di Desa Wisata Panusupan, Kec. Rembang, Purbalingga. Untuk biaya masuknya sangatlah murah, pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 7.000 saja.

23. Taman Bunga Kutabawa Purbalingga

Taman Bunga Kutabawa Purbalingga

Taman Bunga Kutabawa menyuguhkan daya tarik utama berupa area taman bunga yang di tata sedemikian rupa sehingga menjadikannya tempat yang sangat bagus dan juga eksotis. Selain itu di sini juga terdapat bebera spot foto yang sangat instagramable.

Meskipun tidak terlalu luas, taman ini juga telah dilengkapi dengan taman kelinci, jadi pengunjung juga dapat melihat – lihat dan berfoto dengan kelinci sembari memberi makan kelinci yang ada disana.

Taman bunga ini buka pada pukul 08.00 – 17.00 WIB. Untuk tiket masuknya, pengunjung hanya perlu membayar setidaknya Rp. 10.000 per orang. Taman Bunga Kutabawa berposisi di Pejagan 1, Kutabawa, Karangreja, Kab. Purbalingga.

24. Puncak Kelir Purbalingga

Puncak Kelir Purbalingga

Tempat wisata yang selanjutnya adalah puncak kelir. Tempat ini menawarkan keindahan alam dari ketinggian sekitar 1.300 mdpl. Bukit ini layak dijadikan tempat trekking untuk semua kalangan, bahkan untuk pemula sekalipun.

Pengunjung juga dapat menikmati keindahan tuhan berupa sunrise di pagi hari. Untuk kamu yang mau mengunjungi tempat ini, Puncak Kelir terletak di Desa Siwarak, Kec. Karangreja, Purbalingga.

25. River World Purbalingga

River World Purbalingga

River World Purbalingga merupakan salah satu destinasi wisata yang patut kamu kunjungi bersama keluarga. Tempat ini menawarkan berbagai wahana permainan air yang akan membuat anak anak menyukainya.

Tempat wisata yang satu ini beroperasi setiap harinya dan mulai buka pada pukul 08.00 pagi sampai pukul 18.00 sore. River World terletak di Jl. Karangturi Purbayasa, Kec. Purbalingga, Purbalingga.

Itulah beberapa destinasi wisata yang ada di Purbalingga paling recommended. semoga hari liburmu menyenangkan dengan pergi ke tempat wisata yang kamu inginkan. Sekian, Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *