Jawa Barat, Tempat Wisata

Curug Dengdeng, Niagara Falls Mini di Tanah Pasundan

Tasikmalaya memiliki ratusan curug yang eksotis dan keren, dimana pada setiap curug memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri. Julukan kota 1001 curug sepertinya tidak berlebihan untuk Tasikmalaya. Salah satu curug yang terkenal adalah Curug Dengdeng.

Curug Dengdeng merupakan salah satu curug terindah di kabupaten Tasikmalaya. Menglir di tebing batu yang lebar, maka banyak yang mengatakan curug ini memiliki kemiripan dengan Niagara Falls, namun tentunya tidak sebesar Niagara Falls itu sendiri.

Daya Tarik Curug Dengdeng

Curug Dengdeng Tasikmalaya
Daya Tarik Curug Dengdeng

Curug yang berlokasi di  Desa Cikawuh Gading, Kecamatan Cipatujah ini memiliki keunikan dari air terjun lain pada umumnya, Curug dengdeng memiliki bentuk yang cukup lebar dan bertingkat tingkat.

Curug ini merupakan bagian dari Cikembang. Curug Dengdeng mengalir di tebing batu yang memiliki tingkatan yang bervariasi, mulai dari 5 meter hingga 13 meter. Tinggi keseluruhannya yaitu sekitar 33 meter.

Setiap tingkatan memiliki keunikan tersendiri, Di tingkatan pertama memiliki dinding yang tegak lurus dan lebar, bentuknya mirip dengan Niagara Falls. Keindahan sesunggunhya yaitu jika kamu datang pada musim hujan, aliran air yang cukup deras menambah daya tarik tempat ini, namun air nya sedikit lebih keruh dari biasanya.

Pengunjung juga diperbolehkan untuk berenang di sekitar air terjun. Setiap teras air terjun memiliki bentuk dan kedalaman yang berbeda beda, maka dari itu pengunjung harus hati hati supaya tidak jatuh ke kolam yang dalam.

Saat berenang kamu akan merasakan sensasi berenang di alam terbuka, area persawahan di sisi kanan menambah daya tarik curug ini, begitu pula dengan suasana pedesaan yang masih asri.

Jika sudah puas berenang, kamu dapat mengisi tenaga dengan beristirahat dan menikmati suasana di Gazebo yang tersedia di samping air terjun. Selain itu terdapat juga warung yang berjejer lengkap dengan bale – bale.

Makanan yang disajikan cukup bervariasi mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Kamu dapat memilih berbagai menu seperti ikan atau ayam bakar khas pedesaan. Menikmati makanan dengan pemandangan asri dan suara percikan air yang jatuh akan menjadi nilai plus untuk obyek wisata yang satu ini.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Pesona Curug Dengdeng
HTM dan Jam Operasional Curug Dengdeng

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi tempat yang satu ini, harga tiket masuk Curug Dengdeng cukup murah dan terjangkau yakni sesuai kendaraan yang kamu bawa. Rp. 5.000 untuk sepeda motor dan Rp. 15.000 untuk mobil, namun harga tersebut dapat berubah kapan saja.

Sedangkan untuk jam operasional curug Dengdeng yakni selama 24 jam, namun jika malam hari, warung warung yang ada kebanyakan sudah tutup. Waktu yang tepat untuk datang ke Curug Dengdeng yaitu pada awal musim penghujan, dimana debit airnya tidak terlalu deras dan masih jernih.

Baca Juga : Daftar Tempat Wisata di Purwakarta

Jika datang pada musim kemarau, aliran air di Curug Dengdeng sangatlah sedikit bahkan nyaris tidak ada, sedangkan jika pertengan musim penhujan airnyacukup keruh akan tetapi alirannya cuku deras sehingga keindahannya dapat terlihat

Rute dan Lokasi

Berenang di Curug Dengdeng Tasikmalaya
Lokasi Curug Dengdeng

Dapat dikatakan akses jalan menuju curug Dengdeng sudah cukup baik, akan tetapi masih ada beberapa jalan yang sedikit licin dan berbatu.

Untuk rute menuju tempat ini dari pusat kota Tasikmalaya yaitu sejauh 62 Km, jaraknya cukup jauh akan tetapi jalan yang dilewati sudah cukup nyaman dan aman setidaknya sampai Desa Cikawung Gading.

Dari desa menuju lokasi Curug jalannya memang sudah terawat namun masih ada beberapa jalan yang cukup ekstrim, maka dari itu pengunjung tidak disarankan untuk menggunakan bus menuju lokasi, sedangkan jika untuk mobil pengemudi harus ekstra hati hati begitu juga dengan pengendara roda dua.

Namun semua perjuanganmu akan terbayarkar setelah melihat keindahan curug Dengdeng yang eksotis. Untuk lebih lengkapnya berikut merupakan lokasi dari Curug Dendeng.

Lokasi :  Desa Cikawuh Gading, Kec. Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat

Fasilitas

Keindahan Curug Dengdeng Tasikmalaya
Fasilitas Curug Dengdeng

Seiring dengan popularitas Curug Dengdeng yang meningkat, fasilitas yang tersedia juga sudah cukup dan nyaman digunakan seperti :

  • Area Parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Gazebo
  • Warung
  • dll

Warung yang tersedia disana sudah dilengkapi dengan bale – bale yang nyaman digunakan, sedangkan area parkirnya juga cukup luas. Mushola, toilet dan gazebo yang ada disana cukup bersih dan terawat. Selain fasilitas di atas, terdapat juga penginapan yang tidak jauh dari Curug Dengdeng, bagi kamu yang ingin bermalam.

Baca Juga : Daftar Tempat Wisata di Garut

Ringkasan

Bagian Bawah Curug Dengdeng Tasikamalay
Harga Tiket MasukRp. 5.000/sepeda motor dan Rp. 15.000/mobil
Jam Operasional24 jam
No. Telp ~
AlamatDesa Cikawuh Gading, Kec. Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat
FasilitasArea Parkir, Toilet, Mushola, Gazebo, Warung, dll
Akses JalanCukup Baik
AktivitasJalan – Jalan, Berfoto, Berenang, Bermain Air, dll

FAQ

Apakah Sudah Tersedia Area Parkir?

Tentu saja, bahkan fasilitas parkir yang tersedia cukup luas

Berapa Harga Tiket Masuk?

Harga tiket masuknya sesuai dengan kendaraan yang dibawa oleh pengunjung yaitu Rp. 5.000 untuk sepeda motor dan Rp. 15.000 untuk mobil

Mulai Dari Jam Berapa Jam Operasional Curug Dengdeng?

Kamu dapat mengunjungi tempat ini sesukamu, karena buka selama 24 jam setiap harinya

Mungkin itu sedikit informasi yang dapat kami bagi tentang pesona keindahan Curug Dengdeg di Tasikmalaya, Jawa Barat. Selain curug Dengdeng masih banyak tempat wisata di Tasikmalaya yang tidak kalah indah dari Curug Dengdeng. Semoga informasi ini bermanfaat, sekian terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *