Jawa Barat, Tempat Wisata

Pesona Curug Cikaso Sukabumi

Selain menawarkan keindahan pantainya, kabupaten Sukabumi juga memiliki penampakan alam lain yang tidak kalah indah yaitu curug atau air terjun. Terdapat beberapa air terjun yang ada di Sukabumi, namun kali ini kita akan membahas tentang curug Cikaso di desa Cibitung.

Curug Cikaso merupakan salah satu tempat wisata di Sukabumi yang sudah ramai dikunjungi wisatawan. Panorama alam serta suasana alami menjadi daya tarik curug yang berlokasi di Desa Cibitung, kecamatan Surade ini. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan berikut ini.

Daya Tarik

Daya Tarik Curug Cikaso

Obyek wisata ini cukup unik, dimana pengunjung akan disuguhkan indahnya tiga curug yang berjejer nan menawan. Tiga curahan tersebut di beri nama masing – masing yaitu Curug Aseupan, Curug Meong, dan Curug Aki.

Panorama alam yang menyejukan mata dengan suara air yang bergemuruh akan menghilangkan rasa penatmu dari kegiatan sehari – hari. Dengan keindahan curug yang memiliki tinggi 80 meter dengan lebar 100 meter ini, dapat kamu manfaatkan sebagai background foto.

Debit air yang cukup deras dengan kolam yang lebar dapat kamu gunakan untuk berenang atau sekedar bermain air. Namun kamu perlu hati hati, karena kolam tersebut cukup dalam.

Selain dapat melihat dan menikmati indahnya curug Cikaso, pengunjung juga dapat menyusuri sungai Cikaso yang mengalir setelah kolam. Pemandangan hutan dengan rimbunnya pepohonan di kiri dan kanan sungai menjadi salah satu alasan mengapa kamu harus mencoba aktifitas ini.

Dengan air yang jernih dan berwarna biru kehijauan, pengunjung dapat melihat dasar sungai dengan mudah. Bebatuan di sekitar sungai dan curug juga menambah daya tarik tempat ini.

Dibalik keindahan yang ditawarkan Curug Cikaso, perlu diingat bahwa tempat ini juga memiliki mitos, dimana di setiap curug memiliki penghuninya. Konon curug Curug Aseupan dihuni oleh Nyai Blowong, Curug Meong yang dihuni Eyang Santang, dan Curug Aki yang dihuni oleh Prabu Siliwangi.

Maka dari itu, pengunjung yang datang ke tempat ini harus menjaga kesopanan dan etika untuk menghormati kepercayaan tersebut. Meskipun memiliki mitos tersebut curug ini pantas kamu kunjungi jika berlibur ke Sukabumi.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Curug CIkaso Sukabumi

Seperti halnya tempat wisata lain, Curug Cikaso juga memiliki jam operasional atau jam buka. Curug Cikaso dibuka setiap harinya dengan jam operasional mulai pukul 08.00 sampai 18.00 WIB.

Sedangkan untuk tiket masuknya yaitu hanya sebesar Rp. 3.000. Cukup murah untuk tempat wisata yang menawarkan keindahan yang tiada duanya.

Baca Juga: Pantai Cicaladi Sukabumi.

Rute dan Lokasi

Curug Cikaso Dari Ketinggian

Jika kamu memulai perjalanan dari pusat kota, ambilah jalan menuju pantai Ujung Ganteng atau dapat memilih menuju daerah surade langsung. Dari tempat ini akan banyak penunjuk jalan menuju Curug Cikaso dan kamu akan sampai dalam waktu dekat.

Jika kamu masih merasa bingung, kamu dapat memanfaatkan berbagai teknologi seperti google maps. Berikut merupakan lokasi Curug Cikaso

Lokasi : Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Fasilitas

Fasilitas Perahu Curug Cikaso

Fasilitas yang tersedia di tempat ini dapat dikatakan sudah cukup lengkap dan nyaman untuk di gunakan. Berikut merupakan fasilitas yang telah disediakan oleh pengelola setempat

  1. Warung
  2. Area Parkir
  3. Toilet
  4. Mushola
  5. Perahu
  6. dll

Terdapat beberapa warung yang tersedia di tempat ini dan biasanya digunakan pengunjung untuk membeli aneka makanan dan minuman sekaligus istirahat. Sedangkan untuk perahu, pengunjung dikenakan biaya tambahan Rp. 60.000 untuk 10 orang yang ingin menikmati indahnya panorama sungai Cikaso.

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata Sukabumi.

Ringkasan

Panorama Curug Cikaso
AlamatDesa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
Tiket MasukRp. 3.000
Jam Operasional08.00 – 18.00 WIB
FasilitasWarung, Area Parkir, Toilet, Mushola, Perahu, dll
Aktifitas yang dapat dilakukanBerfoto, Berenang, Jalan – Jalan, Berperahu, dll
MapKlik disini

FAQ

Apakah terdapat biaya parkir?

Tentu saja, biaya parkirnya cukup bervariasi tergantung kendaraan apa yang kamu bawa

Berapa harga tiket masuk curug cikaso?

Rp. 3.000 merupakan harga tiket masuk yang harus di bayar setiap pengunjung

Itulah sedikit informasi yang dapat kami bagi tentang pesona keindahan Curug Cikaso, Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Sekian terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *