Jawa Timur, Tempat Wisata

Wisata Alam Coban Rondo Malang

Kabupaten Malang memang terkenal sebagai kota yang memiliki destinasi wisata yang sangat banyak dan cukup terkenal, salah satunya adalah Coban Rondo. Coban Rondo merupakan salah satu air terjun yang berada di Kota Batu.

Sebelum menjadi kabupaten sendiri, kota Batu termasuk dalam wilayah kabupaten Malang, sehingga air terjun ini lebih dikenal dengan nama Coban Rondo Malang.

Coban Rondo sudah ditetapkan sebagai objek wisata sejak tahun 1980. Walaupun tergolong objek wisata yang sudah sangat lama, tapi pesona air terjun rondo masih sangat indah. Hal tersebut terbukti dari jumlah pengunjung tidak berkurang.

Apalagi saat weekend atau musim liburan tiba, objek wisata Coban Rondo dipenuhi dengan wisatawan yang berasal dari berbagai kota di Indonesia.

Daya Tarik Coban Rondo

Daya Tarik Coban Rondo
Source ig @raff.rx_

Coban Rondo berada di ketinggian sekitar 1.135 mdpl dan air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 85 meter. Karena berada di ketinggian 1.135 mdpl, menjadikan tempat wisata ini memiliki hawa yang sangat menyegarkan dan sejuk.

Destinasi wisata ini berada di lereng Gunung Kawi, hal tersebut membuat air terjun ini dikelilingi dengan hutan belantara yang sangat eksotis.

Debit air di Coban Rondo lumayan besar, yakni mencapai 90 liter per detik saat musim kemarau, sedangkan saat musih hujan bisa mencapai 150 liter per detik.

Aliran air di Coban Rindu berasal dari mata air Cemoro Dudo.

Selain bisa menikmati pesona Coban Rondo, para pengunjung juga bisa menikmati wana wisata susur sungai. Bahkan disini juga disediakan area permainan, Paint Ball, ATV, Flying Fox, dan Sepeda Gunung yang sengaja diadakan oleh pihak pengelola.

Mitos dan Misteri Coban Rondo

Mitos Coban ROndo
Source ig @cobanrondomalang

Mungkin setiap objek wisata alam menyimpan mitos dan misteri, begitu juga dengan Coban Rondo. Maka dari itu, saat kamu berkunjung kesana jangan heran jika kamu mendengar cerita dari warga sekitar atau sesama wisatawan.

Mitos yang paling terkenal di Coban Rondo adalah mengenai asal muasal Coban Rondo, asal muasal keberadaan Coban Rondo terkait dengan kisah suami istri yang bernama Raden baron Kusumo dan Dewi Anjarwati.

Konon diceritakan pasangan suami istri ini terpisah di lokasi coban ini karena sebuah pertikaian antara Joko Lelono dan Baron Kusumo.

Awal mula kisah ini saat Raden baron Kusumo dan Dewi Anjarwati melakukan perjalanan ke Gunung Anjasmoro untuk menemui mertua.

Lalu di tengah perjalanan pasangan suami istri ini bertemu dengna Joko Lelono yang jatuh hati dengan kecantikan paras Dewi Anjarwati.

Karena tidak ingin istrinya direbut oleh Joko Lelono, Raden baron Kusumo menyembunyikan istrinya di sekitar Coban Rondo lalu melanjutkan pertarungan dengan Joko Lelono.

Setelah melakukan pertempuran yang cukup sengit, Raden Baron Kusumo dan Joko Lelono tewas yang akhirnya hanya menyisakan Dewi Anjarwati sendirian yang menunggu kedatangan Raden baron Kusumo di lokasi Coban ini.

Karena tewasnya Raden Baron Kusumo membuat Dewi Anjarwati menjadi janda, tapi kemana perginya Dewi Anjarwati sampai saat ini belum diketahui secara pasti.

Karena cerita yang beredar tersebut membuat penamaan air terjun ini bernama Coban Rondo yang jika ditranslate ke dalam Bahasa Indonesia berarti Air Terjun Janda.

Selain cerita diatas, di coban rondo juga beredar mitos bahwa siapapun yang datang bersama pasangan sebelum menikah, maka hubungan mereka tidak bertahan lama.

Baca Juga: Pesona Pantai Batu Bengkung Malang

Aktifitas di Coban Rondo

Daya tarik tambahana dari Coban Rondo adalah kamu bisa melakukan beberapa aktifitas di Coban Rondo. Penasaran? Berikut ini adalah beberapa aktifitas yang bisa kamu lakukan di Coban Rondo, antara lain.

1. Taman Labirin

Labirin Coban Rondo
Source ig @cobanrondomalang

Selain digunakan sebagai permainan, taman labirin juga digunkaan sebagai spot foto yang sangat instagramable. Di sini wisatawan bisa bermain petak umpet maupun mencari titik tengah dari labirin ini.

Untuk spot foto sendiri kamu bisa memotretnya dari gardu pandang yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

2. Kebun Buah & Satwa

Kebun Buah Coban Rondo
Source ig @cobanrondomalang

Di kebun ini kamu bisa mencoba beberapa buah yang tersedia, salah satunya adalah Apel Malang yang terkenal dengan kelezatannya. Selain itu, di sini juga terdapat tumbuhan Toga yang mempunyai banyak sekali manfaat.

Bahkan di sini kamu juga bisa mempelajari bagaimana cara membududayakan tanaman Toga dengan baik dan benar. Untuk merasakan sensasi tersebut kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000.

Di sini kamu juga bisa menemukan aneka macam satwa, salah satunya adalah Rusa. Rusa di sini bisa kita ajak untuk berinteraksi secara langsung, bahkan pawa wisatawan juga diizinkan untuk memberik makan rusa tersebut.

3. Fun Tubing

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, jika di sini kamu bisa melakukan aktifitas Fun Tubing atau susur sungai di aliran sungai Coban Rondo. Aktifitas ini sangat menarik untuk kamu yang suka dengan adrenaline.

Lintasan susur sungai di sini cukup berliku-liku dan pesona keindahan tumbuhan disini juga sangat menarik untuk dinikmati.

4. Camping Ground

Camping Ground Coban Rondo
Source ig @cobanrondomalang

Jika kamu ingin merasakan menginap di Coban Rondo, di sini sudah disediakan area Camping untuk para pengunjung. Di sini terdapat 5 pilihan area camping, seperti area camping ground damar, mangir, karpa, area rasamala, dan cemara.

5. Wahana Permainan

Wahana Coban Rondo
Source ig @cobanrondomalang

Coban Rondo menyediakan beragam wahana permainan yang sangat beragam, aktifitas ini bisa kamu lakukan jika kamu bosan bermain di lokasi air terjun dan ingin merasakan sensasi yang berbeda. Wahana permainan yang ada di sini meliputi Flying Fox, Sepeda Gunung, dan ATV.

Rute & Lokasi Coban Rondo

Lokasi Coban Rondo
Source ig @cobanrondomalang

Tempat wisata ini beralamat di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur.

Untuk sampai di lokasi objek wisata ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika kamu dari luar kota Malang, kamu bisa mengakses Kota Malang terlebih dahulu lalu melanjutkan perjalanan ke Kota Batu.

Setelah sampai di Kecamatan Pujon, silahkan cari lokasi pertigaan Patung Sapi. Lalu dari pertigaan tersebut silahkan masuk ke gang Sapi lalu lanjutkan perjalanan dengan mengikuti rute tersebut sampai di Coban Rondo.

Lokasi wisata ini tidak terlalu jauh dari Kota Malang, kamu bisa melewati rute diatas hanya sekitar 1 jam perjalanan saja. Tapi jika kamu dari kota Batu, kamu hanya perlu melakukan perjalanan berjarak sekitar 12 km saja.

Jam Buka & Harga Tiket Coban Rondo

Harga Tiket Coban Rondo
Source ig @cobanrondomalang

Destinasi wisata ini buka setiap hari selama 24 jam, tapi untuk waktu kunjungan terbaik adalah saat pagi haru pukul 8 atau 9 pagi hingga pukul 12 siang atau sore hari pada pukul 3 sampai 5 sore.

Untuk masuk ke objek wisata ini para pengunjung harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk Coban Rondo dijual dengan harga berbeda untuk wisatawan lokal dan wisatawan asing.

Selain harus membeli tiket masuk, jika kamu ingin mencoba wahana wisatawan juga harus membayar tiket wahana jika ingin mencoba wahana tersebut. Berikut ini adalah harga secara rinci.

Jenis TiketHarga
Tiket Masuk (weekdays)Rp15.000 (wisatawan lokal) | Rp25.000 (Wisatawan asing)
Tiket Masuk (weekend)Rp18.000 (wisatawan lokal) | Rp30.000 (Wisatawan asing)
Kebun SatwaRp5.000 (Tanaman toga) | Rp5000 (Memberi makan rusa)
TreewalkRp200.000
Sepeda GunungRp5.000
SegwayRp30.000
ShootingRp10.000
Taman labirinRp10.000
Fun TubingRp35.000

Baca Juga: Objek Wisata Malang Terfavorit.

Fasilitas Umum Coban Rondo

Selain menyediakan berabgai macam wahana permainan, wisata Coban Rondo juga menyediakan berbagai macam fasilitas umum. Berikut ini adalah beberapa fasilitas di Coban Rondo, antara lain.

  1. Area parkir
  2. Mushola
  3. Toko souvenir
  4. Warung Makan
  5. Toilet

Ringkasan

LokasiDesa Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur
Harga Tiket MasukRp15.000 – Rp18.000
Fasilitas UmumArea parkir, mushola, toko souvenir, toilet, warung makan
Akses JalanBaik
Nomor Telepon0341 5025 147
Mapklik disini

FAQ

Apa buw wisata bisa parkir di area parkir Coban Rondo?

Bisa, area parkir disini cukup luas

Jarak dari area parkir ke wahana jauh?

Jarak antara area parkir ke air terjun hanya berjarak sekitar 200 meter.

Berapa Harga Tiket Coban Rondo?

Untuk wisatawan lokal Rp15.000 (weekday), sedangkan untuk (weekend) Rp18.000. Jika untuk wisatawan asing Rp25.000 (weekday) dan Rp30.000 (weekend)

Itulah sedikit ulasan mengenai Coban Rondo, bagaimana? Tertarik mengunjungi wisata ini?. Jika kamu pernah mengunjungi wisata ini, silahkan tulis kesan dan pesan kamu di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *