Jawa Timur, Tempat Wisata

Air Terjun Tumpak Sewu

Walaupun destinasi wisata ini tidak sering disebut sebagai destinasi wisata unggulan di Lumajang, bukan berarti tempat wisata Lumajang ini tidak menarik untuk kamu sambangi. Objek wisata ini dekat dengan kabupaten Malang, Air Terjun TUmpak Sewu adalah wisata alam yang sangat indah dan memesona.

Objek wisata ini berupa air terjun, air terjun ini terbentuk dari beberapa bukit. Tumpak Sewu merupakan salah satu air terjun yang berada di bukit yang berbatasan dengan Malang. Maka dari itu air terjun ini disebut Tumpak Sewu Malang, lalu apa yang menarik dari objek wisata ini? berikut ini adalah ulasannya.

Mitos Air Terjun Tumpak Sewu

Mitos Air Terjun Tumpak Sewu
Foto by @abd_aziz__

Objek wisata ini sudah sangat terkenal, baik itu di dalam negeri maupun luar negeri. Selain karena keindahan alam yang ada di sini, ada juga mitos air terjun tumpak sewu yang mengatakan jika mandi di air terjun tersebut bisa awet muda. Hal tersebut membuat banyak wisatawan yang berbondong-bondong, walaupun mitos tersebut belum tentu benar.

Lokasi & Rute Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu
Source ig @dewirpn

Lokasi Tumpak Sewu berada di perbatasan antara kabupaten Lumajang dan Malang, tepatnya berada di Sidomulyo, Pronojiwo, kab. Lumajang, Jawa Timur.

Jika kamu berangkat dari kota Malang, silahkan berjalan menuju ke Dampit. Lalu kamu akan masuk ke Wilayah Sidomulyo yang berada di Kabupaten Lumajang. Di jalan utama, kamu akan melihat papan petunjuk lokasi dan kamu cukup mengikuti papan tersebut.

Nah, jika kamu berangkat dari Kota Lumajang, kamu bisa menempuh rute menuju ke Kec. Pronojiwo. Lalu ikuti jalan tersebut menuju ke arah Desa Sidomulyo. Setelah itu kamu tinggal langsung mengarah ke Air Terjun Tumpak Sewu. Jalan menuju objek wisata Tumpak Sewu sudah sangat bagus dan halus.

Baca Juga: Ranu Kumbolo, Danau di Atas Awan.

Fasilitas Air Terjun Coban Sewu

Ada beberapa fasilitas yang disediakan oleh masyarakat dan pemerintah setempat di Air Terjun Coban Sewu, antara lain.

  1. Mushola
  2. Tempat duduk/Gazebo
  3. Area parkir luas
  4. Kamar Mandi

Daya Tarik Air Terjun Tumpak Sewu

Daya Tarik Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun ini merupakan salah satu air terjun paling indah di Indonesia, ada banyak daya tarik yang dimiliki air terjun ini, antara lain.

1. Bukit Panorama

Dari spot ini kamu bisa melihat keindahan Air Terjun Tumpak Sewu jika kamu malas untuk turun langsung ke bawah. Di sini disediakan gardu pandang permanen yang memiliki luas sekitar 30 meter persegi, gardu pandang ini bisa menampung sekitar 50 orang pengunjung.

Jarak gardu pandang dari lokasi air terjun sekitar 100 meter, walaupun cukup jauh tapi pemandangan yang disajikan sangat indah.

2. Goa Tetes

Goa Tetes bisa kamu nikmati juga jika kamu masuk ke Tumpak Sewu dari pintu masuk Lumajang. Alasan kenapa goa ini dinamakan Goa tetes adalah karena di balik air terjun ini terdapat sebuah goa yang konon digunakan sebagai tempat menyepi orang yang menganut ajaran terentu.

Goa tetes sejak dulu memang sudah dijadikan sebagai tujuan wisata, bahkan sebelum Tumpak Sewu terkenal seperti sekarang, Air Terjun Goa Tetes lah yang menjadi salah satu andalan pariwisata di Kabupaten Lumajang.

3. Spot Foto Instagenic

Walaupun di sini tidak disediakan spot khusus, tapi keindahan Air Terjun Tumpak Sewu sangat layak dijadikan sebagai background foto yang sangat instagenic. Kamu tinggal menyiapkan kamera maupun smarpthone, lalu tinggal scari spot foto yang menurut kamu indah dan atur gaya serta angle secara tepat.

Jam Buka & Harga Tiket Masuk Air Terjun Tumpak Sewu

Jam Buka Air Terjun Tumpak Sewu
Source ig @mrs.renjana

Objek wisata ini buka selama 24 jam dari hari Senin-Minggu, jadi kamu bisa berkunjung kapan saja. Tapi mengingat medan yang akan kamu lalui cukup sulit, sebaiknya kamu datang saat pagi hari.

Walaupun Air terjun ini adalah air terjun terindah di Indonesia, tapi harga tiket masuk tumpak sewu sangat terjangkau. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp10.000,-, dan jika kamu membawa kendaraan maka kamu akan dikenakan biaya retribusi parkir.

Penginapan Dekat Air Terjun Tumpak Sewu

Jika kamu ingin menjelajah air terjun tumpak sewu lebih puas, kamu bisa menginap di penginapan yang dekat dengan air terjun tumpak sewu untuk 1 malam atau 2 malam. Biaya sewa penginapan di sini cukup murah, kamu bisa mengiinap di homestay milik Pak Yanto.

Homestay ini disewakan dengan harga Rp250.000,- per malam untuk 2 orang. Di penginapan ini kamu akan mendapatkan fasilitas sarapan gratis, perlengkapan mandi, sampai pendingin udara. Homestay tersebut berada di Desa Sidomulyo.

Tips Mengunjungi Air Terjun Tumpak Sewu

Berikut ini adalah beberapa tips saat kamu mengunjungi air terjun tumpak sewu, antara lain.

  1. Cek kondisi kesehatan kamu terlebih dahulu, karena medan untuk menuruni air terjun ini memerlukan tubuh yang fit dan energi yang cukup.
  2. Bawa perlengkapan sepelunya saja.
  3. Gunakan alas kaki yang nyaman.
  4. Pilih waktu saat weekdays saja, hal tersebut guna menghindari keramaian saat weekend.

Ringkasan

LokasiJl. Raya Sidomulyo, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67374
Jam BukaSenin-Minggu (24 jam)
Harga TiketRp10.000,-
FasilitasMushola, Gazebo, Area Parkir, Kamar Mandi
Kondisi JalanMulus & Lebar
Mapklik di sini

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata di Lumajang.

FAQ

Berapa Harga Tiket Masuk Air Terjun Tumpak Sewu?

Untuk masuk ke tumpak sewu kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000,-

Berapa Harga Parkir Kendaraan di Tumpak Sewu?

Untuk mobil kamu harus membayar retribusi parkir sebesar Rp10.000, sedangkan untuk sepeda motor retribusi parkir yang harus dibayar Rp5.000

Itulah sedikit ulasan mengenai Air Terjun Tumpak Sewu, bagaimana? tertarik mengunjungi destinasi wisata ini?. Jika kamu pernah mengunjungi Tumpak Sewu, silahkan tulis di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *